Advertorial

Perkuat Persaudaraan, Komunitas Jawara Patra Gelar Pentas Harmoni Pencak Silat dan Musik

Kompas.com - 11/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Sebagai bagian dari komitmen memperkokoh persaudaraan, platform komunitas Jawara Patra menggelar kompetisi video Pentas Harmoni Pencak Silat dan Musik. Kegiatan yang diadakan pada 19 November-12 Desember 2021 ini dipersembahkan bagi pegiat pencak silat dan komunitas pemusik di Tanah Air.

Kompetisi bertajuk "Estafetkan Mantapnya Persaudaraan" tersebut mengajak pencinta silat dan pemusik untuk berani diadu menyalurkan bakat dan kreativitas dalam bentuk video.

Pada kompetisi itu, peserta diminta membuat konten video dengan memadukan gerakan silat dan iringan musik secara bersamaan.

Dalam video yang diikutkan kompetisi, peserta wajib menampilkan peragaan silat layaknya tengah mengestafetkan tongkat jawara kepada pesilat satu ke pesilat lainnya. Adegan mengoper tongkat estafet tersebut merupakan lambang untuk merajut persaudaraan.

Terdapat dua kategori perlombaan yang dapat diikuti peserta, yaitu Grup Pencak Silat dan Musik atau Grup Pencak Silat.

Peserta yang memilih Grup Pencak Silat dan Musik wajib menampilkan pemain pencak silat dan pemusik dalam satu video secara bersamaan.

Sementara, peserta yang memilih Grup Pencak Silat hanya menampilkan grup pesilat tanpa pemain musik. Musik yang digunakan pun boleh berasal dari rekaman musik pilihan sendiri ataupun yang disediakan oleh penyelenggara.

Video yang dikreasikan para peserta berdurasi 3-5 menit.

-Dok. Komite Jawara Patra -

Top 9 finalis

Usai tahapan penilaian yang dilakukan oleh atlet nasional pencak silat asal Palembang, Denny Aprisani, dan perwakilan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), terpilih Top 9 Finalis. Kesembilan finalis itu terdiri dari 6 Grup Pencak Silat dan Musik serta 3 Grup Pencak Silat Terbaik.

Mereka pun berani diadu untuk tampil secara langsung dalam Malam Final Pentas Harmoni Pencak Silat dan Musik yang ditayangkan secara live melalui akun Instagram @jawara.patra dan kanal YouTube Jawara Patra, Minggu (19/12/2021) pukul 20.00 WIB.

Sebelum malam final, Jawara Patra juga mengadakan online voting untuk menentukan peserta favorit pilihan netizen dari Top 9 Finalis. Online voting diadakan tiga hari sebelum malam final.

Top 9 Finalis yang mendapatkan like, komentar, dan share terbanyak di akun Instagram @jawara.patra berhak menjadi pemenang.

Untuk kategori tersebut, kelompok silat Pagar Nusa Kediri dari Jawa Timur (Jatim) berhasil menjadi Pemenang Grup Terfavorit.

Pada puncak malam final, komite Jawara Patra juga mengumumkan para pemenang lomba yang penampilannya paling mantap. Adapun 3 pemenang dari kategori Grup Pencak Silat dan Musik adalah Putra Giri Kusuma - Putra Kedaton asal Jawa Barat (Jabar), Cakra Kembang asal Jawa Tengah (Jateng), dan Pagar Nusa Kediri dari Jatim.

Kemudian, pemenang kategori Grup Pencak Silat Terbaik diraih oleh padepokan pencak silat Tatariksa asal Jabar.

Ketiga pemenang Grup Pencak Silat dan Musik membawa pulang hadiah senilai Rp 7 juta. Untuk pemenang Grup Pencak Silat Terbaik, mereka berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp 3,5 juta. Selanjutnya, pemenang Grup Terfavorit mendapat hadiah Rp 1 juta.

Bagi Anda yang ingin menikmati keseruan perhelatan Pentas Harmoni Pencak Silat dan Musik, dapat menyaksikan di Facebook fan page Jawara Patra, Instagram @jawara.patra, dan Facebook Group Paguyuban Jawara Patra.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.