Advertorial

Wali Kota Pariaman Apresiasi Para Penampil Pariaman Culture Everyweek dan Pendukung Program Pusat Kuliner Pintar

Kompas.com - 23/12/2021, 15:47 WIB

KOMPAS.com – Program Pariaman Culture Every Week (PCE) yang berlangsung di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), sejak Januari 2021 resmi rampung. Pemerintah kota (Pemkot) setempat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam acara seni dan budaya tradisional yang digelar setiap Sabtu sore itu.

Apresiasi itu diberikan pada Malam Anugerah PCE yang digelar di Pusat Kuliner Pintar Rumah Tabuik Pasa, Rabu (22/12/202).

Wali Kota Pariaman Genius Umar memberikan penghargaan bagi lima penampil terbaik PCE, yaitu Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Cubadak Mentawai, SDN 04 Batang Tajongkek, SDN 13 Lohong, SDN 19 Kampung Baru, dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Pariaman.

Selain itu, Genius bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kota Pariaman Marhen juga menganugerahkan Sanggar Mustika Minang Duo sebagai Sanggar Berprestasi. Apresiasi ini diberikan karena sanggar tersebut mampu memenangkan berbagai acara kebudayaan, baik tingkat provinsi maupun nasional.

"Kami berharap, penganugerahan tersebut bisa menjadi pemantik bagi sanggar-sanggar lain di bawah binaan Disparbud agar semangat dalam berkarya dan mengukir prestasi," ujar Marhen dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

-(Dok. Pemkot Pariaman) -

Ia melanjutkan, PCE menjadi salah satu cara mendekatkan generasi muda pada budaya. Pendekatan dilakukan melalui sesuatu yang disukai oleh anak muda, yakni melihat pemandangan matahari terbenam. Terlebih, Kota Pariaman dijuluki sebagai The Sunset City.

“Penyelenggaraan PCE dapat menambah pengalaman masyarakat saat melihat matahari terbenam. Pasalnya, mereka juga bisa menikmati sajian budaya,” terangnya.

PT PLN (Persero) menyalurkan CSR untuk Pusat Kuliner Pintar PariamanDok. Pemkot Pariaman PT PLN (Persero) menyalurkan CSR untuk Pusat Kuliner Pintar Pariaman

Apresiasi PLN

Pada kesempatan tersebut, Genius juga mengapresiasi PT PLN (Persero) atas penyaluran corporate social responsibility (CSR) dalam bentuk sepeda listrik berikut terminal pengisian daya, serta perlengkapan operasional untuk Pusat Kuliner Pintar.

Ia mengatakan, perusahaan tersebut bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah memberikan dukungan penuh dalam pembukaan Pusat Kuliner Pintar.

Merespons hal tersebut, Manager Area Padang PLN Jeffry berharap, pemberian CSR itu dapat membuat proses jual beli dan pelayanan dalam lingkup Pusat Kuliner Pintar menjadi lebih cepat serta ramah lingkungan.

Pusat Kuliner Pintar sendiri merupakan salah satu upaya Pemkot Pariaman dalam merangsang pertumbuhan ekonomi setempat melalui kuliner. Genius mengungkapkan bahwa Kota Pariaman mengalami pertumbuhan ekonomi selama pandemi Covid-19.

"Pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman terbilang cepat dibandingkan kabupaten dan kota lain yang ada di Sumbar. Kami berharap, pendirian Pusat Kuliner Pintar Pariaman dapat menjadi amunisi baru bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dan perangsang pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat lagi," tuturnya.

Sebagai informasi, turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pariaman Yota Balad, perwakilan dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Pariaman, serta Pimpinan Cabang BRI Pariaman.

Acara juga dimeriahkan dengan sajian tari Tampih Rampah Cik Uniang dan Tari Piring Kreasi yang dibawakan oleh Sanggar Mustika Minang Duo.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.