Advertorial

Fresh Graduate Juga bisa Pakai Paylater, Begini 3 Cara Mudah Dapatkan Tokopedia Paylater

Kompas.com - 25/03/2022, 18:48 WIB

KOMPAS.com – Sebagian besar fresh graduate atau lulusan universitas yang baru saja bekerja dan mencicipi gaji pertama umumnya kesulitan untuk mendapatkan fasilitas kartu kredit dari perbankan.

Pasalnya, mereka dinilai belum memiliki riwayat keuangan yang mencukupi untuk mendapat persetujuan pengajuan kartu kredit.

Meski begitu, metode pembayaran dengan cara mencicil kini bisa didapatkan tanpa menggunakan kartu kredit. Mereka bisa menggunakan fasilitas paylater yang kini tengah menjadi tren di masyarakat.

Sistem pembayaran tersebut bisa menjadi salah satu alternatif bagi para fresh graduate untuk mendapatkan pengalaman kredit. Adapun syarat pengajuan paylater dinilai lebih mudah dibandingkan kartu kredit.

Layanan paylater pun banyak ditawarkan sejumlah perusahaan, mulai dari financial technology, e-wallet, hingga e-commerce kenamaan. Salah satunya, Tokopedia.

Seperti diketahui, Tokopedia adalah toko daring yang menyediakan beragam barang, mulai dari kebutuhan sehari-hari, gadget, make-up, alat elektronik, hingga otomotif. Tokopedia pun menawarkan fitur paylater dengan menggandeng Kredivo sebagai mitra bisnis.

Tertarik menggunakan paylater? Berikut Kompas.com rangkumkan tiga cara mendapatkan Tokopedia paylater dari Kredivo.

  1. Daftar akun paylater Kredivo

Sebagai salah satu pionir paylater, Kredivo telah bekerja sama dengan Tokopedia sejak 2017. Kredivo pun telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk mengajukan Tokopedia paylater dengan menggunakan Kredivo, ada sejumlah syarat dan ketentuan yang harus diketahui.

Pertama, calon pengguna merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 18-60 tahun. Kedua, punya penghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan.

Ketiga, berdomisili di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Selain itu, berdomisili di Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, dan Cirebon.

Kemudian, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

Jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan di atas, langsung saja download aplikasi Kredivo di Apps Store atau Play Store. Jika belum memenuhi persyaratan tersebut, kamu dipastikan tidak bisa mendapatkan layanan paylater dari Kredivo.

  1. Upgrade ke akun premium Kredivo

Cara berikutnya adalah upgrade akun Kredivo ke akun premium agar bisa merasakan seluruh layanan yang #Sefleksibelitu.

Caranya, klik tombol “Upgrade Premium” di aplikasi Kredivo. Kemudian, siapkan dokumen yang dipersyaratkan, seperti kartu tanda penduduk (KTP), nomor pokok wajib pajak (NPWP), serta bukti tempat tinggal.

Adapun keterangan domisili tempat tinggal bisa dilakukan dengan menghubungkan ke salah satu akun e-commerce milikmu.

Jika tak ada kendala terkait urusan dokumen, dalam kurun waktu 1x24 jam kamu sudah bisa menikmati seluruh layanan Kredivo, seperti kredit online bunga 0 persen untuk paylater 30 hari, tenor pembayaran tiga bulan, serta cicilan bunga rendah sebesar 2,6 persen per bulan untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mencairkan limit pinjaman melalui fitur “Pinjaman Tunai”. Fitur ini memiliki tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan dengan bunga ringan sebesar 2,6 persen per bulan.

Selain di Tokopedia, kamu juga bisa menggunakan paylater Kredivo sejumlah e-commerce, yaitu JD.ID, Lazada, Blibli, Bukalapak, IKEA, iBox, Digimap, serta ribuan merchant online dan offline yang sudah bekerja sama dengan Kredivo.

Bagaimana? #Sefleksibelitu kan, Kredivo?

  1. Langsung bisa transaksi

Setelah memiliki akun Kredivo, kamu bisa langsung bertransaksi di Tokopedia dan menjadikan Kredivo sebagai pembayaran Tokopedia paylater. Kamu bisa menggunakan layanan ini di aplikasi Tokopedia ataupun website Tokopedia.

Pilih barang yang ingin kamu beli. Kemudian, masuk ke halaman pembayaran dan pilih Kredivo sebagai metode pembayaran. Berikutnya, pilih metode cicilan yang diinginkan.

Jangan lupa pula untuk melihat promo yang tersedia sebelum menyelesaikan pembayaran. Pasalnya, Kredivo memiliki promo bulanan yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia.

Caranya mudah, kamu dapat mengecek promo di kolom “Voucher Belanja Hemat” sebelum menyelesaikan pembayaran dengan Kredivo.

Meski #Sefleksibelitu, kamu juga harus bijaksana dalam menggunakan paylater.

Bagi kamu para fresh graduate, pengalaman kredit pertama bisa digunakan untuk membeli barang yang bersifat konsumtif, seperti membeli sepatu idaman atau ganti handphone (HP) model terbaru.

Memang, sah-sah saja kamu menggunakan Kredivo sebagai Tokopedia paylater untuk membeli barang impian. Namun demikian, gunakan paylater sesuai dengan kondisi serta kemampuan finansial.

Terlebih, untuk fresh graduates dengan penghasilan yang belum besar, penggunaan paylater sebaiknya dilakukan untuk kebutuhan yang penting dan darurat saja.

Nah, itulah tiga cara mudah mendapatkan Tokopedia paylater dari Kredivo. Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan berikut.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.