Advertorial

Semarakkan MotoGP Mandalika, Pertamina Hadirkan Gerai Merchandise Resmi

Kompas.com - 19/03/2022, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Pagelaran balapan MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 siap digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ajang balap motor terbesar di dunia ini juga dinanti para pembalap yang tak sabar ingin menggilas arena Pertamina Mandalika International Street Circuit dari Jumat (18/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

Sebagai sponsor utama, PT Pertamina (Persero) turut melakukan berbagai persiapan jelang balapan. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menghadirkan beberapa gerai merchandise resmi untuk menyemarakkan perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Kehadiran gerai merchandise itu diketahui mendapat respon positif dari masyarakat. Hal ini dibuktikan dari penjualan merchandise Pertamina Grand Prix of Indonesia di Bandara Internasional Lombok yang ludes terjual pada Jumat (18/3/2022) sekitar pukul 11.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Antusias pembeli merchandise sendiri didominasi oleh para penumpang pesawat yang baru saja mendarat di Lombok. Adapun merchandise yang dibeli berupa kaus dengan gambar Pertamina Mandalika International Circuit.

"Pertamina berupaya maksimal untuk memberikan suasana kegembiraan dan keseruan dalam perhelatan MotoGP yang baru kembali dilaksanakan di Indonesia sejak 25 tahun lalu ini," kata Vice President (VP) Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/3/2022).

Selain Bandara Internasional Lombok, lanjut dia, Pertamina juga membuka gerai merchandise resmi khusus Pertamina Grand Prix of Indonesia di sekitar kawasan sirkuit.

Tak hanya merchandise, perusahaan pertambangan minyak dan gas bumi negara itu juga menyajikan informasi terkait dengan produk-produk Pertamina, seperti Pertamax Turbo, pelumas Enduro dan aplikasi MyPertamina.

Bahkan, Pertamina menyediakan pula gerai Bright Store untuk memenuhi berbagai kebutuhan harian dan pernak-pernik dalam event MotoGP 2022.

Kolaborasi dengan 50 seniman

Selain kebutuhan harian dan merchandise, Pertamina juga menghadirkan mural di lorong jalan sisi utara dan selatan area Sirkuit Internasional Mandalika.

Pembuatan mural itu merupakan hasil kolaborasi Pertamina dengan 50 seniman, baik dari NTB maupun kota lain di Indonesia yang dikerjakan selama 14 hari sebelum perhelatan MotoGP.

Para seniman mural tersebut tergabung dalam komunitas graffiti terbesar di Asia, yaitu Gardu House, Darbotz dan Stereoflow.

"Kami ingin membangun nuansa yang meriah di sirkuit. Ini juga sebagai bentuk dukungan dan kolaborasi dengan seniman, baik lokal maupun dari kota lainnya di Indonesia di perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia," ujar Fajriyah.

Sementara itu, para pembalap mulai dari kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP diketahui sudah melakukan free practice atau latihan bebas di Sirkuit Mandalika pada Jumat.

Suasana hiruk pikuk pun sudah mulai terlihat pada event tersebut, termasuk masyarakat yang sudah banyak melakukan penukaran tiket untuk menyaksikan balapan pada Sabtu (19/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022).

Pertamina sendiri merupakan sponsor utama dalam ajang MotoGP 2022. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung Instruksi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) pada pengembangan lima destinasi pariwisata super prioritas.

"Pertamina juga bersinergi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang merupakan sesama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung pengembangan Sirkuit Internasional Mandalika," kata Fajriyah.

Untuk diketahui, perusahaan milik BUMN itu tak hanya terlibat dalam penyelenggaraan event Pertamina Grand Prix of Indonesia dan penetapan nama sirkuit menjadi “Pertamina International Street Circuit”.

Sebelumnya, Pertamina juga telah menyalurkan bantuan modal bergulir kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan Mandalika. Bantuan ini bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berkelanjutan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.