Advertorial

BJB GreatPeople Peduli Serahkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Kompas.com - 29/12/2021, 09:25 WIB

KOMPAS.com – Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021). Pada erupsi kali ini, Gunung Semeru memuntahkan awan panas serta lahar dingin yang meluluhlantakkan ladang penduduk, fasilitas umum, rumah, dan bangunan lain.

Menurut Data Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Erupsi Semeru per Sabtu (25/12/2021), jumlah rumah rusak di Kabupaten Lumajang mencapai 1.027 unit. Rumah rusak ini tersebar di dua desa.

Di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, rumah rusak dengan kategori berat mencapai 505 unit. Sementara itu, di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, rumah rusak berat tercatat sebanyak 85 unit dan rusak sedang 437 unit.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa jumlah warga mengungsi mencapai 9.417 jiwa yang tersebar di 402 titik.

Konsentrasi pengungsian terpusat di tiga Kecamatan, yaitu 15 titik di Pasirian yang menampung 1.657 jiwa, 22 titik di Candipuro menampung 3.897 jiwa, dan 7 titik di Pronojiwo menampung 1.136 jiwa.

Sementara, pengungsian di luar Kabupaten Lumajang berada di Kabupaten Malang sebanyak 9 titik yang menampung 341 jiwa, 1 titik di Probolinggo sebanyak 11 jiwa, 1 titik di Blitar menampung 3 jiwa, dan Jember 3 titik 13 jiwa.

Untuk membantu meringankan beban warga terdampak, khususnya pengungsi, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk atau Bank BJB bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) memberikan bantuan dalam bentuk paket pangan di enam titik distribusi, yaitu Kecamatan Candipuro, Pronojiwo, Pasirian, Lumajang, Tempeh, dan Senduro.

Adapun jumlah target penerima manfaat tersebut sekitar lebih kurang 900 kepala keluarga.

Program yang diberi nama BJB GreatPeople Peduli tersebut merupakan gerakan pengumpulan sumbangan dari seluruh pengurus dan pegawai Bank BJB.

Selanjutnya, hasil pengumpulan sumbangan akan disalurkan dalam bentuk bantuan langsung kepada pihak yang membutuhkan.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto menjelaskan, bantuan yang diberikan melalui program BJB GreatPeople merupakan bentuk kepedulian dan dukungan seluruh insan perseroan terhadap warga terdampak bencana erupsi Gunung Semeru.

Pihaknya berharap, bantuan dari BJB GreatPeople Peduli dapat meringankan beban saudara-saudara, khususnya yang masih berada di tempat pengungsian.

“Semoga dampak bencana segera teratasi dan masyarakat dapat segera kembali beraktivitas seperti sedia kala," jelas Widi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (28/12/2021).

Melalui BJB GreatPeople Peduli, lanjutnya, semua nasabah dan warga dapat berpartisipasi membagikan sebagian rezekinya dalam kegiatan kepedulian sosial dengan

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com