Advertorial

Perluas Bisnis Internasional, BNI Gandeng E-Commerce Hong Kong TradeBeyond Limited

Kompas.com - 22/02/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI menggandeng platform digital e-commerce terbesar asal Hong Kong, TradeBeyond Limited. Upaya ini merupakan bagian dari strategi BNI dalam memperluas ekspansi bisnis internasional pada 2022.

Untuk diketahui, TradeBeyond Limited merupakan e-commerce yang menyediakan berbagai produk dari seluruh dunia serta menghubungkan para pembeli dari berbagai negara. Dengan kerja sama tersebut, ekspor produk-produk Indonesia diharapkan bisa meningkat.

Sebagai informasi, kerja sama tersebut ditandai dengan memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan secara virtual oleh General Manager BNI Hong Kong Endah Tjahyani dan Direktur Keuangan dan Personalia TradeBeyond Limited Amy Lam, Selasa (22/2/2022).

Penandatanganan MoU dilakukan bersamaan dengan acara webinar Diaspora Trade Talk Series – BNI Hong Kong.

Endah mengatakan, TradeBeyond adalah platform business to business (B2B) yang mempertemukan antara buyer atau importers (retailer) dari berbagai negara dengan seller atau exporters (supplier).

Saat ini, terdapat 70 jenis produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia dari 50 UMKM BNI Xpora yang telah menggunakan TradeBeyond.

“Tak hanya mempertemukan buyer dan seller dalam ekosistem digital, BNI dan TradeBeyond juga berkomitmen untuk membekali UMKM terpilih dengan kemampuan dan pengetahuan terkait digital marketing dan online platform sebagai bekal untuk UMKM dapat mnembus pasar internasional,” ujar Endah dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa.

BNI Cabang Hong Kong, lanjut Endah, akan terus berperan aktif dalam memfasilitasi Indonesia related business di Hong Kong dan memberikan layanan internasional terbaik untuk mendukung kebutuhan mitra bisnis global.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Treasury dan Internasional BNI Henry Panjaitan mengatakan bahwa perseroan berupaya proaktif untuk meningkatkan kinerja bisnis global.

Selain melaksanakan mandat pemerintah, lanjut Henry, bisnis global dinilai potensial bagi pelaku usaha korporasi serta pelaku UMKM dalam mengakselerasi bisnis.

Henry menambahkan, kerja sama strategis yang terjalin antara BNI Cabang Hong Kong dan TradeBeyond Limited merupakan salah satu wujud peran aktif BNI dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.

Melalui platform digital e-commerce tersebut, pelaku UMKM dapat memasarkan produk dan bertemu dengan buyer di luar negeri.

Henry pun berharap, e-commerce TradeBeyond Limited dapat mendorong ekspor dari pemasok Indonesia, terutama untu produk kategori seni hias dan kerajinan, seperti peralatan rumah tangga, perabotan, dan dekorasi rumah.

“Kemudian, kategori hadiah, mainan, permainan, dan peralatan medis. Industri manufaktur yang terlibat akan terhubung secara langsung ke pengecer dan pembeli luar negeri melalui portal dan aplikasi TradeBeyond,” kata Henry.

Untuk diketahui, penandatanganan kerja sama tersebut disaksikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Hong Kong Ricky Suhendar serta peserta webinar dari berbagai institusi dan komunitas dari berbagai negara, seperti Hong Kong, China, Taiwan, dan Makau.

Diaspora Trade Talk Series – BNI Hong Kong menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai bidang. Dua di antaranya adalah perwakilan Development Council (HKTDC) dan Indonesia Chambers of Commerce di Hong Kong (INACHAMHK).

Webinar tersebut membahas perkembangan perdagangan di era digital serta isu-isu terkini terkait potensi perdagangan negara anggota ASEAN, khususnya Indonesia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com