Advertorial

Asah Kemampuan Generasi Muda Jadi Podcaster, Kemenkominfo dan Siberkreasi Gandeng Spotify

Kompas.com - 23/02/2022, 17:26 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bekerja sama dengan platform layanan streaming, Spotify, untuk meluncurkan Kelas Podcast Siberkreasi 2022.

Program tersebut dirancang Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk meningkatkan keterampilan kalangan muda dalam memproduksi podcast.

Untuk diketahui, Kelas Podcast Siberkreasi telah berhasil menjangkau lebih dari 30.000 peserta dari seluruh Indonesia sejak diinisiasi pada 2020. Dengan menggandeng Spotify, kelas ini ditargetkan diikuti oleh 50.000 peserta pada 2022.

Direktur Jenderal Penerapan Informatika Kemenkominfo Semuel A Pangerapan mengatakan, dalam upaya mempercepat transformasi digital, Kemenkominfo memegang prinsip “tidak ada yang tertinggal atau tidak seorang pun akan ditinggalkan”.

Oleh karena itu, program Kelas Podcast Siberkreasi 2022 dirancang lebih tersegmentasi. Peserta akan mendapat materi yang dapat disesuaikan dengan peminatan.

“Kerja sama dengan Spotify merupakan langkah nyata Kemenkominfo dan Siberkreasi untuk membawa program Kelas Podcast Siberkreasi 2022 menjangkau lebih banyak anak muda di Indonesia,” ujar Samuel dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

Samuel menambahkan, Spotify telah membawa kemajuan dalam bidang podcasting. Terbukti, terdapat lebih dari 3,2 juta katalog podcast yang telah dikembangkan Spotify secara global.

Konten podcast yang disuguhkan Spotify pun menampilkan beragam genre, mulai dari pendidikan, komedi, pengembangan diri, horor, hingga kesehatan.

“Spotify juga telah bekerja sama dengan sejumlah kreator konten podcast kenamaan, seperti Podkesmas Asia Network dan Rintik Sendu. Karya-karya mereka yang diunggah dalam Spotify Original diklaim telah membawa perubahan serta mendorong kreator-kreator lain untuk turut berkarya,” terang Samuel.

Sebagai informasi, layanan streaming musik Spotify di Indonesia memiliki lebih dari 25 podcast eksklusif dan 13 podcast orisinal. Dengan melibatkan Spotify dalam Kelas Podcast Siberkreasi 2022, peserta dapat memetik ilmu terkait podcast.

Pada kesempatan yang sama, Head of Studio Spotify Southeast Asia Carl Zuzarte menjelaskan, podcast merupakan medium unik. Pasalnya, medium ini memungkinkan masyarakat untuk mempersonalisasi kreativitas mereka.

Lewat podcast, setiap orang dapat menyampaikan pendapat ataupun bercerita dengan gaya masing-masing. Terlebih, konten yang dibuat dapat disimak serta dinikmati oleh ribuan, bahkan jutaan orang.

“Kami secara aktif bekerja sama dengan kreator konten di Indonesia untuk membangun program eksklusif dan orisinal sejak 2019. Kami akan terus mencari lebih banyak cara untuk mendukung dan membangun komunitas podcast di Indonesia,” kata Carl.

Carl pun mengaku antusias dapat bekerja sama dengan Kemenkominfo dan Siberkreasi dalam membantu ribuan calon podcasters untuk mengasah kreativitas dan memaksimalkan medium Spotify.

Tips dan trik kelas podcast

Peserta yang mengikuti Kelas Podcast Siberkreasi 2022 akan mendapat tips dan trik tentang cara pembuatan saluran podcast yang sesuai dengan minat masing-masing, mulai dari mengidentifikasi sasaran dan ceruk pendengarnya, mengatur transkrip, memanfaatkan media sosial untuk promosi, pengembangan podcast, hingga pelatihan suara.

Selain itu, peserta juga akan mendapat materi podcast dan ide konten untuk mulai berkarya. Bahkan, peserta akan memperoleh informasi dari Spotify tentang cara terbaik untuk memanfaatkan Anchor, perangkat secara gratis dari Spotify dalam membuat dan mendistribusikan podcast.

Adapun pelatihan sesi pertama Kelas Podcast Siberkreasi 2022 berjudul “Suara dari Perempuan untuk Perempuan” akan digelar pada Sabtu (26/2/2022). Sesi ini akan dipandu presenter televisi (TV) dan radio Natalie Indry.

Kemenkominfo menghadirkan sejumlah narasumber dari berbagai latar belakang, yakni kepala penyiaran kelas broadcasting Indonesia (Voice Coaching) Bintang Cahaya dan mantan jurnalis Ida Umamah.

Selain itu, ada pula sesi pelatihan yang diberikan oleh pakar dari berbagai bidang, mulai dari olahraga, keagamaan, hingga kelompok disabilitas.

Sebagai pembuka Kelas Podcast Siberkreasi 2022, Kemenkominfo dan Siberkreasi menggelar webinar bertajuk “Gelombang Baru Siniar Generasi ‘Halu’?”, Rabu (16/2/2022).

Webinar tersebut dibuka oleh Koordinator Program Digital Literasi Kemenkominfo Rizki Ameliah serta difasilitasi inisiator BKR Brothers Bobby Mandela, podcasterlittle talks Vania Winola, dan podcasterKita dan Waktu Halo Bagas.

Melalui rangkaian Kelas Podcast Siberkreasi 2022, talenta digital di Indonesia diharapkan mampu menciptakan konten podcast yang menarik, positif, dan berdampak bagi masyarakat Indonesia.

Untuk mengikuti Kelas Podcast Siberkreasi 2022 bersama Spotify, Anda dapat mendaftarkan diri melalui s.id/siniarperempuan.

Informasi lebih lanjut mengenai beragam kegiatan literasi digital, kunjungi info.literasidigital.id atau media sosial (medsos) Siberkreasi (@siberkreasi). 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com