Advertorial

Menilik Ketangguhan Laptop Gaming Acer Nitro 5 Terbaru yang Dibekali Intel Core i9 Gen 11

Kompas.com - 04/04/2022, 14:11 WIB

KOMPAS.com – Acer serius menggarap pasar laptop gaming dengan meluncurkan line up terbaru pada seri Nitro, yakni Acer Nitro 5 AN515-57-98VC.

Meski tergolong laptop gaming mid-range, Acer Nitro 5 terbaru sudah dibekali prosesor kelas atas selayaknya laptop gaming flagship pada seri Acer Predator.

Hal tersebut membuat Acer Nitro 5 AN515-57-98VC dapat menjalankan gametriple A (AAA) yang memiliki kualitas visual, audio, dan gameplay bagus dengan harga lebih murah ketimbang laptop gamingflagship.

Lalu, apa saja keunggulan dari laptop gaming Acer Nitro 5 AN515-57-98VC? Simak ulasan berikut.

  1. Desain lebih garang

Acer Nitro 5 AN515-57-98VC memiliki desain yang lebih mencolok ketimbang pendahulunya. Hal ini terlihat dari percikan warna merah untuk sirip di bagian belakang laptop. Perubahan ini menggantikan engsel merah yang lebih kalem pada seri Acer Nitro 5 yang dirilis pada 2021.

Acer Nitro 5 AN515-57-98VC memiliki backlit 4 RGB keyboard dengan 4 zona. Tampilan aneka warna pada keyboard ini memperkaya pengalaman bermain game.

Selain itu, laptop terbaru Acer Nitro 5 tersebut juga memiliki konfigurasi fitur serta desain ergonomi yang disesuaikan secara khusus untuk aktivitas bermain game. Dengan begitu, pengguna akan nyaman bermain game  dalam waktu cukup lama.

  1. Layar 165 Hz

Acer membekali Acer Nitro 5 AN515-57-98VC dengan layar Quad HD (QHD) berukuran 15,6 inci. Layar ini sudah menggunakan panel realin-plane switching (IPS).

Pada Nitro 5 terbaru, Acer meningkatkan kecepatan refresh rate menjadi 165 hertz (HZ) dari sebelumnya yang hanya 144 Hz. Sementara itu, waktu respons layar ini hanya 3 milidetik (ms).

Dengan konfigurasi layar tersebut, pengguna dapat bermain game lebih lancar dan halus atau smooth.

Pembaruan berikutnya terlihat dari rasio screen to body. Layar Acer Nitro 5 AN515-57-98VC memiliki bezel lebih tipis dengan rasio layar ke bodi sebesar 80 persen.

Selanjutnya, tingkat kecerahan layar juga ikut ditingkatkan menjadi 300-nits ketimbang seri sebelumnya yang sebesar 275-nits.

Dari sisi panel, Acer Nitro 5 versi terbaru sudah mendukung color gamut DCI-P3 100 persen. Spesifikasi ini mampu menyajikan visual lebih tajam, detail, dan halus.

Hal itu membuat Acer Nitro 5 AN515-57-98VC dapat digunakan pekerja kreatif untuk membuat konten serta mengedit foto dan video, selain bermain game.

  1. Ditunjang prosesor kelas atas

Seperti telah disinggung sebelumnya, meski termasuk kategori laptop gaming mid-range, Acer Nitro 5 AN515-57-98VC sudah dibekali central processing unit (CPU) kelas flagship.

 Laptop tersebut dibenami prosesor Intel Core i9-11900H yang masih tergolong baru, meski Intel telah meluncurkan prosesor Core generasi ke-12, yakni Alder Lake.

Intel Core i9-11900H dirancang untuk memberikan performa maksimal. Prosesor Intel Core generasi ke-11 ini memiliki arsitektur baru, yakni Willow Cove dengan fabrikasi core 10 nanometer (nm) SuperFin.

Prosesor tersebut memiliki peningkatan kinerja gen-on-genmultithreaded hingga 19 persen dan diklaim sebagai prosesor mobile single thread tercepat di dunia.

Intel Core i9-11900H juga dilengkapi dengan kemampuan overclocking menggunakan software Intel Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel Speed Optimizer.

Terdapat pula fitur Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 yang memungkinkan prosesor bekerja pada frekuensi tertinggi untuk memberikan kinerja yang lebih baik secara otomatis.

Selain itu, prosesor Intel Core i9-11900H juga ditunjang dengan konektivitas terbaik di kelasnya, yakni Intel Killer WiFi 6/6E. Melalui perangkat ini, laptop dapat terhubung dengan jaringan WiFi dengan lebih stabil dan cepat sehingga memberikan pengalaman gaming lebih responsif, tanpa lag, serta menghasilkan audio video yang lebih jernih.

  1. GPU mumpuni

Sementara untuk GPU, Acer Nitro 5 AN515-57-98VC menggunakan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060. Kartu grafis ini kerap digunakan pada laptop gaming di kisaran harga Rp 20 jutaan.

Nvidia GeForce RTX 3060 Series pada laptop Acer Nitro 5 didukung oleh arsitektur NVIDIA Ampere. Arsitektur ini dapat meningkatkan efisiensi energi, optimisasi sistem dengan artificial intelligence (AI), serta mempercepat kinerja secara dramatis.

Dengan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060, Acer Nitro 5 AN515-57-98VC dapat memainkan gametriple A dengan lancar. Sebut saja Cyberpunk 2077, Resident Evil Village, Grand Theft Auto V, God of War, dan Elden Ring.

Selain itu, dukungan kartu grafis Nvidia GeForce RTX 3060 juga memungkinkan pengguna untuk membuat konten multimedia menggunakan aplikasi pengolah grafis yang cukup berat. Hal ini berkat dukungan akselerasi dan fitur dari GeForce RTX.

  1. Mudah di-upgrade

Selain ditunjang prosesor serta GPU mumpuni, Acer Nitro 5 terbaru juga menyediakan opsi kustomisasi berupa penambahan memori dan ruang penyimpanan.

Acer Nitro 5 AN515-57-98V menyediakan dua slot random access memory (RAM). Pengguna bisa mengisi dua slot ini dengan RAM double data rate (DDR) 4 3.200 megahertz (MHz) berkapasitas hingga 32 GB.

Selain itu, terdapat dua slot solid-state drive (SSD) non-volatile memory express (NVME) dan satu slot hard disk drive (HDD) serial advanced technology attachment (SATA).

Keberadaan slot tersebut memudahkan pengguna bila ingin menambah kapasitas ruang penyimpanan data.

Untuk diketahui, kedua slot SDD pada Acer Nitro 5 terbaru mendukung protokol NVMe serta dilengkapi dengan heatsink khusus SSD pada tiap slotnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah performa SSD menurun pada saat temperaturnya meningkat.

  1. Konektivitas terbaik

Untuk menunjang konektivitas, Acer Nitro 5 AN515-57-98V menghadirkan Intel Wi-Fi 6 1650i (802.11ax) dan Killer Ethernet E2600. Dua perangkat ini mampu meningkatkan stabilitas dan kinerja jaringan internet serta memprioritaskannya saat pengguna bermain game.

Khusus Killer Ethernet E2600, perangkat ini mampu mendeteksi secara otomatis antara game, video, dan chat stream. Selanjutnya, perangkat ini dapat memilih prioritas bandwidth untuk pengalaman penggunaan tanpa lag.

Saat memilih Mode Auto, Network Optimizer dari Acer mampu membedakan berbagai program berat agar tidak mengalami masalah konektivitas.

Selain itu, pengguna juga bisa mengatur sendiri prioritas program, mengubah alokasi bandwidth untuk tiap aplikasi, serta memblokir aplikasi tertentu untuk memastikan koneksi terbaik.

  1. Inovasi sistem pendingin

Laptop gaming mesti dibekali sistem pendinginan yang andal supaya dapat menurunkan suhu saat bermain game. Untuk keperluan ini, Acer Nitro 5 AN515-57-98V memiliki sistem pendingin inovatif dengan desain terbaru untuk dapat menurunkan suhu saat penggunaan berat.

Sistem pendingin kipas ganda pada Acer Nitro 5 terbaru memanfaatkan port intake dan exhaust. Kipas ini ditempatkan secara strategis dan memiliki empat ventilasi hawa panas.

Acer Nitro 5 AN515-57-98VC tampak dari belakang. DOK. Acer Acer Nitro 5 AN515-57-98VC tampak dari belakang.

Sistem pendingin tersebut dipadukan dengan aplikasi NitroSense untuk memonitor suhu dan mengatur sistem pendinginan. Kemudian, Acer Nitro 5 terbaru dibekali teknologi CoolBoost yang memanfaatkan empat lubang ventilasi di bagian bawah.

Teknologi CoolBoost mampu meningkatkan kecepatan kipas sebesar 10 persen dan pendinginan CPU/GPU sebesar 9 persen.

Berdasarkan pengujian oleh Acer, sistem pendingin pada Acer Nitro 5 AN515-57-98VC mengalami peningkatan kinerja termal sebesar 25 persen ketimbang seri Acer Nitro 5 yang dirilis pada 2019.

Dengan demikian, pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas berat dengan nyaman tanpa perlu khawatir laptop overheating.

Itulah spesifikasi Acer Nitro 5 AN515-57-98VC yang menjadi laptop gaming teranyar dari Acer. Acer Nitro 5 terbaru ini layak Anda pertimbangkan bila mencari laptop berspesifikasi kelas flagship, dengan harga mid-range.

Sebagai informasi, Acer Nitro 5 AN515-57-98VC sudah tersedia di toko retail dan platform online dengan harga mulai Rp 19.999.000. Acer memberikan promo menarik selama pembelian, yakni gratis Microsoft Office Home and Student 2021 serta gratis upgrade Windows 11.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Acer Nitro 5 AN515-57-98VC, Anda bisa klik tautan ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.