Advertorial

5 Jajanan SD yang Bisa Bawa Kamu Bernostalgia ke Masa Sekolah

Kompas.com - 24/03/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com – Masa sekolah merupakan masa paling menyenangkan bagi sebagian besar orang. Salah satu hal yang membuat masa sekolah sulit dilupakan adalah berbagai camilan khas yang dijajakan di sekitar sekolah.

Tak jarang, berbagai makanan tersebut kerap memberi kenangan tersendiri. Terlebih, bagi mereka yang berasal dari generasi 1990-an dan sudah beranjak dewasa. 

Sampai-sampai, camilan khas itu disebut “jajanan SD” oleh generasi 1990 karena saking melekatnya di kenangan.

Sayangnya, bernostalgia dengan camilan tersebut cukup sulit di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat segala aktivitas di area sekolah harus dihentikan sementara.

Meski begitu, kamu bisa melakukan cara lain untuk bernostalgia dengan segala jenis camilan sekolah, yakni dengan membuatnya di rumah.

Cara tersebut bisa dibilang lebih baik karena kamu dapat leluasa memilih bahan yang sesuai dengan selera. Terlebih, semua bahan pembuatan camilan tersedia di GrabMart, lho!

Selain menawarkan berbagai pilihan barang yang lengkap, GrabMart juga menjanjikan kecepatan pengantaran, yakni hanya dalam satu jam. Kamu cukup memesan dan menunggu bahan-bahan masakan di rumah karena di GrabMart #PercayaSejamSampai.

Saat ini, GrabMart juga tengah mengadakan promo diskon HEMART dan HEMARTOVO yang berlaku hingga 31 Maret 2022.

Lewat promo tersebut, kamu akan mendapatkan diskon sebesar 20 persen dengan potongan harga maksimal Rp 25.000 ketika menggunakan kode promo HEMART.

Potongan tersebut berlaku untuk belanja minimal Rp 100.000 dan dapat digunakan satu kali per minggu.

Sebagai inspirasi, berikut Kompas.com rekomendasikan berbagai jajanan masa sekolah.

  1. Telur gulung

Telur Gulung adalah salah satu jajanan favorit anak sekolah pada era 1990-an yang masih populer sampai saat ini. Camilan ini memiliki tekstur yang ringan, lembut, dan sedikit garing.

Selain di sekolah, camilan itu juga umum ditemukan di kawasan universitas.

Buat yang ingin bernostalgia dengan telur gulung, kamu bisa membuat telur gulung sesuai selera dengan tingkat kepadatan yang kamu inginkan.

Meski begitu, kamu mesti memiliki keterampilan tersendiri, terutama dalam membuat gulungan yang sempurna.

Adapun bahan yang dibutuhkan adalah telur, tepung maizena, kaldu ayam, dan minyak goreng. Semua bahan ini dapat kamu beli dengan cepat di toko mitra GrabMart.

  1. Mi lidi

Mi lidi merupakan salah satu camilan sekolah favorit hampir semua orang. Sesuai dengan namanya, mi pada camilan ini menyerupai lidi dengan tangkai tipis yang mudah patah.

Mi lidi memiliki berbagai macam jenis rasa, mulai dari asin, spageti, hingga pedas. Untuk rasa pedas, biasanya mi jenis ini hadir dalam berbagai tingkat kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Ilustrasi mi lidi. Dok. Shutterstock/Pencipta Tren Ilustrasi mi lidi.

Seperti diketahui, kunci dari rasa mi lidi adalah bumbu yang ada pada seluruh bagian makanan tersebut.

Bagi yang ingin membuatnya di rumah, kamu bisa bereksperimen dengan memberikan berbagai pilihan bumbu yang ada di GrabMart.

Selain camilan ringan, mi lidi juga bisa disulap menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti seblak dan kremesan.

  1. Cireng

Aci goreng atau cireng adalah camilan gurih dengan tekstur renyah dan kenyal. Cireng merupakan jajanan khas Sunda sejak 1980-an.

Saat ini, cireng mengalami perkembangan, baik rasa maupun tampilan, agar lebih menarik perhatian khalayak muda.

Kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis inovasi olahan cireng, seperti cireng isi keju dan cireng isi ayam peda di berbagai supermarket.

Ilustrasi cireng. Dok. Shutterstock/Naik Daun Ilustrasi cireng.

Selain cireng, terdapat beberapa jenis camilan lain yang juga berbahan dasar aci, seperti cilok dan cimol.

Kamu bisa memasak berbagai jenis olahan aci tersebut dengan memercayakan pembelian bahan baku di GrabMart.

  1. Martabak mi

Mi instan adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Makanan tersebut pun kerap “dimodifikasi” agar tampilannya menarik dan rasanya makin enak. Salah satunya adalah martabak mi.

Ilustrasi martabak mi. Dok Shutterstock/Perdana Ilustrasi martabak mi.

Untuk diketahui, martabak mi mulai kembali digemari masyarakat karena kerap muncul di berbagai media sosial. Bahkan, camilan ini diolah dengan berbagai bahan tambahan, seperti susu, mentega, dan keju, agar semakin menggugah selera.

Cara membuat martabak mi pun cukup mudah. Kamu hanya memerlukan dua bahan utama, yaitu mi instan dan telur.

Kemudian, campur mi yang telah direbus dengan telur. Lalu, masukan bumbu mi instan ke dalam campuran tersebut dan kocok hingga merata.

Setelah itu, goreng campuran mi dan telur tersebut. Untuk perpaduan yang lebih menarik, kamu bisa mencoba membuat martabak mi dengan menggunakan mi Korea atau Jepang yang bisa ditemukan di GrabMart. Kamu bisa pula menambahkan topping sosis, daun bawang, dan keju quick melt agar semakin nikmat disantap.

  1. Es krim roti

Sesuai namanya, es krim roti merupakan perpaduan dari roti tawar yang lembut dengan es krim.

Es krim rasa cokelat, vanila, serta rasa lain berbalut roti tawar lembut memberikan sensasi manis dan segar saat digigit. Tak heran, camilan ini memiliki tempat tersendiri di hati generasi 1990-an.

Ilustrasi es krim roti. Dok. Shutterstock/Pencipta Tren Ilustrasi es krim roti.

Sebagai informasi, es krim roti tak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Singapura dan Malaysia.

Bagi yang ingin membuat es krim roti, kamu bisa langsung memesan es krim dan roti melalui GrabMart untuk membuat es krim roti favorit.

Kamu tak perlu khawatir es tersebut akan meleleh di jalan karena mitra Grab akan segera mengantarkan pesananmu.

Untuk rasa, kamu bisa memilih rasa klasik seperti es krim neapolitan dengan tiga rasa, yakni vanila, cokelat, dan stroberi. Bagi yang ingin lebih kekinian, kamu juga bisa memilih es krim dengan berbagai rasa buah atau kopi.

Itulah lima rekomendasi camilan yang bisa kamu buat di rumah untuk bernostalgia. Seperti telah disebutkan, semua bahan untuk membuat lima jajanan tersebut bisa kamu temukan dengan mudah di GrabMart.

Semuanya bisa dikirimkan dalam waktu satu jam. Cukup #PercayaSejamSampai dan barang pesananmu akan tiba di depan mata.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com