Advertorial

Menyelisik Teknologi FF Baru All New Veloz dan All New Avanza

Kompas.com - 19/01/2022, 15:56 WIB

KOMPAS.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) melakukan pengembangan pada All New Veloz dan All New Avanza untuk memenuhi profil, kebutuhan, serta mobilitas konsumen yang berbeda.

Sebagai informasi, All New Avanza dibangun sebagai kendaraan fungsional yang mampu diandalkan dengan value for money yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan profil konsumennya yang lebih mengedepankan aspek fungsional untuk mendukung kegiatan rutin mereka, baik di dalam maupun luar kota.

Sementara itu, All New Veloz merupakan cross multi purpose vehicle (MVP) dengan desain eksterior stylish dan premium yang dilengkapi fitur advance lengkap untuk memanjakan penumpang.

Hal tersebut sesuai profil konsumennya yang membutuhkan kendaraan sebagai teman mobilitas di beragam lokasi sekaligus mendukung lifestyle sehari-hari.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan, All New Veloz dan All New Avanza telah dilengkapi platform Front Engine – Front Wheel Drive (FF) model baru. Platform ini membuat kabin kendaraan lebih luas.

“Jarak antar kursi kurang lebih sama dengan Kijang Innova,” kata Anton dalam siaran tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (20/12/2021).

Ukuran kabin All New Veloz dan All New Avanza lebih luas.DOK. Toyota Ukuran kabin All New Veloz dan All New Avanza lebih luas.

Meski dimensi kedua mobil tersebut menjadi lebih besar, lanjut Anton, platform baru itu mampu menurunkan bobot kendaraan dan lebih berimbang. Dengan demikian, power dan torque to weight ratio lebih baik.

“Ditambah dengan transmisi Continuous Variable Transmission (CVT) dan suspensi baru, All New Veloz dan All New Avanza menawarkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan responsif di berbagai kondisi jalan, termasuk saat menanjak,” imbuhnya.

Test drive All New Avanza dan All New Veloz di Bali

Guna menguji ketangguhan All New Avanza dan All New Veloz, TAM mengajak para jurnalis otomotif untuk melakukan perjalanan selama 3 hari di Pulau Bali pada 7-9 Desember 2021.

TAM membagi jurnalis ke dalam dua kelompok, yakni kelompok All New Avanza dan All New Veloz. Kedua kelompok tersebut akan menempuh jalur test drive yang berbeda sejauh 116 kilometer (km) selama 2,5 jam. Perjalanan dimulai dari Four Points Hotel di kawasan Ungasan sebagai checkpoint 7(CP7).

Kelompok All New Avanza memulai perjalanan dari CP7 ke Layana Warung (CP8). Selanjutnya, kelompok ini menuju ke lokasi spot foto Gunung Batur yang berlokasi di kawasan Kintamani (CP9) sebelum bertemu kelompok All New Veloz di Amora Resto (CP10).

Sementara, kelompok All New Veloz menuju ke Pinhead Bali (CP8) dari CP7. Selanjutnya, kelompok ini melanjutkan perjalanan ke desa wisata tradisional Bali (CP9) yang menjual berbagai kerajinan tangan dan produk lokal sebelum menuju CP10.

Sesampainya di CP10, kedua kelompok makan siang bersama dengan suguhan pemandangan Gunung Batur.

Selepas makan siang, kelompok All New Avanza melanjutkan perjalanan menuju ke Puri Agung Tampak Siring di kawasan Gianyar. Perjalanan berakhir di Maya Ubud Resort & Spa sebagai resting point (RP) di hari kedua.

Sementara, kelompok All New Veloz melanjutkan perjalanan ke kawasan agrowisata Bali Pulina (CP11) yang terkenal dengan kualitas kopinya sebelum mengakhiri perjalanan di RP.

Sepanjang jalur test drive yang menanjak dan berkelok, para jurnalis merasakan bobot All New Veloz dan All New Avanza menjadi lebih ringan berkat platform FF baru, meski dimensi kedua mobil bertambah besar.

Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depan. DOK. Toyota Torsi yang dihasilkan Toyota All New Avanza cukup mumpuni meski disalurkan ke roda depan.

Tak hanya itu, platform FF baru pada All New Avanza dan All New Veloz memungkinkan desain bodi menjadi lebih aerodinamis. Hal ini mampu menghasilkan coefficient of drag lebih rendah dan membuat bodi All New Avanza dan All New Veloz semakin mudah membelah udara. Dengan demikian, performa kendaraan semakin meningkat.

“Platform FF merupakan solusi mobilitas untuk pelanggan Toyota yang mendambakan kendaraan masa kini yang nyaman dan advance. Hal ini membuat All New Avanza dan All New Veloz dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan, bahkan melampaui ekspektasi mereka,” kata Anton.

Selain itu, dukungan mesin Dual Variable Valve Timing intelligent (VVT-i) juga mampu menghasilkan tenaga dan torsi lebih baik. Kombinasi bobot yang lebih ringan serta tenaga dan torsi yang lebih tinggi membuat power to weight ratio dan torque to weight ratio kedua mobil tersebut menjadi lebih baik.

Kehadiran fitur Hill Start Assist (HSA) dan Traction Control juga menjadi fitur standar di kedua mobil tersebut. Dengan fitur ini, para jurnalis dapat melewati kontur jalan yang berliku dan menanjak di Bali dengan mudah.

Pengalaman konektivitas digital melalui fitur T Intouch

All New Avanza dan All New Veloz turut dibekali fitur konektivitas digital canggih yang sebelumnya hanya hadir pada New Camry, yakni T Intouch.

Sebagai informasi, T Intouch merupakan teknologi telematika yang menghubungkan kendaraan dengan aplikasi mTOYOTA. Dengan demikian, pelanggan dapat terhubung ke semua layanan mobilitas Toyota.

T Intouch menawarkan pengalaman konektivitas digital serta solusi dan manfaat terintegrasi melalui berbagai fitur yang dimilikinya.

Pertama, fitur Find My Car yang dapat mengetahui secara akurat di mana kendaraan diparkir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna.

Kedua, fitur Geofencing yang memberikan peringatan saat kendaraan berada di luar zona resmi untuk memastikan keamanan pengguna setiap saat.

Ketiga, fitur E-Care (maintenance). Fitur ini dapat membantu pengguna mengatur sekaligus mengingat perawatan kendaraan secara berkala agar kendaraan selalu dalam performa terbaiknya.

Keempat, fitur Inquiry & Support Center yang menawarkan bantuan langsung dari call center Toyota untuk membantu menyelesaikan masalah pengguna.

Kelima, fitur Road Assistance yang menyediakan tombol SOS ketika pengguna mengalami kecelakaan. Fitur ini akan menghubungkan pengguna dengan call center Toyota untuk diarahkan ke penyedia Emergency Road Assistance (ERA) terdekat sehingga pengendara mendapatkan bantuan lebih cepat.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.