Advertorial

Deretan Wisata Kuliner di Jakarta yang Bikin Ketagihan

Kompas.com - 20/04/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa Jakarta memiliki segudang tempat wisata kuliner yang mampu menggugah selera. Selain itu, harga yang ditawarkan pun tidak akan membuat kantong jebol.

Dengan bujet murah meriah, Anda sudah bisa merasakan kenikmatan berbagai makanan legendaris yang ada di Ibu Kota.

Maka dari itu, saat jalan-jalan di Jakarta, Anda wajib mencicipi aneka santapan bercita rasa khas yang tersedia.

Bagi yang tertarik mencicipi makanan legendaris di Jakarta, berikut daftar wisata kuliner yang bikin ketagihan.

  1. Soto Betawi H Ma'ruf

Warung Soto Betawi H Ma'ruf berdiri sejak 1940. Meski memiliki tampilan sederhana, warung ini tidak pernah sepi pelanggan.

Kelebihan utama makanan itu terletak pada tekstur dagingnya yang khas dan rasa kuah yang gurih serta lezat. Makanan ini paling nikmat disantap saat panas.

Berkat rasanya yang luar biasa, banyak tokoh publik hingga pejabat begitu menggemari soto tersebut.

Bagi yang baru mencoba Soto Betawi H Ma'ruf, Anda pasti ingin balik lagi untuk mencicipinya.

Warung Soto Betawi H Ma'ruf beralamat di Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No 73, Menteng, Jakarta Pusat.

  1. Gado-Gado Bon Bin Cikini

Bagi Anda yang mencari kuliner kaki lima di Jakarta dengan harga yang ramah di kantong, silakan mampir ke Gado-Gado Bon Bin yang berada di Jalan Cikini IV No 1, Menteng, Jakarta Utara.

Selain murah, tempat makan legendaris yang sudah berdiri sejak 1960 tersebut benar-benar mampu menggoyang lidah.

Gado-Gado Bon Bin buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 waktu Indonesia barat (WIB). Ciri khas utama dari makanan ini terletak pada bumbu kacangnya yang dapat membuat Anda terngiang-ngiang.

Selain gado-gado, tempat makan tersebut juga memiliki menu lain, seperti lontong sayur, nasi rames, asinan, ayam goreng, dan banyak lagi.

Bila tertarik mencicipi Gado-Gado Bon Bin, Anda sebaiknya datang lebih awal agar tidak kehabisan. Terutama, pada jam makan siang karena antreannya seringkali mengular.

  1. Sop Buntut Mangga Besar

Bagi penggemar sop buntut, Anda bisa mengunjungi warung makan Sop Buntut Mangga Besar.

Selain sop, tempat makan tersebut juga menyediakan berbagai menu pilihan lain, seperti nasi bakar cakalang, buntut goreng, iga goreng, dan otak-otak goreng.

Tak hanya itu, tempat tersebut juga menjual berbagai minuman segar, seperti es jeruk, es teh lemon, es lobi-lobi, es suka-suka, es kelapa, dan es kedondong.

Restoran ini yang berada di Jalan Mangga Besar 1 No 49, Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, ini buka dari pukul 11.00 sampai 22.00 WIB.

Bagi yang tinggal di luar kota dan berencana liburan ke Jakarta menggunakan bus, jangan lewatkan keistimewaan kuliner malam di kawasan Mangga Besar tersebut.

Biar lebih nyaman, booking tiket bus melalui aplikasi Pegipegi saja. Satu aplikasi untuk penuhi kebutuhan perjalanan Anda.

  1. Bandar Djakarta

Para pencinta seafood wajib datang ke restoran Bandar Djakarta yang berada di Pintu Timur, Taman Impian Jaya Ancol, Jalan Lodan Timur No 7, Pademangan, Jakarta Utara.

Dengan mengusung konsep pasar ikan, tempat makan tersebut menyediakan berbagai jenis ikan dan hewan laut yang segar. Anda boleh memilih sendiri seafood sesuai selera, termasuk dengan bumbu olahannya.

Saat sore dan malam hari, biasanya restoran tersebut menyediakan live music untuk memeriahkan suasana makan di pinggir laut.

  1. Sate Tulang dan Soto Banjar Eldorado

Siapa penggemar sate dan soto? Yuk, makan bersama keluarga di rumah makan Sate Tulang dan Soto Banjar Eldorado.

Restoran ini terletak di Jalan Petojo Enclek I No 1, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Hal menarik dari restoran itu adalah menu sate tulang yang disajikan diambil dari punggung ayam muda yang memiliki tekstur lembut.

Tak hanya sate tulang, terdapat menu khas lain yang bisa dinikmati, yakni soto Banjar. Makanan ini tak kalah spesial. Bahkan, setiap pengunjung sampai memesan porsi ganda. Terbayang kan seperti apa kelezatan makanan tersebut?

  1. Warung Nagih

Sesuai namanya, tempat nongkrong ini termasuk salah satu wisata kuliner Jakarta yang bikin ketagihan. Bagi yang sedang jalan-jalan ke Jakarta, Anda wajib mampir ke sini.

Suasana santai yang disajikan di warung tersebut mampu membuat pengunjung yang notabene anak muda merasa nyaman sehingga betah untuk berlama-lama.

Menu makanan yang disediakan Warung Nagih terbilang sederhana, tapi sangat dekat dengan lidah milenial. Sebut saja, roti bakar beraneka toppinghoney star, pasta, dan spageti.

Adapun Warung Nagih terletak di Jalan Kapten Tendean No 41 2, Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

  1. Ragusa Es Italia

Setelah puas berkuliner ria, kini saatnya Anda mencicipi seporsi es krim fenomenal di Ragusa Italia yang terletak di Jalan Veteran I No 10, Gambir, Jakarta Pusat.

Tempat tersebut sangat direkomendasikan. Jadi, jangan sampai terlewatkan. Lokasinya mudah dicapai karena dekat Masjid Istiqlal.

Keunikan es krim Ragusa terletak pada resepnya yang tidak pernah berubah sejak berdiri pada 1932. Es di tempat ini berbahan dasar susu sapi murni. Berkat bahan itu, es krim Ragusa memiliki tekstur yang lembut sehingga cepat lumer saat berada di mulut.

Terdapat berbagai varian es krim favorit di Ragusa, seperti banana split dan spaghetti ice cream. Harga seporsi es di Ragusa mulai dari Rp 15.000-an saja.

Itulah rekomendasi wisata kuliner di Jakarta yang bikin ketagihan. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi saat mencari tempat makan untuk menghabiskan akhir pekan atau libur Lebaran.

Bagi yang berencana mudik ke kampung halaman pada Ramadhan, segera kunjungi Festival Hilir Mudik dari Pegipegi dan nikmati diskon hingga 70 persen.

Diskon tersebut berlaku untuk pemesanan hotel, tiket pesawat, kereta, dan bus. Jangan sampai kelewatan, segera download aplikasi Pegipegi sekarang juga.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.