Advertorial

Dear Calon Entrepreneur, Ketahui 5 Peluang Bisnis Online yang Perlu Dicoba pada 2022

Kompas.com - 17/01/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Selamat datang 2022. Biasanya, saat menyambut tahun baru, banyak orang menyiapkan beberapa daftar resolusi yang ingin dicapai.

Misalnya, ingin membentuk otot-otot pada tubuh agar lebih bugar, membaca 50 buku dalam satu tahun, atau meningkatkan penghasilan bulanan lewat bisnis online.

Khusus resolusi yang terakhir disebutkan, yakni bisnis online, bisa jadi kesempatan yang menjanjikan. Pasalnya, teknologi digital berkembang begitu pesat seiring waktu. Merujuk laporan "Digital 2021" yang dirilis oleh HootSuite, pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta jiwa pada awal 2021.

Jumlah itu meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020. Sementara, total jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Artinya, penetrasi pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Pada tahun mendatang, jumlah tersebut akan terus meningkat seiring mudah dan meluasnya menjangkau ruang digital. Penggunaan internet pada saat ini pun semakin bervariasi.

Fenomena tersebut dapat menjadi momentum untuk memulai bisnis online dari rumah. Ini bisa menjadi solusi konkrit untuk menambah penghasilan.

Lalu, bisnis online apa saja yang punya peluang cuan pada 2022? Simak ulasan berikut untuk informasi selengkapnya.

  1. Menjual barang dan jasa di marketplace

Bisnis online pertama yang bisa kamu coba adalah menjual barang di marketplace. Saat ini, banyak tersedia platform e-commerce yang bisa dimanfaatkan untuk menjajakan segala sesuatu, mulai dari fashion, makanan, peralatan dapur, alat elektronik, hingga produk kesehatan.

Selain menjual barang, kamu juga bisa menawarkan jasa keahlian yang kamu kuasai. Ambil contoh, kamu bisa menulis berbagai jenis artikel dengan beragam gaya penulisan bisa menjual jasa sebagai penulis lepas.

Kemudian, banyak keahlian lain yang bisa dimanfaatkan, seperti desain grafis, konsultan keuangan, atau penerjemah.

  1. Menjadi tutor kursus online

Bila memiliki passion di bidang pendidikan, kamu bisa menjadi pengajar atau tutor kursus online. Sebelum memulainya, kamu harus menguasai secara mendalam bidang yang ingin diajarkan.

Selain itu, pastikan kamu menggunakan metode pengajaran yang menarik agar kegiatan belajar mengajar tidak membosankan.

Jika memiliki minat dalam pengajaran bahasa Inggris, misalnya, kamu bisa mengajak salah satu teman berwarga negara asing untuk menjadi tandem berbicara pada satu sesi pembelajaran dengan para peserta kursus.

  1. Menjual template website

Kamu yang menguasai kemampuan coding, bisa memanfaatkannya dengan menjual jasa pembuatan website, baik untuk kebutuhan personal maupun perusahaan. Tak hanya itu, kamu juga bisa memperluas peluang bisnis dengan membuat beberapa template atau tema website untuk dijual secara online.

Pasalnya, kamu mungkin memiliki calon pelanggan yang memiliki kebutuhan berbeda. Oleh karena itu, diversifikasi barang atau jasa yang dijual bisa menjadi solusi konkrit untuk meraup lebih banyak cuan dalam berbisnis online.

  1. Reseller dan dropshipper

Selain menjual barang dari produk sendiri, kamu juga bisa menjual produk orang lain dengan mengambil keuntungan dari margin harga jual. Orang yang melakukan model bisnis ini biasa disebut sebagai reseller dan dropshipper.

Keuntungan dari model bisnis tersebut adalah kamu tidak memerlukan modal karena semua barang sudah tersedia atau ready stock pada penjual pertama. Kamu hanya perlu membangun brand sendiri dan membuatnya menjadi lebih unik agar calon konsumen tertarik untuk membeli barang di toko kamu.

  1. Pengiklan website (ads publisher)

Salah satu bisnis online yang masih belum banyak diketahui masyarakat adalah menjadi seorang pengiklan website. Selain tidak memerlukan modal besar, bisnis ini bisa dilakukan dari rumah.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menekuni bisnis ini adalah membuat website dengan konten menarik. Tentukan target pembaca agar isi artikel tidak salah sasaran. Di dalam website, kamu bisa menambahkan iklan atau ads.

Selain itu, kamu juga berpeluang untuk diajak bekerja sama dengan brand besar untuk menjalani suatu campaign.

Itulah lima bisnis online yang bisa kamu coba pada 2022. Perlu dipahami bahwa modal bukan segalanya. Sebab, kamu bisa memulai beberapa bisnis dengan modal kecil atau bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Satu yang menjadi kunci adalah niat dan konsistensi untuk terus berusaha.

Pastikan pula kamu memiliki jaringan internet yang stabil agar bisnis online berjalan lancar setiap hari. Sebagai rekomendasi, gunakan modem internet eksternal ketimbang mengandalkan tethering dari smartphone.

Sebagai solusi konkrit, pakailah modem internet eksternal yang memiliki konektivitas lebih andal. Akan lebih baik lagi jika kamu memakai Wi-Fi eksternal yang dilengkapi teknologi long-term evolution (LTE). Semakin tinggi LTE category (CAT) pada perangkat modem, semakin kuat pula sinyal yang dihasilkan.

Salah satu modem Wi-Fi yang menjadi rekomendasi adalah Telkomsel Orbit. Dengan dukungan LTE CAT 13, modem Wi-Fi Telkomsel Orbit bisa mencapai kecepatan hingga 150 megabyte per second (Mbps).

Selain itu, Orbit juga didukung dengan kualitas internet seluler 4G berkualitas terbaik dari Telkomsel. Jangkauannya pun sudah meliputi 90 persen seluruh wilayah Indonesia.

Pada pergantian tahun, Telkomsel Orbit pun mengadakan program spesial, yakni OrbitVaganza. Ini merupakan program undian akhir tahun untuk seluruh pelanggan Telkomsel Orbit.

Terdapat grand prizes menarik yang bisa kamu dapatkan, seperti Honda PCX 160 CBS Red, Samsung Galaxy Z Fold 3, Macbook Pro 2020, Smart TV LG 43 Inch, emas 2 gram, saldo LinkAja Rp 500.000, dan paket data 100 gigabyte (GB).

Untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah-hadiah tersebut, kamu cukup membeli modem Telkomsel Orbit jenis apa saja atau membeli paket data untuk mendapatkan kupon sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan kesempatan undian.

Adapun periode pengumpulan kupon mulai 6 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022. Kemudian, pengundian akan dilakukan pada 9 Februari 2022. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Telkomsel Orbit Deals.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.