Advertorial

Mau Upgrade Sistem Audio Kendaraan dengan Produk Aftermarket? Perhatikan 4 Hal Berikut agar Tidak Rugi

Kompas.com - 29/03/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com – Sistem audio atau sound system pada kendaraan merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang aspek hiburan agar berkendara semakin menyenangkan.

Saking pentingnya, banyak dari pengguna kendaraan yang memodifikasi sistem audio kendaraan mereka agar suara yang dihasilkan lebih maksimal. Bahkan, ada juga yang mengganti audio bawaan pabrik dengan produk aftermarket.

Cara tersebut memang biasa dijadikan pilihan bagi yang menyukai sistem audio dengan kualitas tinggi. Apalagi, banyak produk aftermarket yang mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Namun, memutuskan untuk menggunakan produk aftermarket juga punya risiko. Jika tidak dilakukan ahlinya, bisa saja perangkat sistem audio yang terpasang tidak berfungsi atau bahkan menjadi penyebab kerusakan komponen lain yang ada di dalam mobil. Jika sudah begitu, Anda akan mengalami rugi di belakang.

Oleh karena itu, Anda harus teliti dalam memilih dan memasang produk agar audio yang diinginkan sesuai kebutuhan dan tetap aman. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari kerugian. Terlebih, harga audio kendaraan tidaklah murah.

Bagi yang ingin membeli sistem audio terbaik, setidaknya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ulasannya.

  1. Kelengkapan fitur

Sound system berkualitas idealnya telah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung, seperti time alignment, amplifier, equalizertouch screen, universal serial bus, dan mp3 player.

Selain itu, ada juga fitur Bluetooth yang bisa mempermudah aktivitas hiburan Anda melalui perangkat smartphone yang terkoneksi dengan sistem audio.

  1. Perhatikan head unit

Sistem audio yang berkualitas juga sangat dipengaruhi oleh keberadaan head unit, yakni adalah perangkat audio yang berfungsi untuk mengoperasikan berbagai hiburan, seperti video, musik, dan siaran radio.

Bila Anda ingin membeli sistem audio, pastikan perangkat tersebut dilengkapi dengan head unit yang didukung dengan spesifikasi lengkap.

Selain itu, head unit yang bagus umumnya memiliki fitur time alignment yang berguna untuk menghasilkan performa audio yang berkualitas.

  1. Ganti speakerbawaan

Mobil pabrikan terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sistem audio yang canggih dan berkualitas. Meski begitu, tak jarang speaker yang disematkan berkualitas standar.

Bagi Anda yang ingin mengganti perangkat bawaan pabrik dengan produk aftermarket, terdapat dua jenis speaker yang bisa Anda coba, yakni split dan coaxial.

Speaker berjenis split memiliki kelebihan pada kualitas kejernihan suara yang dihasilkan. Sementara untuk jenis coaxialspeaker tersebut memiliki kelebihan dari segi harga dan lebih mudah untuk dipasang.

  1. Lakukan uji coba

Layaknya barang lain, uji coba juga penting dilakukan ketika Anda hendak membeli sistem audio. Anda perlu mengetahui kualitas dan seberapa baik suara yang dihasilkan.

Kemudian, lakukan juga pengecekan terhadap kabel audio. Bila terdapat kabel yang terbalik atau rusak saat pemasangan, suara yang dihasilkan pun jadi tidak maksimal.

Itu tadi empat tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli sistem audio kendaraan. Selain semua hal tersebut, salah satu hal yang wajib diperhatikan juga adalah biaya.

Seperti diketahui, sistem audio kendaraan punya harga yang tidak murah. Maka dari itu, pastikan dana yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan.

Jika kebutuhan akan sistem audio dirasa mendesak dan dana yang dipunya belum mencukupi, Anda bisa memanfaatkan solusi keuangan yang ditawarkan oleh Adira Finance lewat aplikasi adiraku versi 2.0.

Aplikasi adiraku versi 2.0 melayani berbagai pengajuan pembiayaan. Selain itu, aplikasi tersebut juga menyediakan berbagai solusi keuangan dari Adira Finance.

Sebagai informasi, saat ini Adira Finance berkolaborasi dengan Bank MUFG dan Bank Danamon untuk menjadi official partner di Indonesia International Motor Show Hybrid (IIMS) 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran pada 31 Maret sampai 10 April 2022.

Sebagai official multifinance partner, Adira Finance memberikan beragam solusi finansial, mulai dari pembiayaan multiguna, perlengkapan rumah tangga dan elektronik (durable), otomotif (motor dan mobil), hingga pembiayaan umrah.

Bagi yang baru pertama kali dan ingin menggunakan aplikasi adiraku, Anda cukup melakukan aktivasi dan registrasi dengan memasukkan nomor ponsel.

Sementara itu, bagi pelanggan yang sudah memiliki kredit aktif di adiraku akan mendapatkan poin reward dari pembayaran angsuran tepat waktu.

Untuk diketahui, poin tersebut bisa Anda dapatkan dari belanja barang tertentu atau upload struk belanja. Bonus poin itu masih bisa didapatkan meski angsuran sudah lunas.

Selain itu, melalui program Mencari Sahabat, konsumen Adira Finance juga bisa mendapatkan adirapoin dengan mengajak teman untuk mengunduh dan mendaftarkan dirinya di aplikasi adiraku.

Poin yang terkumpul dapat digunakan untuk mengurangi jumlah angsuran atau ditukarkan dengan berbagai voucer, seperti pulsa, e-money, belanja, hiburan atau didonasikan ke lembaga atau badan sosial.

Jadi, tunggu apa lagi? Apa pun kebutuhannya, segera #AdirainAja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi adiraku, silakan klik tautan berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.