Advertorial

Bisnis Tumbuh Triple Digit, BRI Beri BRIAPI Awards2021 kepada Mitra dan Tenaga Pemasar Terbaik

Kompas.com - 03/01/2022, 16:05 WIB

KOMPAS.com – Layanan open banking milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, BRIAPI, mencatatkan pertumbuhan triple digit pada penghujung 2021.

Atas capaian tersebut, perseroan menyelenggarakan BRIAPI Awards 2021 sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan kerja sama seluruh stakeholder BRI. Acara tersebut digelar secara daring melalui Zoom yang dihadiri oleh Direktur Digital dan Informasi Teknologi BRI Indra Utoyo, perwakilan kantor cabang, dan kantor wilayah BRI seluruh Indonesia, serta mitra BRIAPI.

Sebagai informasi, BRIAPI merupakan teknologi application programming interface (API) untuk menyederhanakan dan mempercepat integrasi produk serta layanan BRI dengan berbagai aplikasi front-end secara aman.

Keberadaan teknologi tersebut bertujuan untuk membuka gerbang kolaborasi dan mendukung pembangunan ekonomi digital di Tanah Air.

BRIAPI sendiri mencatatkan sales volume mencapai Rp 174,5 triliun sepanjang 2021 atau tumbuh 305,8 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, triple digit growth juga berhasil dicapai pada aspek lain, baik dalam jumlah transaksi maupun fee-based income (FBI).

Hingga kuartal IV 2021, tercatat lebih dari 226 juta transaksi melalui BRIAPI. Nilai transaksi tersebut melonjak 156,8 persen dari periode sama pada 2020. BRIAPI pun menghasilkan FBI sebesar Rp 45,6 miliar.

Indra mengatakan, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh Insan BRILiaN tenaga pemasar BRIAPI serta kerja sama dengan berbagai pihak.

“BRIAPI kini telah menjangkau lebih dari 386 perusahaan mitra di seluruh Indonesia, baik perusahaan digital, seperti e-commerce, fintech, ride hailing, API enabler, health tech, maupun perusahaan nondigital, seperti institusi pendidikan dan lembaga pemerintahan,” ujar Indra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (3/1/2022).

Oleh karena itu, Indra menambahkan, BRI memberikan apresiasi dalam BRIAPI Awards 2021 kepada kantor cabang dan kantor wilayah BRI serta berbagai mitra.

Adapun salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Universitas Galuh Ciamis karena berhasil mencatatkan diri sebagai penggunaan BRIAPI tertinggi selama 2021.

“Universitas Galuh Ciamis memanfaatkan beberapa produk API dari BRIAPI untuk penyediaan layanan akses pembayaran, mulai dari budget,nonbudgeter, hingga pembayaran berbagai komponen biaya kuliah,” terang Indra.

Selain itu, imbuh Indra, penghargaan juga diberikan kepada kantor cabang dan kantor wilayah BRI dengan jumlah mitra terbanyak.

Penghargaan untuk kategori Best Branch Office BRIAPI 2021 diberikan kepada Kantor Cabang Mall Ambassador, Jakarta. Sementara, penghargaan kategori Best Regional Office BRIAPI 2021 diberikan kepada Kantor Wilayah Jakarta 3.

Selain itu, ada pula penghargaan kategori Best BRIAPI Marketer. Penghargaan ini diberikan kepada individu berkinerja apik, yakni Taufik Sofiana, Regional Manager (RM) Dana Kantor Cabang Ciamis, Jawa Barat (Jabar).

“Capaian-capaian tersebut merupakan wujud komitmen BRI dalam memberikan layanan perbankan digital terbaik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Kami berharap, BRIAPI dapat turut memajukan perekonomian Indonesia melalui ekosistem digital yang mumpuni,” kata Indra.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.