Advertorial

Indonesia Jadi Negara Pertama di Asia Pasifik yang Terpilih sebagai Tuan Rumah GPDRR 2022

Kompas.com - 28/03/2022, 22:04 WIB

KOMPAS.com - Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022. Forum internasional tersebut akan diselenggarakan di Bali pada 23-28 Mei 2022.

GPDRR adalah forum multipemangku kepentingan yang diinisiasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diadakan setiap dua tahun sekali.

Forum tersebut bertujuan untuk meninjau kemajuan, berbagi pengetahuan, dan mendiskusikan hal terbaru dalam penanganan kebencanaan.

Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, Indonesia menjadi negara pertama di kawasan Asia Pasifik yang menjadi tuan rumah GPDRR.

"Indonesia tercatat sebagai tuan rumah GPDRR pertama di kawasan Asia Pasifik dan negara kedua di luar Jenewa, Swiss," ujar Raditya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (28/3/2022).

Raditya menmabahkan, terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah GPDRR 2022 sekaligus menegaskan posisi Indonesia sebagai negara percontohan terkait ilmu kebencanaan.

Selain itu, hal tersebut juga membuktikan bahwa Indonesia telah mendapatkan kepercayaan dari komunitas internasional.

"Perhelatan ini membuktikan peran strategis Indonesia dalam perumusan mitigasi bencana dunia," jelas Raditya.

Perhelatan GPDRR 2022, lanjut Raditya, adalah kali ketujuh forum ini diadakan. Nantinya, acara tersebut akan diselenggarakan secara hybrid, yakni secara langsung dan dalam jaringan (daring).

"Pertemuan tersebut akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sekretaris Jenderal PBB, dan perwakilan dari 193 negara anggota dengan jumlah sekitar 5.000 hingga 6.000 peserta," kata Raditya.

Sebagai informasi, pemilihan Bali sebagai tempat penyelenggaraan GPDRR 2022 merupakan instruksi langsung dari Presiden Jokowi.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.