Advertorial

Bukan Sekadar Hitung-hitungan, LOGIKA UI Perkenalkan Matematika sebagai Seni Berlogika

Kompas.com - 10/01/2022, 11:27 WIB

KOMPAS.com – Tak bisa dimungkiri, masih banyak masyarakat Indonesia menganggap matematika sebatas ilmu sains atau eksak. Padahal, matematika memiliki potensi sebagai ilmu yang mampu melatih keterampilan seni berpikir kreatif.

Berangkat dari hal tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Indonesia (UI) menggelar Lomba dan Kegiatan Matematika UI (LOGIKA UI). Untuk diketahui, LOGIKA UI digelar secara tahunan dan telah dilaksanakan sebanyak 16 kali sejak 1997.

Ketua Pelaksana LOGIKA UI 2022 Benedicta Winni Lisachristanty mengatakan, penyelenggaraan LOGIKA UI bertujuan untuk memosisikan matematika sebagai seni selayaknya cabang keilmuan seni lain. Adapun penyelenggaraan LOGIKA UI 2022 mengusung tema “Arts Within Logic”.

“Kami berharap, tema tersebut dapat menyadarkan peserta lomba dan seminar bahwa Matematika tidak sekadar ilmu dasar yang rumit. Lebih dari itu, matematika adalah seni berlogika,” ujar Benedicta dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (5/1/2022).

Mengusung tagline “Express Your Creativity, Explore the Mathematical Beauty”, lanjut Benedicta, LOGIKA UI 2022 diharapkan dapat menjadi acara yang berkesan bagi seluruh pihak yang terlibat.

Adapun rangkaian acara LOGIKA UI 2022 terdiri dari sejumlah kompetisi dan talk show. Deretan kompetisi dalam acara ini meliputi Paper Competition (PapCom), Mathematics Individual Competition (MIC), Mathematics Team Competition (MTC), Statistics Team Competition (STC), dan Actuarial Infographic Competition (AIC).

Pada kompetisi tersebut, panitia juga menawarkan hadiah menggiurkan kepada setiap pemenang.

Sebut saja, pemenang dapat langsung diterima sebagai mahasiswa UI tanpa tes, sertifikat dan trofi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), serta hadiah uang tunai.

“Dengan mengasah kreativitas berlogika sedini mungkin, LOGIKA UI 2022 diharapkan dapat menjadi bekal generasi bangsa untuk mengembangkan problem solving skill yang dibutuhkan dalam menyelesaikan (berbagai) permasalahan,” tuturnya.

Rangkaian acara LOGIKA UI 2022

Selain kompetisi yang mengasah logika, LOGIKA UI 2022 juga menghadirkan talk show menarik dan informatif, yakni MathTalks dan LogiTalks.

Sebagai informasi, MathTalks telah digelar pada November 2021. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan jurusan Matematika di Fakultas MIPA UI, khususnya kepada calon mahasiswa dan siswi yang ingin mengejar mimpinya. Acara ini terbuka untuk umum dan tanpa dipungut biaya.

Salah satu pembicara pada acara LOGIKA UI.DOK. Universitas Indonesia Salah satu pembicara pada acara LOGIKA UI.

Selanjutnya, LogiTalks yang digelar secara daring pada 28-29 Januari 2022. Acara ini hadir untuk menghibur dan meningkatkan semangat masyarakat dalam mengeksplorasi keindahan matematika.

Benedicta menjelaskan, LogiTalks Day 1 mengusung tema “The Hottest Career in Society 5.0”. Pada acara ini, peserta akan diperkenalkan dengan profesi dan prospek karier yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan bidang matematika, statistika, dan aktuaria.

Pembicara yang mengisi seminar tersebut adalah Associate Partner Ernst & Young Indonesia Junaidi Amin, Business Intelligence Analyst Shopee Bella Belinda, serta Data Science Instructor Afif Akbar Iskandar.

Tak kalah menarik, LogiTalks Day 2 menghadirkan tema “EnigMATH: Mathematics Beyond Expectations”. Tema tersebut diusung untuk membuka pandangan masyarakat bahwa matematika adalah ilmu yang menyenangkan dan bermanfaat.

Benedicta mengatakan, matematika tidak hanya berisi hitung-hitungan saja, tetapi juga dapat berguna sebagai dasar dalam berpikir kritis dan rasional.

“Dengan begitu, masyarakat dapat memulai langkah untuk mengeksplorasi keindahan matematika dan memandangnya sebagai seni berlogika,” ujarnya.

Adapun pembicara pada LogiTalks Day 2 adalah guru juara CoLearn Tansa Qurrota A’yuna  atau akrab disapa Kak Yuna yang juga merupakan alumnus jurusan Matematika Fakultas MIPA UI angkatan 2016.

Untuk diketahui, Kak Yuna merupakan guru matematika yang terkenal lewat filter Instagram “Matematika” buatannya. Ia juga aktif membagikan keseruan dalam bidang matematika di media sosial, terutama Instagram.

Selain Kak Yuna, narasumber lainnya adalah Founder and Lead Editor Euler ID Jevon Shanahan Lisadi dan Embedded Value (EV) and Modelling Actuarial Analyst AIA Financial Christian Evan Chandra.

LogiTalks Day 1 dan Day 2 terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat di Indonesia dan setiap peserta akan mendapatkan e-certificate.

“Dengan harga tiket terjangkau, kesempatan mengikuti LogiTalks Day 1 dan Day 2 masih dibuka sampai Sabtu (22/1/2022),” kata Benedicta.

Sebagai informasi, LogiTalks Day 1 dan Day 2 didukung oleh sejumlah pihak, yakni Sienna, BNI Sekuritas, Wardaya College, IYKRA, Kompas.com, IDN Times, GADIS, Majalah Sunday, Osing Course, serta Q&A Group.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LogiTalks Day 1 dan Day 2, Anda dapat mengunjungi akun Instagram https://instagram.com/logikaui2022 dan laman https://www.logikaui.com.

 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.