Advertorial

Menginap di Desa Siman, Bupati Kediri Berbaur Bersama Warga dan Sambangi Pos Kamling

Kompas.com - 24/03/2022, 17:30 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan melakukan kunjungan ke Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim), Rabu (23/3/2022).

Pada kunjungannya tersebut, Bupati yang akrab disapa Mas Dhito tersebut memutuskan untuk menginap di salah satu rumah warga, yakni Suprapto yang merupakan seorang petani di Dusun Sukabumi.

Adapun keinginan Mas Dhito menginap di rumah warga itu telah direncanakan saat rapat persiapan Hari Jadi Kabupaten Kediri pada pertengahan Maret 2022.

Keinginan itu pun disambut dengan baik oleh Suprapto dan keluarganya.

Bahkan, petani berusia 83 tahun itu akan tetap mempersilakan Mas Dhito bila hendak menginap selama satu bulan di rumahnya.

Mendapat sambutan tersebut, Mas Dhito merasa sangat senang. Terlebih, tinggal di perkampungan dan berbaur santai bersama warga membuatnya kembali mengenang masa kuliah.

Mas Dhito saar membereskan perlengkapannya di tempatnya menginap di rumah warga.Dok. Pemkab Kediri Mas Dhito saar membereskan perlengkapannya di tempatnya menginap di rumah warga.

"Terakhir kali menginap di rumah warga itu sekitar 2014. Waktu itu sedang kuliah kerja nyata (KKN),” ujar Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (24/3/2020).

Kesempatan menginap semalam di Desa Siman tidak disia-siakan Mas Dhito. Ia menggunakan kesempatan tersebut untuk mengobrol dan menyerap aspirasi warga.

Bahkan, ketika berjalan-jalan santai, Mas Dhito tak segan untuk menghampiri dan menyalami warga yang terlihat di depan rumah.

Saat waktu makan malam, Mas Dhito pun lebih memilih menyantap nasi jagung, sayur pepaya, ikan asin, dan kerupuk sebagai lauknya.

Tak lupa, dia juga mengajak serta warga yang ada di sana untuk makan bersama. Meski sederhana, bagi Mas Dhito, nasi jagung adalah menu yang sangat spesial.

Setelah makan malam, Mas Dhito melanjutkan aktivitasnya dengan menyapa warga di sekitar rumah Suprapto.

Mas Dhito yang berkeliling desa dengan dibonceng motor hingga tengah malam itu juga tak lupa untuk menyapa warga yang berjaga di pos kamling desa setempat.

"Memang sedikit capek, tapi menyenangkan. Bolehlah satu bulan sekali menginap di rumah warga seperti ini," ucap Mas Dhito.

Sepulang dari berkeliling Desa Siman, ia tak langsung beristirahat. Pasalnya, masih terdapat warga yang berkumpul di teras Suprapto.

Mas Dhito di rumah warga Desa Siman.Dok. Pemkab Kediri Mas Dhito di rumah warga Desa Siman.

Oleh karena itu, Mas Dhito pun ikut mengobrol santai mengenai Dusun Sukabumi, termasuk rencananya mengikuti prosesi napak tilas jejak-jejak Prasasti Harinjing yang baru ditemukan di wilayah dusun tersebut.

Sebagai informasi, selain menginap, Bupati Kediri tersebut juga mengikuti prosesi Niti Sowan Harinjing yang dilakukan pada Kamis pagi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.