Advertorial

Bupati Sleman Resmikan Fasilitas WiFi Gratis di 435 Padukuhan

Kompas.com - 30/12/2021, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus mengebut pemasangan perangkat wireless fidelity (WiFi) gratis bagi masyarakat di tiap padukuhan.

Sampai akhir 2021, fasilitas tersebut sudah terpasang di 435 padukuhan. Sebagai informasi, Diskominfo Kabupaten Sleman menargetkan WiFi terpasang di 1.212 padukuhan.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan, pihaknya menargetkan seluruh padukuhan di Bumi Sembada sudah memiliki akses WiFi gratis pada akhir 2022.

Sri berharap kehadiran WiFi gratis tersebut dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sleman, mulai dari perekonomian, pendidikan, pariwisata, kesehatan, hingga kesejahteraan.

“Pemasangan WiFi gratis di tiap padukuhan merupakan program prioritas dan masuk dalam program visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Sleman,” ujar Sri melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Selain itu, lanjut Sri, WiFi gratis juga bisa digunakan masyarakat untuk mengakses beragam informasi dengan lebih cepat.

“Misalnya, untuk mengakses informasi seputar Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2022 yang mana Kabupaten Sleman bakal menjadi tuan rumah. Kehadiran WiFi gratis ini tidak hanya memperbaiki ekonomi, tetapi juga bisa untuk menambah pengetahuan. Terlebih, buat masyarakat yang ingin tahu segala hal untuk menambah literasinya," kata Sri.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Sleman Eka Suryo Prihantoro mengatakan, fasilitas WiFi gratis di berbagai padukuhan tersebut dipasang dengan dua konsep. Konsep tersebut adalah berlangganan provider menggunakan fiber optic (FO) dan membangun menara mandiri.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tower WiFi dibangun di wilayah perbukitan yang sulit dijangkau provider internet. Salah satunya, berdekatan dengan lokasi calon destinasi wisata di daerah Sumberwatu, Prambanan.

“Kecepatan WiFi tersebut mencapai 30 megabit per second (Mbps) dedicated dan dapat menampung sekitar 50 perangkat dengan jangkauan area atau coverage sekitar 30 meter,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dukuh Sumberwatu, Kelurahan Sambirejo, Teguh Widodo mengatakan, selama ini warga di wilayahnya kerap kesulitan untuk mengakses internet

Berkat pemasangan WiFi gratis dari Diskominfo Sleman, masalah tersebut bisa teratasi.

“Akses internet saat ini sudah lancar. Warga menggunakan WiFi gratis untuk kegiatan belajar anak-anak dan meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Jadi, WiFi gratis ini sangat membantu sekali," katanya.

Sebagai informasi, WiFi gratis di Sumberwatu dipasang di calon destinasi wisata.

Selain pemasangan WiFi, Pemkab Sleman juga telah membangun embung di atas lahan seluas 8 hektare di wilayah Sumberwatu. Ke depan, Pemkab Sleman akan membangun balai padukuhan, kolam renang, camping ground, dan rute atraksi jip wisata.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.