Advertorial

PNM Berikan Pelatihan Literasi Keuangan kepada 23.000 Nasabah PNM Mekaar Medan

Kompas.com - 20/04/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) berkolaborasi dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Pegadaian menyelenggarakan program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) berupa pelatihan literasi keuangan di Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (19/4/2022). 

Pelatihan tersebut diikuti 23.000 nasabah PNM Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan dilaksanakan serentak di 62 kota di Indonesia secara hibrida.

Penyelenggaraan PKU merupakan bukti komitmen PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Hal tersebut dilakukan supaya nasabah PNM Mekaar, khususnya di Kota Medan, mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak pada kemajuan usaha mereka.

Pada pelatihan literasi keuangan, PNM memberikan materi terkait pengelolaan keuangan dan product knowledge perbankan, khususnya tabungan. Pasalnya, literasi keuangan merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh pelaku usaha supaya dapat terhindar dari masalah keuangan.

PNM bersama BRI dan Pegadaian menyelenggarakan PKU. DOK. PNM PNM bersama BRI dan Pegadaian menyelenggarakan PKU.

Untuk diketahui, pelatihan literasi keuangan menjadi salah satu modal intelektual yang diberikan oleh PNM bagi nasabah. Guna mendukung pertumbuhan segmen ultramikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal, yaitu finansial, intelektual, dan sosial.

Modal finansial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif. Selanjutnya, modal intelektual melalui pendampingan, seperti pelatihan serta berbagi info dan pengalaman.

Sementara, untuk modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah.

Pada kesempatan sama, BRI memfasilitasi pembukaan rekening tabungan Simpanan Masyarakat Pedesaan (Simpedes) Ultra Mikro (UMi) kepada 23.000 nasabah PNM Mekaar yang hadir.

Simpedes UMi memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang dapat memberikan pengalaman baru bagi nasabah Mekaar.

Perwakilan PNM bersama BRI dan Pegadaian bersama peserta PKU. DOK. PNM Perwakilan PNM bersama BRI dan Pegadaian bersama peserta PKU.

Dengan mengoptimalkan produk pembiayaan PNM Mekaar, fasilitas rekening tabungan Simpedes UMi, serta pemberian literasi keuangan, nasabah PNM Mekaar diharapkan mampu meningkatkan usahanya secara lebih luas dan terukur.

Sebagai informasi, hingga Selasa, PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 123,02 triliun kepada 11,8 juta nasabah PNM Mekaar.

Saat ini, PNM memiliki 3.673 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMKM di 34 provinsi, 443 kabupaten dan kota, serta 5.006 kecamatan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.