Advertorial

Dukung Literasi Keuangan Generasi Sandwich, Astra Life Gelar #BetterSandwichGen Masterclass Sepanjang 2021

Kompas.com - 01/02/2022, 10:23 WIB

KOMPAS.com – Generasi sandwich kerap memiliki masalah keuangan karena menjadi tumpuan hidup keluarga. Selain menghidupi keluarga inti, generasi sandwich juga mencukupi kebutuhan orangtuanya.

Karena hal tersebut, generasi sandwich pun hanya bisa menyisihkan sedikit gaji untuk menabung. Agar bisa menabung atau bahkan berinvestasi, mereka harus berhemat dan menekan gaya hidup.

Berdasarkan hasil survei Katadata Insight Center untuk Astra Life pada 2021, hampir 50 persen dari 1.828 responden berusia 25-45 tahun di seluruh Indonesia masuk dalam kategori generasi sandwich.

Dari jumlah tersebut, generasi sandwich yang memiliki kesiapan finansial untuk memenuhi kebutuhan pokok, menabung, dan berinvestasi pada waktu bersamaan hanya mencapai 13,4 persen.

Melihat kondisi tersebut, PT Asuransi Jiwa Astra atau Astra Life mengadakan #BetterSandwichGen Masterclass sepanjang 2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kesiapan sandwich generation dalam mengelola keuangan dengan baik.

Adapun #BetterSandwichGen Masterclass terdiri dari rangkaian talk show secara online yang diisi sejumlah influencer dan content creator finansial sebagai pemateri. Sebut saja, Felicia Putri, Prita Ghozie, Annisa Steviani, Fellexandro Ruby, Andhika Diskartes, Aliyah Natasya, dan Jonathan End.

Melalui talk show tersebut, peserta bisa mendapatkan inspirasi cara mengelola finansial dengan lebih baik, memaksimalkan potensi diri sebagai bagian dari investasi, serta memahami urgensi kepemilikan asuransi jiwa dalam mengelola risiko yang bisa terjadi.

Sepanjang 2021, #BetterSandwichGen Masterclass digelar melalui Instagram Live sebanyak 12 sesi dan 11 sesi Zoom Webinar. Adapun total peserta yang mengikuti acara tersebut mencapai lebih dari 45.000.

Astra Life menggelar edukasi #BetterSandwichGen Masterclass untuk mendukung kesiapan sandwich generation dalam mengelola keuangan dengan baik.DOK. Astra Life Astra Life menggelar edukasi #BetterSandwichGen Masterclass untuk mendukung kesiapan sandwich generation dalam mengelola keuangan dengan baik.

Presiden Direktur Astra Life Windawati Tjahjadi mengatakan, Astra Life memahami bahwa tantangan yang dihadapi generasi sandwich tidak hanya terkait finansial. Oleh karena itu, Masterclass #BetterSandwichGen juga turut membahas peran penting well-being bagi generasi sandwich untuk membangun masa depan yang cerah, baik untuk diri sendiri dan keluarga.

“Hal tersebut membutuhkan mental yang sehat dan juga kuat seperti yang disampaikan oleh dr Jiemi Ardian, Yasa Singgih, dan Andra Alodita,” kata Windawati dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Selain itu, program #BetterSandwichGen juga mengadakan webinar dengan materi terkait keluarga. Materi ini dibawakan oleh Rani Anggraeni, Samanta Elsener, dan Kadek Arini.

Selanjutnya, topik kesehatan terkait Covid-19 dibawakan oleh dr Adam Prabata serta sesi meditasi oleh Pishi Yoga. Kedua sesi ini diberikan supaya generasi sandwich dapat menghilangkan kecemasan kala menghadapi berbagai tantangan.

“Tak hanya talk show, edukasi untuk para generasi sandwich juga dikemas dalam berbagai konten menarik di seluruh platform komunikasi Astra Life melalui kampanye #BetterSandwichGen,” ujar Windawati.

Pihaknya optimistis, kampanye #BetterSandwichGen dapat mendukung peningkatan literasi finansial sekaligus membangun kesadaran untuk memiliki layanan proteksi.

“Ke depan, saya berharap dapat terus menemani langkah masyarakat, terutama generasi sandwich, untuk menjalani berbagai tahapan hidup dengan rasa tenang dan aman sekaligus tetap bisa mencintai hidup,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com