Advertorial

Gandeng Ulama, BNPT Gaungkan Cinta Tanah Air untuk Lawan Terorisme yang Menyalahgunakan Narasi Keagamaan

Kompas.com - 19/02/2022, 11:18 WIB

KOMPAS.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) melakukan silaturahmi kebangsaan di Pesantren Sidogiri pimpinan Kiai Haji (KH) Ahmad Fuad Noerhasan dan Pesantren Ngalah Purwosari pimpinan KH Sholeh Bahruddin, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan silaturahmi tersebut merupakan bagian dari upaya pencegahan dan penanggulangan terorisme dengan konsep pentaheliks. Melalui kegiatan tersebut, BNPT melakukan penguatan kerja sama dengan tokoh masyarakat dan pemuka agama di Kabupaten Pasuruan.

Kepala BNPT Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Boy Rafli Amar MH mengatakan, pihaknya melihat peran strategis dari para pemuka agama, terutama di lembaga pendidikan keagamaan.

“Langkah ini merupakan upaya dari BNPT agar kita bersama-sama memberikan semangat kebangsaan dan rasa cinta Tanah Air kepada para santri. Pesantren tempat yang tepat dalam membangun semangat cinta Tanah Air, hubbul wathan minal iman," ujar Boy dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/2/2022).

Boy menambahkan, sejumlah kiai dan ulama terdahulu telah membantu menggelorakan semangat cinta Tanah Air dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

“Mereka mencontohkan bagaimana menjaga bangsa ini dengan membangun semangat kebangsaan. Salah satu kiai tersebut adalah KH Muhammad Hasyim Asy'ari,” jelas Boy.

Boy juga menyampaikan bahwa jaringan radikal dan terorisme telah menyalahgunakan narasi-narasi agama agar banyak orang yang bersimpati dan terjerumus.

“Oleh karena itu, masyarakat harus lebih berhati-hati agar tak terjerumus dengan tindak terorisme yang mengatasnamakan agama,” kata Boy.

Dalam menanggulangi terorisme, BNPT akan mengajak banyak pihak untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari lembaga pendidikan formal, nonformal, hingga para pemuka agama dan pesantren.

Konsep kerja sama tersebut dikenal sebagai pentaheliks penanggulangan terorisme.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com