Advertorial

Buka Puasa Bareng Anak Yatim, Bupati Kediri Ingatkan Urgensi Pemahaman Ideologi Pancasila

Kompas.com - 19/04/2022, 13:40 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menggelar buka puasa bersama 1.558 anak yatim di Pendopo Panjalu Jayati, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim), Senin (18/4/2022).

Dalam kesempatan yang penuh kehangatan itu, pemimpin daerah yang akrab disapa Mas Dhito tersebut berpesan kepada seluruh undangan akan pentingnya memahami Pancasila, selain memperdalam pengetahuan umum. Hal ini menjadi urgensi karena radikalisme sudah masuk ke Kabupaten Kediri dengan sangat masif.

“Pondok-pondok pesantren di Kabupaten Kediri diharapkan mampu memperkuat pemahaman Pancasila kepada para santri. Sebab, ideologi tersebut dapat menangkal paham-paham radikalisme yang tengah berkembang,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Kyai Haji (KH) Maksum Ali yang turut hadir dalam agenda tersebut juga menyampaikan pesan senada. Ia pun berharap, anak-anak yatim itu bisa menjadi orang beriman, tekun belajar, dan tidak berkecil hati atas kondisi yang dihadapi.

“Tetap sekolah agar pintar. Sekolah yang benar dan disiplin. Hafalkan Pancasila. Jangan sampai tidak, ya," ucapnya.

Guna mengetes pemahaman Pancasila, Mas Dhito mengajak anak-anak untuk bermain kuis hafalan sila-sila ideologi tersebut. Menariknya, tantangan ini menuai antusiasme tinggi. Beberapa anak terlihat maju dengan percaya diri menjawab pertanyaan dari Bupati Kediri itu.

Mengenai acara, Mas Dhito mengatakan bahwa buka puasa bersama menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri. Hanya saja, baru kali ini pihaknya bisa mengundang peserta dalam jumlah banyak.

“Tahun lalu kasus Covid-19 masih tinggi sehingga tidak bisa diadakan dengan jumlah (peserta) yang cukup besar," jelasnya.

Sebagai informasi, Kapolres Kediri AKBP Agung Setyo Nugroho dan Dandim 0809 Kediri Letkol Infantri (Inf) Ruly Eko Suryawan turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.