Advertorial

Dukung Jurnalisme Nasional, BRI Salurkan Beasiswa kepada Insan Media

Kompas.com - 26/01/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memperkuat sinergi bersama berbagai stakeholder di masa pemulihan ekonomi nasional.

Salah satunya dilakukan bersama insan media yang menjadi mitra strategis BRI dalam menyiarkan informasi perusahaan kepada publik.

Komitmen tersebut diwujudkan BRI melalui program “BRI Fellowship Journalism” sebagai ruang bagi insan media untuk mengembangkan kompetensinya

Program tersebut merupakan inisiatif BRI untuk memberikan kesempatan beasiswa magister bagi 36 jurnalis terpilih di seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan bahwa program tersebut sejalan dengan prinsip BRI yang senantiasa ingin memberikan nilai tambah, baik social value maupun economic value.

Hal tersebut disampaikan Aestika saat agenda pengarahan peserta Fellowship Journalism yang diselenggarakan pada Jumat (21/1/2022).

Program itu, lanjut Aestika, adalah bukti komitmen BRI bahwa pihaknya tidak hanya mengutamakan operasional bisnis, tapi juga aktif memberikan dampak sosial bagi seluruh stakeholder, termasuk insan media. Karenanya, ia mengajak para awak media untuk menumbuhkan optimisme kepada masyarakat.

“Dari 64,2 juta pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), sebanyak 87,5 persen di antaranya terdampak pandemi. Kami ingin mendorong mereka untuk bangkit dan melakukan resiliensi. Bersama awak media, kami ingin menyebarkan informasi positif dan optimisme,” ujar Aestika dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (26/1/2021).

Upaya BRI menyelenggarakan “Fellowship Journalism” pun mendapatkan respons positif. Terbukti, sebanyak 972 jurnalis dari seluruh Indonesia mendaftarkan diri pada ajang ini.

Peserta yang mendaftar selanjutnya diseleksi secara administrasi dan sertifikasi oleh dewan juri. Dari hasil seleksi, ada 187 peserta lolos ke tahap berikutnya, yakni pengiriman karya jurnalistik.

Pada Senin (10/1/2022), 58 peserta yang mengirimkan karya jurnalistiknya berhak untuk menjalani on site selama dua bulan pada 18 kantor wilayah (kanwil) BRI di seluruh wilayah Indonesia.

Usai menjalani on site, 36 peserta terpilih berhak mendapatkan beasiswa magister di seluruh PTN di Indonesia.

“Pemberian beasiswa terhadap jurnalis sekaligus menjadi wujud komitmen BRI dalam penerapan konsep 3P, yakni Pro Planet, Pro Profit, dan Pro People,” katanya.

Dalam penerapan konsep Pro People, lanjut Aestika, BRI telah memberikan 4.068 beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa.

BRI juga terlibat dalam pembangunan atau renovasi sekolah, pengadaan 174 ambulance, serta memberi bantuan kepada lebih dari 70 rumah sakit dalam penanganan Covid-19.

Sementara, untuk pengembangan UMKM, BRI berkomitmen mendukung UMKM supaya naik kelas. Dukungan ini tertuang dalam konsep Pro Profit.

Sebagai informasi, BRI telah menggelar 1.553 pelatihan kepada 25.216 peserta di 53 Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selanjutnya, konsep Pro Planet diwujudkan melalui program BRI Peduli yang telah memberi manfaat bagi masyarakat di berbagai kota di Indonesia.

“Tidak hanya menumbuhkan bisnis, BRI juga terus berupaya memberikan dampak yang luas kepada berbagai stakeholder,” tutur Aestika.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com