Advertorial

Awali 2022 dengan Prestasi, Itenas Bandung Masuk Tiga Besar Anugerah Kerja Sama Diktiristek

Kompas.com - 17/01/2022, 13:34 WIB

KOMPAS.com – Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) berhasil meraih peringkat terbaik ke-3 kategori Manajemen Laporan Kerja Sama Perguruan Tinggi Swasta Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2021, Kamis (13/1/2022).

Sebagai informasi, penghargaan tersebut merupakan bagian dari ajang apresiasi Anugerah Diktiristek 2021 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Anugerah Kerja Sama Diktiristek merupakan bentuk apresiasi Ditjen Diktiristek kepada stakeholder yang telah berpartisipasi secara aktif serta mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan memenuhi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Penghargaan diterima langsung oleh Rektor Itenas Bandung, Prof Meilinda Nurbanasari, Ph D pada acara penganugerahan di Ruang Auditorium lantai 2 Gedung D komplek Kemendikbud Ristek.

Pada kesempatan tersebut, Prof Meilinda mengatakan bahwa perolehan penghargaan ini harus disyukuri. Pasalnya, tahun ini merupakan kali pertama Itenas Bandung mendapatkan apresiasi dari Ditjen Diktiristek.

Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, Ph D saat menerima plakat penghargaan Anugerah Diktiristek 2021.Dok. Itenas Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, Ph D saat menerima plakat penghargaan Anugerah Diktiristek 2021.

“Penghargaan ini merupakan suatu kebanggaan, mengingat penilaiannya dilakukan melalui kompetisi yang diikuti untuk perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia,” kata Prof Meilinda dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (16/1/2021).

Lebih lanjut Prof Meilinda menjelaskan bahwa anugerah ini antara lain untuk mencapai IKU 6 Perguruan Tinggi, yaitu program studi (prodi) bekerja sama dengan mitra kelas dunia. Tentunya ini merupakan kewajiban perguruan tinggi untuk mencapai IKU tersebut. 

Hingga pertengahan Desember 2021, Itenas Bandung telah membuat 70 nota kesepahaman, 25 perjanjian kerja sama, serta lebih dari 50 Implementation Agreement (IA), baik dengan mitra nasional maupun internasional.

Ia menambahkan bahwa capaian ini merupakan dukungan dari semua pihak, dosen, tenaga pendidik (tendik), alumni Itenas, juga para stakeholder.

“Perlu kita sadari bahwa mitra kerja sama itu tidak hanya terbatas perusahaan, tetapi sangat luas kaitanya dalam rangka Itenas mengemban tri dharma perguruan tinggi, khususnya dalam pelaksanaan MBKM. Sehingga Anugerah ini memacu Itenas untuk terus mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak agar Itenas di tahun-tahun berikutnya lebih baik lagi,” ujar Prof. Meilinda

Ungkapan syukur juga datang dari Kepala Bagian Kerja Sama dan Urusan Internasional (KUI) Itenas Bandung Dr Eng Dyah Asri Handayani, MT. Ia menyatakan bahwa keberhasilan Itenas Bandung meraih peringkat ke-3 terbaik kategori Manajemen Laporan Kerjasama Perguruan Tinggi Swasta sangat berarti.

Rektor Itenas Bandung bersama Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr M Samsuri SPd MT.Dok. Itenas Rektor Itenas Bandung bersama Kepala LLDIKTI Wilayah IV Dr M Samsuri SPd MT.

Pasalnya, untuk berkompetisi meraih penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek pihaknya melakukan beragam upaya persiapan, termasuk mempelajari materi dan arahan yang diberikan oleh panitia melalui tautan Google Drive dan Youtube.

“Untuk mengikuti lomba ini, kami lakukan persiapan semaksimal mungkin, dan alhamdulillah Itenas Bandung berhasil meraih peringkat ke-3 terbaik”, ucapnya

Ia mengungkapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh civitas akademika Itenas yang telah memberikan bantuan dan dukungan. Selain itu, ia juga mengapresiasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IV yang telah memberikan rekomendasi kepada Itenas Bandung untuk mengikuti Anugerah Kerja Sama Diktiristek.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.