Advertorial

4 Tip Bijak Pakai Kartu Kredit untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran

Kompas.com - 19/04/2022, 16:58 WIB

KOMPAS.com – Tak dapat dimungkiri, pengeluaran pada momen Lebaran cenderung meningkat jika dibandingkan bulan lain.

Pasalnya, masyarakat umumnya perlu mengalokasikan dana untuk berbagai kebutuhan, seperti berbelanja bahan makanan, kue, dan baju baru, serta mudik dan berwisata saat Lebaran.

Ditambah lagi, momen tersebut juga menjadi salah satu waktu terbaik untuk berbelanja. Pasalnya, hampir semua produk didiskon secara besar-besaran.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan tunjangan hari raya (THR). Namun, tak jarang, sumber dana ini tidak mencukupi seluruh kebutuhan. Guna menyiasati hal ini, sebagian masyarakat memilih menggunakan kartu kredit sebagai juru selamat.

Meski demikian, perlu diingat bahwa kartu kredit harus digunakan secara bijak. Jangan sampai terlalu asyik berbelanja sehingga kartu kredit digunakan secara berlebihan. Hal ini berpotensi menyebabkan kerugian, bahkan gagal bayar.

Guna menghindari hal tersebut, kamu bisa menerapkan empat tip berikut.

  1. Perhatikan kemampuan finansial

Dengan memperhatikan kemampuan finansial, kamu dapat memperkirakan jumlah pengeluaran dan skala prioritas kebutuhan yang akan dikeluarkan saat Lebaran.

Selain itu, jangan jadikan kartu kredit sebagai sumber dana utama. Sebaiknya, hanya gunakan kartu kredit ketika kebutuhan Lebaran yang benar-benar penting belum terpenuhi dengan dana tunai dari gaji dan THR.

Bila harus memakai kartu kredit, kamu perlu mengawasi jumlah pengeluarannya secara saksama. Perlu diingat pula bahwa barang yang diinginkan tidak harus dibeli seluruhnya dan saat itu juga.

  1. Hindari ambil uang tunai

Beberapa kartu kredit memiliki fasilitas untuk melakukan penarikan tunai selayaknya kartu debit. Sebaiknya, fasilitas ini kamu hindari agar pengeluaran Lebaran tidak membengkak.

Berbeda dengan kartu debit, penarikan tunai menggunakan kartu kredit dikenakan biaya tambahan. Meski cenderung kecil, biaya tersebut bisa menambah jumlah pengeluaran Lebaran kamu.

  1. Lunasi tagihan tepat waktu

Sebagai pengguna kartu kredit, kamu memiliki kewajiban untuk melunasi semua tagihan. Oleh sebab itu, usahakan agar pembayaran tagihan tidak melewati batas waktu (deadline) yang ditentukan.

Jika terlambat atau bahkan menunggak, kamu perlu menyiapkan dana lebih untuk membayar bunga dan denda telat bayar. 

  1. Maksimalkan promo dan fasilitas kartu kredit

Saat momen Lebaran, tak jarang sejumlah penyedia layanan kartu kredit menggelar promo besar-besaran yang bisa menghemat pengeluaran Lebaran. Promo ini dapat berupa diskon dan cashback.

Penyedia layanan kartu kredit juga kerap bekerja sama dengan sejumlah merchant dan e-commerce untuk memberikan keuntungan tambahan saat berbelanja.

Selain itu, saat ini, layanan penyedia kartu kredit juga menawarkan fasilitas untuk mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan melalui aplikasi.

Salah satu penyedia kartu kredit yang menawarkan kemudahan tersebut adalah PT Bank Commerce International Merchant Bankers Niaga Tbk (CIMB Niaga) melalui aplikasi OCTO Mobile.

Lewat aplikasi itu, nasabah dapat mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan dengan bunga 0 persen untuk tenor 3, 6, dan 12 bulan tanpa biaya administrasi. Untuk menikmati layanan ini, nasabah harus bertransaksi minimal Rp 300.000. 

Adapun fasilitas tersebut berlaku bagi nasabah yang bertransaksi di toko offline dan online menggunakan kartu kredit CIMB Niaga atau metode pembayaran scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) OCTO Mobile dengan sumber dana dari kartu kredit.

Untuk mengubah transaksi kartu kredit menjadi cicilan 0 persen melalui OCTO Mobile, nasabah dapat login di aplikasi OCTO Mobile dan pilih “Rekening Saya”, kemudian “Kartu Kredit”.

Lalu, klik “Cicilan” pada transaksi yang ingin diubah ke cicilan. Selanjutnya, pilih “Tenor dan Cicilan”, lalu konfirmasi dengan personal identification number (PIN) OCTO Mobile.

Selain berbelanja, fasilitas tersebut juga dapat digunakan nasabah untuk membayar tagihan atau isi ulang.

Lewat aplikasi OCTO Mobile, pengguna kartu kredit CIMB Niaga juga dapat mengecek tagihan hingga 6 bulan terakhir, membuka dan memblokir kartu, membuat dan mengubah PIN, serta melakukan aktivasi kartu.

Sebagai superapp serbabisa, kapabilitas OCTO Mobile terus ditingkatkan sehingga mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih kepada nasabah dalam mengakses produk serta layanan lengkap CIMB Niaga.

Untuk berbelanja kebutuhan Lebaran, pengguna OCTO Mobile dapat membayar menggunakan scan QRIS serta bebas memilih sumber dana yang tersedia sesuai kebutuhan, termasuk dari saldo tabungan, Rekening Ponsel, limit kartu kredit, dan Poin Xtra.

Jika belum memiliki OCTO Mobile, pengguna kartu kredit CIMB Niaga dapat melakukan pendaftaran OCTO Mobile menggunakan kartu kredit yang dimiliki.

Sementara itu, jika belum memiliki rekening tabungan CIMB Niaga, kamu juga bisa membuka rekening perdana menggunakan aplikasi tersebut.

Seluruh tahapan verifikasi pembuatan rekening baru pun dilakukan lewat aplikasi. Oleh karena itu, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang.

Setelah berhasil membuka rekening dan terdaftar di aplikasi OCTO Mobile, nasabah dapat langsung menikmati semua fitur yang tersedia di OCTO Mobile.

Untuk diketahui, OCTO Mobile dapat diunduh melalui App Store (iOS), Play Store (Android), dan App Gallery (Huawei).

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.