Advertorial

Hadirkan Pendidikan Terbaik, University of Northampton Berikan Beasiswa untuk Mahasiswa Indonesia

Kompas.com - 24/12/2021, 20:52 WIB

KOMPAS.com – Pendidikan merupakan investasi terbaik dalam kehidupan seseorang. Semakin bermutu pendidikan yang ditempuh, semakin baik pula potensi seseorang untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Untuk mewujudkannya, menempuh pendidikan ke luar negeri bisa menjadi opsi yang patut dipertimbangkan. Salah satu negara yang ideal untuk melanjutkan studi di luar negeri adalah Inggris.

Faktor utama yang membuat Inggris menjadi negara ideal untuk belajar adalah bahasa yang digunakan. Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang juga diajarkan di Indonesia sejak pendidikan jenjang taman kanak-kanak atau sekolah dasar (SD).

Bahkan, beberapa keluarga di Tanah Air sudah membiasakan anaknya untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehari-hari.

Dengan penguasaan bahasa Inggris yang baik, calon mahasiswa tidak akan mengalami kesulitan berarti saat beradaptasi pertama kali.

Selain itu, Inggris juga memiliki banyak universitas ternama dengan sistem pendidikan terbaik untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan kualifikasi pada abad ke-21.

Sebagai contoh, University of Northampton. Universitas yang terletak di Kota Northampton ini menawarkan program Master of Business Administration (MBA) yang menggabungkan kewirausahaan dan bisnis digital. Keduanya merupakan mata kuliah yang diperlukan untuk unggul dalam dunia bisnis modern.

University of Northampton juga menawarkan program Master of Science (MSc) terbaik untuk mendapatkan kualifikasi projects in controlled environments (PRINCE2) yang bergengsi untuk teknisi.

Lebih lanjut, University of Northampton juga menghadirkan jurusan Ilmu Komputer yang menggabungkan elemen keamanan siber dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Universitas yang bisa dijangkau dari Kota London dengan jarak tempuh satu jam itu juga menawarkan program studi (prodi) MSc Advanced Design and Manufacturing yang berfokus pada masa depan manufaktur, serta MSc Public Health yang dirancang untuk mempelajari praktik terbaik dalam dunia kesehatan.

Adapun berbagai mata kuliah yang ditawarkan di University of Northampton, termasuk pada prodi Finance, Computer Science, Engineering, Art and Design, Education, dan Humanities bersama dengan banyak bidang spesialisasi lain.

University of Northampton DOK. UNIVERSITY OF NORTHAMPTON University of Northampton

Beasiswa untuk mahasiswa Indonesia

Sebagai informasi, University of Northampton baru saja membuka kampus baru dengan nilai investasi 400 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 5,7 triliun. Ini menjadikan University of Northampton sebagai salah satu universitas paling modern di Inggris.

Untuk mendukung mahasiswa asal Indonesia yang menempuh pendidikan di sana, University of Northampton menawarkan beasiswa 10-30 persen per tahun untuk semua mata pelajaran akademik.

Dengan beasiswa hingga 30 persen, mahasiswa Indonesia bisa menempuh program MBA dengan hanya Rp 213.000. Mahasiswa juga bisa memilih salah satu dari gelar magister spesialis dengan hanya Rp 200.000.

Beasiswa tersebut tersedia untuk program sarjana atau strata 1 (S1) selama 3 tahun dan magister atau strata 2 (S2) selama 1 tahun. Guna memenuhi syarat, Anda hanya perlu meraih college grade point average (CGPA) 2,5 dari total 4.

Perlu diketahui, beasiswa tersebut tersedia sepanjang tahun untuk bulan penerimaan Januari, Mei, dan September.

Selain itu, Anda tidak perlu mengajukan permohonan beasiswa. Pasalnya, beasiswa akan diberikan secara otomatis setelah universitas memeriksa kualifikasi Anda.

Terlepas dari beasiswa yang diberikan, biaya kuliah yang ditawarkan University of Northampton termasuk yang paling kompetitif di Inggris. Biaya kuliahnya bahkan lebih rendah dibandingkan universitas di AS dan Australia.

Selain itu, University of Northampton juga tidak membebankan biaya aplikasi dan biaya premium untuk prodi tertentu.

Biaya hidup terjangkau

Dari segi biaya hidup, Kota Northampton terbilang cukup terjangkau dan biayanya lebih rendah 50 persen dibandingkan London. Biaya akomodasi yang disediakan universitas pun lebih rendah 50 persen dari rata-rata nasional.

Akomodasi yang ditawarkan juga termasuk yang paling modern di Inggris. Mahasiswa memiliki kamar dengan kamar mandi pribadi dan konektivitas Wi-Fi.

Dengan letak yang strategis, kampus berlokasi tak jauh dari asrama. Ini tentu akan menjadi nilai lebih karena Anda dapat menghemat biaya transportasi, seperti bus dan taksi.

Silakan klik tautan https://tour.northampton.ac.uk/areas-of-interest/accommodation untuk mengikuti tur virtual akomodasi di University of Northampton.

Anda juga bisa mengakses https://www.northampton.ac.uk/courses/ untuk melihat rangkaian lengkap prodi yang ditawarkan.

Kemudian, untuk mengetahui informasi lebih lanjut, hubungi surel international@northampton.ac.uk.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.