Advertorial

Alibaba Cloud Gelar Event Tahunan untuk Bantu Perusahaan Mengenal Lebih Dalam tentang Sistem Cloud

Kompas.com - 03/01/2022, 10:08 WIB

KOMPAS.com – Pada era digital, cloud menjadi salah satu teknologi yang jamak dimanfaatkan oleh pemerintah dan perusahaan di berbagai sektor industri. Mulai dari industri keuangan, transportasi, media, hingga ritel online mendapat manfaat dari penggunaan sistem cloud.

Adapun sistem digital cloud dapat menaungi beberapa server yang bisa dimanfaatkan sebagai web hosting, data hosting, dan software. Dengan sistem cloud, perusahaan dapat memberikan produk dan jasa layanan yang lebih maksimal kepada masyarakat.

Di Indonesia, banyak penyedia layanan cloud yang memberikan solusi terkait digitalisasi. Salah satunya adalah Alibaba Cloud.

Untuk diketahui, Alibaba Cloud memiliki pangsa pasar layanan komputasi awan nomor satu di Asia Pasifik. Alibaba Cloud juga memiliki lebih dari 200 solusi cloud.

Perusahaan yang mempunyai slogan “Satu Tempat untuk Beragam Aplikasi” dan menjadi bagian dari Alibaba Group tersebut juga menjadi pilihan banyak perusahaan dari berbagai sektor industri di Tanah Air. Sebut saja, Mitra Adi Perkasa, Investree, Kopi Kenangan, dan Tokopedia.

Secara global, Alibaba Cloud memiliki reputasi yang cukup kuat. Hal ini terlihat dari kepercayaan yang diberikan perusahaan besar, seperti AirAsia, Ford, Schneider Electric, Hang Seng Bank, dan Cathay Pacific. 

Sebagai informasi, Alibaba Cloud didirikan pada 2009 sebagai salah satu pemimpin global dalam komputasi cloud dan artificial intelligence (AI). Dalam rentang waktu 12 tahun, perusahaan ini telah dipercaya oleh ribuan perusahaan, pengembang, dan organisasi pemerintah di lebih dari 200 negara.

Di Indonesia, Alibaba Cloud sudah memiliki tiga localdata center dan satu scrubbing center untuk proteksi Anti-DDoS.

Acara tahunan

Guna menyebarkan manfaat sistem cloud bagi bisnis, Alibaba Cloud akan mengadakan event tahunan bertajuk Alibaba Cloud Day pada Kamis (6/1/2022) pada pukul 09.00-15.00 WIB. Pada gelaran tahun ini, Alibaba Cloud Day mengangkat tema “1 Day in Life with Alibaba Cloud”.

Acara tersebut akan membahas lebih jauh tentang Alibaba Cloud yang dapat mendukung bisnis perusahaan dan membantu transformasi digital. Seperti diketahui, cloud menjadi salah satu teknologi esensial yang dapat menunjang bisnis dan kinerja perusahaan di berbagai sektor industri.

Oleh karena itu, perusahaan pun perlu mengetahui seluk-beluk terkait sistem cloud agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Ada empat faktor penting yang perlu diketahui terkait manfaat cloud computing. Pertama, cloud membantu perusahaan dalam hal standardisasi dan integrasi terkait perangkat digital yang dimiliki.

Kedua, sistem cloud yang andal dapat meningkatkan efisiensi energi bagi perusahaan. Ketiga, sistem ini juga membantu perusahaan dalam hal pengawasan dan pengelolaan terkait teknologi informasi untuk mengurangi risiko downtime.

Keempat, cloud juga memudahkan perusahaan dalam melakukan pemeliharaan perangkat digital yang digunakan.

Adapun para pembicara diskusi di Alibaba Cloud Day berasal dari institusi ternama yang telah memanfaatkan layanan, produk, dan solusi Alibaba Cloud.

Beberapa di antaranya adalah Tokopedia, Kopi Kenangan, Dana, Kartu Prakerja, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dan BFI Finance.

Para pembicara akan memberikan perspektif mereka mengenai cara Alibaba Cloud membantu bisnis pada era dan transformasi digital dalam organisasi mereka.

Dengan topik diskusi cloud bersama para raksasa perusahaan di Indonesia, Alibaba Cloud Day akan menjadi gelaran menarik guna menambah wawasan dan keyakinan entitas bisnis untuk penggunaan sistem digital cloud.

Untuk informasi lebih lanjut dan informasi pendaftaran, silakan akses laman id.alibabacloud.com/campaign/1-day-in-life .

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.