Advertorial

Siapkan SDM Berkualitas untuk Transisi Energi, BPSDM ESDM Jalin Kerja Sama dengan Forum Rektor Indonesia

Kompas.com - 11/03/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkomitmen untuk memperhatikan pengembangan sumber daya manusia (SDM), khususnya di sektor ESDM.

Hal itu dilakukan untuk mempercepat proses transisi energi pada Presidensi Indonesia dalam forum G20 yang berlangsung sepanjang 2022.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, BPSDM Kementerian ESDM menjalin kerja sama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI).

Kerja sama itu diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman Pengembangan SDM Sektor ESDM oleh Kepala BPSDM ESDM Prahoro Yulianto Nurtjahyo dan Ketua FRI Panut Mulyono secara daring pada Jumat (11/3/2022).

“Kementerian ESDM adalah lembaga pemerintah yang sarat dengan teknologi dan perlu dukungan dari universitas,” tutur Prahoro dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Ia menambahkan, Kementerian ESDM harus menyiapkan perencanaan yang matang terkait penyediaan dan pengembangan kompetensi SDM di sektor ESDM.

Di sisi lain, Panut Mulyono menyatakan bahwa pihaknya mempunyai kekuatan, sumber daya, dan keahlian untuk berkontribusi pada transisi dari energi fosil ke energi baru dan terbarukan (EBT).

“Saya berharap, kerja sama ini dapat dilanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang nyata dalam pengembangan SDM dan percepatan transisi energi,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Untuk itu, lanjutnya, SDM di sektor ESDM harus dipersiapkan dengan baik dari sekarang.

“Persiapan SDM untuk sektor ESDM sangat penting,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dadan mengatakan, pemerintah perlu berkolaborasi dengan berbagai stakeholders, seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, dan universitas, dalam upaya pencapaian target transisi energi.

 

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.