Advertorial

Hadapi Budaya Kerja di Era Industri 4.0, Kemendagri Gelar Internalisasi ASN BerAKHLAK

Kompas.com - 23/02/2022, 17:52 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan penguatan budaya kerja aparatur sipil negara (ASN) lewat acara bertajuk "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0".

Kegiatan berlangsung secara hibrida, yakni luring berlokasi di Hotel Bidakara Pancoran Jakarta dan disiarkan lewat Zoom, Rabu (23/2/2022).

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan implementasi roadmap budaya kerja Kemendagri untuk melakukan internalisasi nilai-nilai BerAKHLAK.

Perlu diketahui, BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Ini merupakan prinsip dari budaya kerja yang dibangun untuk ASN, baik di lingkungan Kemendagri maupun Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) untuk menyongsong era industri 4.0.

“Setiap bulannya, Kemendagri juga akan menggelar kegiatan internalisasi nilai BerAKHLAK kepada seluruh ASN Kemendagri yang dibagi dalam 12 angkatan,” ujar Suhajar dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Tak hanya itu, Suhajar menjelaskan bahwa Kemendagri juga akan menyelenggarakan workshop kepada 35 orang perwakilan seluruh unit kerja untuk merumuskan contoh perilaku Kemendagri yang merupakan turunan dari tiap nilai-nilai BerAKHLAK.

Upaya lain untuk menyosialisasikan budaya kerja BerAKHLAK juga dilakukan lewat kegiatan yang melibatkan eselon I berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri beberapa waktu lalu.

Lalu, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri juga telah menggelar seminar untuk menumbuhkan karakter kebangsaan yang unggul dan menanamkan nilai-nilai BerAKHLAK.

"IPDN (juga) telah melakukan penguatan mental dan spiritual jati diri dan pamong praja BerAKHLAK dengan dihadiri seluruh praja lebih kurang 6.000 peserta," tambah Suhajar.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.Dok Humas Kemendagri Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.

Ia mengaku, Kemendagri telah melakukan pemetaan budaya kerja BerAKHLAK terhadap 4.935 ASN sejak Jumat (4/2/2022) hingga hingga Jumat (18/2/2022) melalui survei yang diselenggarakan virtual.

Hingga batas akhir pengisian survei, jumlah responden yang telah mengisi berjumlah 3.338 ASN.

Sebagai informasi, gelaran "Kemendagri BerAKHLAK: Transformasi Budaya Kerja di Era 4.0" menghadirkan dua narasumber, yakni Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Alex Denni, serta Pendiri ESQ Leadership Center Ary Ginanjar Agustian.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian juga hadir sebagai pembicara kunci.

Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 12.000 orang. Mereka terdiri dari para ASN Kemendagri, BNPP, termasuk pemerintah daerah.

Bersamaan dengan acara itu, dilakukan juga penandatanganan komitmen para eselon I Kemendagri dan BNPP terkait internalisasi BerAKHLAK pada setiap komponen oleh Mendagri.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.