Advertorial

Gelar Tarhib Ramadhan, Human Initiative Ajak Masyarakat Saling Berbagi untuk Raih Keberkahan

Kompas.com - 27/03/2022, 19:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut bulan suci Ramadhan, organisasi kemanusiaan yang berfokus pada peningkatan kemandirian masyarakat, Human Initiative, menggelar tarhib Ramadhan bertajuk “Kejar Pahala Ramadan: Bulan Kita Berbagi 1443 Hijriyah” pada Minggu (27/3/2022).

Acara yang digelar di MTH 27 Office Suites, Tebet, Jakarta Selatan, tersebut menjadi agenda pembuka rangkaian program Kejar Pahala Ramadan: Bulan Kita Berbagi 1443 Hijriyah milik Human Initiative.

Melalui program tersebut, Human Initiative ingin menumbuhkan semangat meraih keberkahan Ramadhan serta mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan.

Presiden Human Initiative Tomy Hendrajati menyampaikan, Ramadhan merupakan kesempatan yang baik bagi umat Islam untuk meraih keberkahan dengan saling berbagi dan membantu mereka yang membutuhkan.

Menurut penelitian lembaga filantropi di Inggris, Charities Aid Foundation (CAF) pada 2021, lanjut Tomy, Indonesia disebut sebagai negara dengan penduduk paling murah hati (generous) nomor satu di dunia.

“(Oleh karena itu), Human Initiative menjadikan momen Ramadhan sebagai salah satu upaya untuk menggalang kolaborasi dengan semua pihak (dan) bergandeng tangan membantu mereka yang membutuhkan, apalagi di situasi pandemi seperti sekarang,” kata Tomy dalam konferensi pers yang dihadiri Kompas.com.

Adapun tarhib Ramadhan dari Human Initiative dibuka dengan kegiatan olahraga “Gowes to Ramadan”. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari komunitas pesepeda Bike To Work (B2W) Indonesia serta komunitas mobil White Car Indonesia Regional Betawi dan Jakarta All Car Communities.

Pada kegiatan itu, peserta diajak bersepeda dan joging bersama sembari membagikan merchandise dari Human Initiative kepada masyarakat sekitar. Rute olahraga tersebut dimulai dari kawasan Stasiun LRT Tebet sampai Stasiun LRT MT Haryono.

“Menurut kami, (kegiatan) ini adalah sesuatu yang unik dan berbeda. Menyambut Ramadhan dengan gowes (sepeda) itu bagus agar badan kita sehat selama beribadah selama sebulan penuh. Itu pesan yang ingin disampaikan,” imbuh Tomy.

Selain mengadakan kegiatan olahraga bersama, Human Initiative juga menyerahkan secara simbolis 1.000 paket Ramadhan kepada anak-anak peserta program HOME Children Center Jakarta. Untuk diketahui, program ini merupakan program rumah belajar bagi anak-anak yang diinisiasi Human Initiative.

Penyerahan 1.000 paket Ramadhan secara simbolis kepada anak-anak peserta program HOME Children Center Jakarta. Dok. Tim Kompas.com Penyerahan 1.000 paket Ramadhan secara simbolis kepada anak-anak peserta program HOME Children Center Jakarta.

Adapun program Kejar Pahala Ramadan: Bulan Kita Berbagi 1443 Hijriyah juga menandai kolaborasi Human Initiative dengan komunitas B2W Indonesia dalam menjalankan program-program Ramadhan ke depan.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum B2W Indonesia Fahmi Saimima mengatakan, kolaborasi pihaknya dan Human Initiative diharapkan dapat memberikan dampak positif yang lebih besar bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, kata Fahmi, B2W juga pernah berkolaborasi dengan Human Initiative dalam publikasi pembangunan masjid Indonesia pertama di London, Inggris.

Kini, berkat partisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial, B2W Indonesia telah memiliki jaringan yang tersebar di lebih dari 120 kota se-Indonesia.

“Mudah-mudahan, potensi dan kompetensi yang kami miliki ke depan bisa membantu (pelaksanaan) program Bulan Kita Berbagi dari Human Initiative,” ujar Fahmi.

Targetkan ratusan ribu penerima manfaat

Pada acara tersebut, Project Manager Ramadan 2022 Human Initiative Mardi Sahendra menyampaikan bahwa program Bulan Kita Berbagi (Bukber) ditargetkan dapat menjangkau 202.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Tiap penerima manfaat akan mendapatkan donasi berupa bantuan iftar atau buka puasa, bingkisan paket Ramadhan, paket Lebaran, paket makanan, serta tunjangan hari raya (THR).

 “Wilayah sasaran distribusi kami tahun ini meliputi 13 kantor cabang Human Initiative di seluruh Indonesia. Kami juga mendistribusikan donasi ke fasilitas kesehatan dan masjid-masjid di Indonesia, utamanya masjid yang dibangun oleh Human Initiative,” papar Mardi.

Selain itu, Mardi menjelaskan, Human Initiative juga bekerja sama dengan sejumlah komunitas, sekolah, dan masjid di seluruh titik lokasi distribusi agar manfaat donasi dapat tersebar secara adil dan merata.

Adapun donasi tersebut diprioritaskan untuk kalangan yatim piatu, kaum duafa, masyarakat yang tinggal di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T), serta masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

"Wilayah bencana di Indonesia yang terbaru itu terutama di (kawasan) Gunung Semeru (Jawa Timur), lalu Pasaman di Sumatera Barat, dan beberapa daerah lainnya,” jelas Mardi.

Mardi mengatakan, masyarakat yang ingin ikut berbagi kebaikan lewat program Bukber sudah dapat mendaftarkan diri dengan mudah secara online. Kunjungi situs solusipeduli.org/bukber untuk melihat informasi terkait program donasi yang tersedia.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com