Advertorial

Dorong Inklusi Keuangan Digital, Total Pengguna DANA Capai 100 Juta

Kompas.com - 25/02/2022, 15:41 WIB

KOMPAS.com – Layanan dompet digital DANA berhasil mencatatkan 100 juta pengguna dari seluruh Indonesia sepanjang 2021. Angka tersebut tumbuh 90 persen dan menjadi milestone bagi DANA sejak resmi diluncurkan pada 2018.

Capaian kinerja positif tersebut merefleksikan upaya dan komitmen DANA dalam mendorong inklusi keuangan digital melalui transaksi digital yang aman, mudah, dan nyaman.

CEO dan Co-Founder DANA Vince Iswara mengatakan, capaian 100 juta pengguna menandakan penerimaan masyarakat terhadap teknologi keuangan dan dompet digital semakin besar. Dompet digital bisa digunakan sebagai solusi pemenuhan kebutuhan sehari-hari, mulai dari hiburan hingga investasi jangka panjang.

 “Keberhasilan tersebut menjadi indikator positif untuk membentuk masyarakat yang makin melek ekonomi digital. Dengan begitu, perekonomian nasional semakin berakselerasi,” ujar Vince dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis Kamis (24/2/2022).

Sebagai jembatan ekosistem ekonomi digital, lanjut Vince, DANA berkomitmen mengakomodasi kebutuhan masyarakat. DANA juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mewujudkan keinginannya.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai inovasi, pembaruan fitur, serta kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pelaku industri hingga pemerintah daerah (pemda).

Pada awal 2022, misalnya, DANA menggandeng Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), untuk membantu digitalisasi dan pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

DANA pun merangkul sejumlah mitra, di antaranya Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek), Secure Parking, serta WeTV.

“DANA juga memperluas kemitraan strategis guna mengembangkan fitur-fitur andal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari kebutuhan finansial hingga hiburan,” terang Vince.

Dukung UMKM

Vince menjelaskan, di balik pencapaian 100 juta pengguna, manfaat keberadaan DANA telah dirasakan oleh masyarakat sepanjang 2021.

Berdasarkan catatan pihaknya, jumlah rata-rata transaksi melalui dompet digital DANA mencapai tujuh juta per hari. Transaksi tersebut tersebar di seluruh Indonesia untuk beragam pemenuhan kebutuhan, aktivitas, dan hiburan.

Selain itu, lanjut Vince, pengguna DANA juga semakin familier menggunakan fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui dompet digital DANA. Tercatat, lebih dari 31 juta transaksi menggunakan QRIS pada 2021.

DANA juga menggerakkan lebih dari 400.000 UMKM untuk berbisnis secara digital.

“Dengan memanfaatkan DANA Bisnis, pelaku UMKM dapat menikmati lonjakan transaksi hingga 35 persen dan terjadi 15 juta transaksi DANA Bisnis melalui QRIS. Berkat verifikasi yang mudah, mereka semakin percaya diri berbisnis secara digital,” kata Vince.

Untuk memungkinkan pelaku usaha memasarkan produk usahanya secara digital, DANA juga menghadirkan fitur Katalog Produk. Dengan fitur ini, pelaku usaha dapat membagikan katalog produk ke calon pembeli.

Vince menambahkan, manfaat fitur Katalog Produk sudah dirasakan oleh pelaku usaha. Sepanjang 2021, pelaku usaha telah membagikan 5.000 katalog produk melalui fitur tersebut.

“Berkat ekosistem terbuka serta online QR, DANA berhasil menghimpun merchant online. Secara keseluruhan, terdapat 5.000 mitra yang bergabung bersama DANA,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Vince, DANA juga mengintegrasikan berbagai dompet digital untuk memudahkan mitra merchant dan pengguna dalam menerima pembayaran.

Sementara, dari sisi kemudahan bagi pengguna, DANA menghadirkan kolom “Favorit” pada fitur Kirim Uang untuk mempercepat pengiriman uang.

Hingga akhir 2021, tercatat lebih dari 350 juta transaksi dengan menggunakan fitur Kirim Uang DANA. Rerata transaksi dengan dompet digital DANA mencapai 30 juta per bulan.

Dari sisi keamanan, imbuh Vince, transaksi digital juga semakin terjamin dengan keberadaan fitur DANA Protection. Total lebih dari 21 juta transaksi berhasil diproses dan dilindungi dengan DANA Protection pada 2021.

“Tak hanya itu, DANA juga mengedukasi pelaku usaha dan komunitas di berbagai daerah secara berkelanjutan. Hal ini diwujudkan melalui sejumlah inisiatif, seperti DANA Academy dan DANA Talk,” jelasnya.

Untuk diketahui, DANA telah mengedukasi lebih dari 1.200 pelaku usaha dan komunitas terkait keuangan digital. Mereka kini merasakan kemudahan bertransaksi menggunakan dompet digital DANA.

“Dengan demikian, manfaat dompet digital dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat sehingga berkontribusi terhadap percepatan inklusi keuangan digital di Tanah Air,” terang Vince.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.