Advertorial

Berawal dari Teman Diskusi Saham di Stockbit, Dua Investor Ini Jadi Teman Hidup

Kompas.com - 15/02/2022, 15:32 WIB

KOMPAS.com – Jodoh bisa datang dari mana saja, termasuk dari aplikasi investasi saham Stockbit. Pengalaman ini dirasakan oleh Sunaryo dan Novylia. Keduanya memiliki kegemaran yang sama, yakni investasi saham.

Hubungan Sunaryo dan Novylia berawal dari diskusi virtual di Stockbit. Keduanya tak menyangka bahwa diskusi kecil itu membawa mereka ke pelaminan.

Sunaryo yang akrab disapa Ryo bercerita, aplikasi Stockbit memiliki andil besar dalam mengubah arah hidupnya. Selain mendapatkan keuntungan melalui investasi, Ryo juga dapat menemukan tambatan hati di aplikasi investasi saham itu.

Pemilik akun KokoSaham (@Ray94) bergabung dengan forum sosial Stockbit pada 2015. Saat itu, ia ingin belajar saham dari pengguna lain yang punya jam terbang lebih tinggi di dunia investasi.

“Saat itu, saya menjadi pengguna Stockbit karena forum sosialnya (Stream) membuka banyak kesempatan untuk bertukar pikiran yang bermanfaat bagi pengguna baru,” kata Ryo seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Ryo belajar saham selama empat tahun. Pada 2019, ia dan investor saham Stockbit lain mendengar kabar bahwa salah satu raksasa teknologi dunia akan membangun pusat produksi di Indonesia.

Perusahaan tersebut dikabarkan bakal menggandeng salah satu perusahaan lokal sebagai mitra. Kabar itu pun memantik diskusi antara Ryo dan Novylia.

“Pergerakan dana asing (foreign inlow) lagi ‘mantul’ (mantap betul). Mungkin Ipad dan Macbook Apple akan diproduksi beneran di Indonesia melalui kerja sama antara PT Sat Nusapersada (PTSN) dan Pegatron. Whatever it is, closely watch $PTSN!” tulis Novylia, pemilik akun @novyliasaputro di forum sosial Stockbit kala itu.

Unggahan Novylia memantik diskusi di forum sosial Stockbit. Ryo pun ikut memberikan pendapatnya dengan membalas pandangan Novylia dengan analisis lebih panjang dan mendalam.

Setelah beberapa kali saling berbalas pesan di forum tersebut, Ryo mengikuti intuisinya untuk membawa percakapan dengan Novylia lebih jauh, meski pengguna Stockbit biasanya berdiskusi secara terbuka di forum.

Ryo yang mengaku baru pertama kali mengetahui perihal Novylia melalui postingan di Stream memberanikan diri mengontaknya via direct message (DM).

“Setelah pembahasan mengenai isu tersebut, saya langsung DM Novylia. Saya pun sempat ditanggapi agak dingin dan ia terlihat kurang berniat. Novylia bilang, saya terlalu serius seperti dosen,” kisahnya.

Meski demikian, Ryo tak patah arang. Lambat laun, ia mengetahui bahwa keduanya memiliki latar belakang keilmuan yang sama, yakni akuntansi. Kesamaan ini membuatnya tidak terlalu sulit untuk menemukan topik pembicaraan yang familier.

Komunikasi keduanya pun semakin intens di WhatsApp dan mereka memutuskan bertemu. Setelah itu, keduanya saling mendukung di berbagai aspek kehidupan. Hubungan keduanya kemudian dikekalkan melalui ikatan pernikahan.

Cheers to more love and cuan in the future,” tulis Ryo saat membagikan kisahnya di Stockbit Stream pada 21 Desember 2021.

Bagikan tips untuk pasangan muda

Ryo dan Novylia pun memberi pesan kepada pasangan muda, baik yang sedang belajar maupun sudah berinvestasi. Mereka mengatakan bahwa investasi saham dapat menjadi sarana untuk mewujudkan tujuan finansial.

Namun, sebelum berinvestasi saham, lanjut Ryo, sebaiknya pasangan muda menghitung dulu besaran pengeluaran. Selanjutnya, tentukan besaran persentase dari gaji yang akan diinvestasikan. Investasikan dana tersebut secara konsisten setiap gajian.

Dalam mengelola portofolio saham bersama, lanjut Ryo, sebaiknya kedua pihak berdiskusi dulu sebelum memutuskan membeli saham. Sebagai contoh, lakukan analisis bersama pasangan soal kelebihan, regulasi, serta sentimen publik terhadap perusahaan yang sedang diincar.

“Keduanya bisa saling berbagi tugas analisis saham sesuai pengetahuan yang dikuasai. Di Stockbit, ada fitur Push Notification yang saya sukai karena saya bisa mendapatkan informasi secara real-time mengenai corporate action dari emiten yang saya follow,” ujar Ryo.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.