Advertorial

Gandeng Yayasan Hang Tuah, BRI Dukung Digitalisasi Pendidikan lewat Platform Junio Smart

Kompas.com - 01/02/2022, 10:46 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mendukung proses digitalisasi sektor pendidikan dengan mengembangkan platform manajemen sekolah, Junio Smart.

Junio Smart merupakan aplikasi solusi pembelajaran secara daring yang dapat digunakan oleh siswa, orangtua siswa, dan guru secara real-time.

Penerapan Junio Smart pun terus diperluas, salah satunya dengan menggandeng Yayasan Hang Tuah.

Kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) oleh kedua belah pihak, Selasa (18/1/2022).

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani berharap, melalui Junio Smart, kegiatan belajar mengajar dapat berjalan optimal selama pandemi Covid-19.

“Teknologi telah memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk di bidang pendidikan. Melalui dukungan terhadap Junio Smart, siswa, orangtua siswa, dan guru bisa bersama-sama bahu-membahu terlibat aktif dalam proses pembelajaran,” ujar Handayani dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (31/1/2022).

Untuk diketahui, Junio Smart menyediakan solusi lengkap kegiatan belajar mengajar yang meliputi manajemen data pekerja guru, pekerja nonguru, siswa, serta orangtua siswa dalam satu platform.

Di samping itu, manajemen kegiatan belajar juga bisa diakomodasi dalam Junio Smart. Evaluasi hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur ujian online di platform Junio Smart.

Hasil ujian pun dapat dilihat serta tersimpan di aplikasi secara real-time. Dengan begitu, siswa yang tengah menjalani study form home bisa tetap produktif untuk mendapatkan pembelajaran dari sekolah.

“Kami berupaya membantu komunitas sekolah, baik murid, orangtua murid, dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era modern melalui platform digital,” terang Handayani.

Handayani menilai, inovasi tersebut memudahkan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Pengelolaan manajemen sekolah pun jadi lebih mudah dan modern.

Handayani menambahkan, untuk mengakses seluruh fitur di Junio Smart, sekolah harus membuka rekening giro operasional sekolah di BRI. Di samping itu, siswa juga dapat membuka rekening khusus anak, BRI Junio.

Proses pembukaan rekening Junio, kata Handayani, dapat membantu siswa membangun kebiasaan menabung pada layanan perbankan sejak dini.

Rekening BRI Junio pun didesain untuk menunjang kebutuhan anak melalui fitur dan fasilitas khusus. Salah satunya, melalui desain buku tabungan dan kartu debit yang sesuai dengan karakter anak-anak. Biaya administrasinya pun ringan.

Selain itu, imbuh Handayani, siswa juga dapat dibuatkan tabungan Junio Rencana. Tabungan ini menawarkan suku bunga tinggi serta fasilitas asuransi jiwa dan kecelakaan gratis dengan premi pembayaran yang ditanggung BRI.

“Penggunaan Junio Smart di sekolah tidak hanya mendukung kegiatan sekolah, tetapi juga berkontribusi dalam menerapkan budaya menabung siswa,” kata Handayani.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.