Advertorial

Ajak UKM Bangkit dari Pandemi, Alfamart dan Nestle Gelar Festival UKM Sabang-Merauke

Kompas.com - 28/01/2022, 16:54 WIB

KOMPAS.com – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart bekerja sama dengan Nestle menggelar Festival UKM Class 2022 bertema “Warisan Leluhur”, Kamis (27/1/2022).

Festival dihadiri ribuan peserta dari Sabang sampai Merauke itu merupakan perwujudan komitmen kedua perusahaan untuk membantu dan memberdayakan pelaku usaha kecil menengah (UKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin pun berharap, Festival UKM Class Alfamart digelar secara rutin untuk memperkuat pengetahuan dan strategi bisnis para pelaku UKM di Tanah Air.

“Kuncinya adalah inovasi dan adaptasi. Kami berharap, para pelaku UKM bisa memanfaatkan forum bisnis hari ini untuk memperkaya pengetahuan. Dengan demikian, (pengetahuan yang didapatkan) bisa diterapkan pada bisnisnya masing-masing,” ujar Solihin dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Hal serupa juga diutarakan Corporate Affairs Director Nestle Indonesia Sufintri Rahayu. Menurutnya, Festival UKM Class 2022 penting bagi para pelaku UKM di tengah masa pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Sufintri menjelaskan bahwa penyelenggaraan Festival UKM Class 2022 sejalan dengan upaya Nestle untuk senantiasa maju bersama dengan Indonesia. Selama 50 tahun berada di Indonesia, Nestle percaya bahwa salah satu kunci berinvestasi adalah mendukung para pelaku UMKM.

“Kami percaya bahwa UKM adalah salah satu kunci dari perkembangan ekonomi di Indonesia,” ujar Sufinitri.

Ia juga berharap program tersebut dapat membantu para pelaku UKM untuk berkembang dan memberikan semangat agar turut berperan dalam mewujudkan tujuan Nestle. Adapun Nestle memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup setiap individu saat ini dan generasi mendatang melalui potensi produk dan makanannya.

Sebagai informasi, Festival UKM Class 2022 dibuka secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

“Festival UKM Class Alfamart adalah bentuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang baik. Ini adalah inspirasi yang sangat dibutuhkan masyarakat Indonesia,” katanya.

Sandiaga pun mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan Alfamart bersama Nestle dan Unilever. Ia mengaku senang sekali bisa diajak berkolaborasi, khususnya untuk memajukan pelaku UKM Indonesia.

Sandiaga mengatakan, Indonesia memiliki harapan untuk menjadi ekonomi terbesar ke-7 di dunia pada 2030. Untuk mewujudkannya, para pengusaha harus bergandengan tangan menumbuhkan optimisme dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Bantuan modal usaha

Dalam acara Festival UKM Class 2022, Alfamart dan Nestle membagikan sejumlah hadiah bagi para pelaku UKM. Selain voucer belanja Alfamart senilai total Rp 50 juta, bantuan modal usaha sebesar Rp 50 juta juga diberikan kepada pelaku UKM yang beruntung.

Selain hadiah, Festival UKM Class 2022 juga menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten di berbagai bidang. Narasumber tersebut adalah Indra Bekti dan Sarah Keihl yang merupakan artis dan selebgram yang sukses menekuni dunia usaha, entrepreneur sekaligus anggota DPR RI Sihar Sitorus, brand designer Rio Purba, Instagram Expert Niko Julius, pemilik Rumah Uis Averiana Barus, dan pemilik Batik Warna Alam Putri Merdekawati.

Hadir juga CEO Plasticpay Suhendra, Virtual Store Manager Alfamart Agung Nugroho, Tenant Relation Alfamart Arief Priyadi, Dev. Chef Food Business Unit Nestle Indonesia Robi Abdurrochman, serta Digital Ops Manager Unilever Audi Muttaqien.

Salah satu pelaku UKM obat-obatan herbal warisan leluhur, Andre Septiano, mengapresiasi acara tersebut. Pemilik usaha Minyak Karo Timbang Rasa ini belajar banyak dari para pembicara terkait strategi branding dan upaya digitalisasi bisnis yang mengangkat produk kearifan lokal.

“Kami jadi paham strategi bisnis yang mengangkat produk kearifan lokal. Jadi, meskipun produknya ‘jadul’, bisa dikemas dan dipasarkan sedemikian rupa dengan adaptasi masa kini. Dengan demikian, pasarnya juga semakin besar,” ujar Andre.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com