Advertorial

Antiribet, Ini Cara Mudah Daftar Kartu Prakerja Secara Online

Kompas.com - 15/01/2022, 15:09 WIB

KOMPAS.com – Kartu Prakerja merupakan satu dari sekian banyak program pemerintahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang bertujuan membantu menyejahterakan masyarakat.

Melalui Kartu Prakerja, pemerintah memberikan bantuan insentif bagi masyarakat yang sudah memasuki usia produktif tetapi belum kunjung mendapatkan pekerjaan.

Kesempatan ini membuat banyak masyarakat ingin tahu bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja agar mendapat manfaat bantuan dari pemerintah.

Pendaftaran program Kartu Prakerja dapat dilakukan dengan mengakses laman www.prakerja.go.id.

Melansir Villededanville, Sabtu (15/1/2022), berikut cara mendaftar Kartu Prakerja secara online:

  1. Buat akun Prakerja

Tampilan halaman pendaftaran di laman resmi program Kartu PrakerjaTangkapan layar laman www.prakerja.go.id Tampilan halaman pendaftaran di laman resmi program Kartu Prakerja

Anda perlu membuat akun Prakerja terlebih dahulu untuk dapat mendaftar program Kartu Prakerja.

Berikut cara membuat akun Prakerja secara online:

  • Kunjungi laman prakerja.go.id.
  • Masukkan alamat email aktif Anda, lalu klik bagian bulat berwarna biru yang terletak di samping kanan kolom email.
  • Masukkan alamat email sekali lagi, lalu buat password atau kata sandi dan masukkan ke dalam kolom password, kemudian masukkan password sekali lagi pada kolom selanjutnya.
  • Klik bagian kotak kecil di samping kiri tulisan “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku” hingga muncul tanda centang, lalu klik “Daftar”.
  • Anda akan mendapat pesan berisi link atau tautan untuk memverifikasi akun Prakerja melalui email. Karenanya, segera periksa kotak masuk email
  • Buka email yang dikirimkan oleh sistem Prakerja dan lakukan verifikasi akun dengan klik tulisan “Verifikasi Sekarang”.
  • Akun Prakerja telah berhasil dibuat.
  1. Masuk ke akun Prakerja

Setelah berhasil membuat akun Prakerja, Anda dapat masuk ke akun Prakerja dengan cara berikut:

  1. Daftar program Kartu Prakerja

Setelah berhasil masuk ke bagian Dashboard Prakerja Pribadi, Anda dapat melanjutkan proses pendaftaran program Kartu Prakerja, berikut caranya:

  • Lakukan pendaftaran program Kartu Prakerja dengan mengisi data diri dan mengunggah dokumen yang diminta.
  • Masukkan nomor telepon yang masih aktif dan yang Anda daftarkan pada rekening atau dompet digital yang akan dipilih sebagai wadah penyaluran dana insentif jika Anda lolos seleksi.
  • Pilihan bank dan dompet digital yang tersedia untuk penyaluran dana program Kartu Prakerja antara lain BNI, BCA, OVO, GoPay, LinkAja, dan DANA.
  • Setelah mengisi data diri dan memasukkan nomor telepon dan nomor rekening, maka pendaftaran program Kartu Prakerja Anda telah diproses.
  • Tunggu pengumuman apakah berkas yang Anda kirimkan dinyatakan layak untuk mendapatkan bantuan Kartu Prakerja.
  • Jika diterima, Anda akan mendapat pengumuman melalui email dan dana insentif dapat dicairkan melalui bank atau dompet digital.

Kartu Prakerja tidak diberikan kepada sembarang orang, tetapi hanya orang-orang terpilih dan memang layak dibantu.

Oleh karena itu, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan Kartu Prakerja sebelum mendaftar.

Untuk diketahui, program ini tidak dipungut biaya. Malah, Anda akan mendapatkan bantuan dana dan pelatihan keterampilan sesuai minat Anda. Pelatihan ini akan dilaksanakan secara online.

Pelatihan dan bantuan dana ini diharapkan dapat membantu Anda yang masih kesulitan mencari pekerjaan.

Sebab, setelah berhasil menyelesaikan pelatihan, Anda akan mendapatkan sertifikat online yang bisa dimasukkan ke dalam curriculum vitae (CV) untuk melamar pekerjaan di kemudian hari.

Segera daftarkan diri Anda untuk program Kartu Prakerja. Jangan lupa ajak teman dan sanak saudara agar mereka juga dapat merasakan manfaat bantuan dari pemerintah ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.