Advertorial

Lantik ASN, Bupati Kediri Dorong Kinerja dalam Percepatan Pembangunan

Kompas.com - 26/02/2022, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono mendorong aparatur sipil negara (ASN) meningkatkan kinerja dengan lebih optimal.

Hal itu disampaikannya saat melantik ASN secara virtual di Ruang Joyoboyo, Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, Jumat (25/2/2022).

Ia mengatakan, selain melakukan langkah cepat, ASN juga dituntut menjunjung tinggi nilai keadilan (fairness).

“Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri membutuhkan orang yang mau bekerja keras, meningkatkan kapabilitas, kompetensi, disiplin, serta bertanggung jawab,” ujar Hanindhito dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/2/2022).

Hanindhito menjelaskan, mulai 2022, Pemkab Kediri menerapkan Panjalu Jayati Corporate University (Panji Corpu) dalam menilai kinerja pegawai. Dengan begitu, kompensasi yang didapatkan setiap pegawai berbeda sesuai dengan prestasi yang dicapai.

Hal itu diwujudkan seiring percepatan pembangunan yang akan dilakukan Pemkab Kediri pada tahun mendatang. Oleh karena itu, seluruh pegawai dituntut bekerja cepat sejalan dengan beroperasinya Bandara Kediri pada Juni 2023.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono melantik 670 ASN baru yang terdiri dari 669 formasi umum dan 1 alumni IPDN. Dok. Humas Pemkab Kediri Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono melantik 670 ASN baru yang terdiri dari 669 formasi umum dan 1 alumni IPDN.

Pihaknya meminta empat penilaian dalam Panji Corpu diterapkan sebagaimana mestinya. Empat penilaian yang dimaksud adalah kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin.

“Jika empat penilaian tersebut sudah terpenuhi, ASN akan mendapatkan kompensasi,” terangnya.

Adapun ASN yang baru dilantik sebelumnya telah menjalani masa orientasi selama satu tahun serta mendapat pelatihan dasar (Latsar) sesuai formasi.

Sebagai informasi, Hanindhito melantik 670 ASN baru yang terdiri dari 669 formasi umum dan 1 alumni IPDN.

Hanindhito berharap, ASN baru dapat menjadi bagian penting perubahan di Kabupaten Kediri yang jadi lebih baik.

“Saya berharap, panjenengan semua bisa menjadi bagian dalam perubahan Kabupaten Kediri,” kata Hanindhito

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kediri Mohammad Solikin mengatakan penilaian Panji Corpu mulai dari kualifikasi ini mutlak dimiliki ASN.

“Kualifikasi tersebut berarti tingkat pendidikan, kompetensi, kemampuan manajerial teknis yang sesuai kultural, serta kinerja. Dengan demikian, ASN harus melakukan perbaikan-perbaikan dengan menerapkan nilai kedisiplinan,” jelasnya.

Jika hal tersebut terpenuhi, lanjut Solikin, ASN mampu memenuhi target yang telah ditentukan. Dengan begitu, pembangunan di Kabupaten Kediri semakin berakselerasi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.