Advertorial

Gandeng Forkopimda, Bupati Kediri Monitoring Harga Kebutuhan Pangan

Kompas.com - 22/04/2022, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Menjelang momen Lebaran, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang tergabung dalam Satgas Pangan Kediri melakukan monitoring harga kebutuhan pangan di pasar-pasar tradisional di Kabupaten Kediri secara serentak, Kamis (21/4/2022).

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu pun berbagi tugas dengan sejumlah jajaran pemerintahan di wilayah Kabupaten Kediri.

Ia bersama Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Kediri melakukan monitoring di Pasar Pamenang Pare. Kemudian, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa melakukan pemantauan di Pasar Ngadiluwih.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Kota Kediri dan Kepala Kejaksaan Negeri Kediri memantau harga kebutuhan pangan di Pasar Grogol.

“Jadi, tadi kami bagi ke beberapa titik," terang Mas Dhito dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Adapun pemantauan dilakukan dengan meminta informasi stok dan harga kepada pedagang, termasuk supplier.

Berdasarkan keterangan yang didapat, kata Mas Dhito, harga minyak goreng dinilai stabil, khususnya dalam dua minggu terakhir. Begitu pun untuk kebutuhan pokok lain, seperti gula, daging sapi, dan ayam.

Hanya saja, komoditas daging sapi dan kedelai mengalami sedikit kenaikan. Meski begitu, kenaikan harga komoditas tersebut tidak signifikan sehingga dinilai relatif aman.

"Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, insyaallah aman sampai dengan lebaran,” imbuh Mas Dhito.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri Tutik Purwaningsih berharap, jelang musim Lebaran semua pihak perlu bergandengan tangan untuk memberikan jaminan ketersediaan stok bahan makanan dan kestabilan harga.

Satgas Pangan Kediri, lanjutnya, telah melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok sejak awal Ramadhan. Bahkan, saat perubahan kebijakan terkait minyak goreng pada awal puasa, Satgas Pangan Kediri turun langsung untuk menjamin ketersediaan stok dan kestabilan harga.

"Menjelang musim Lebaran ini, pemantauan akan kami intensifkan lagi," ucapnya.

Sebelumnya, kata Tutik, beberapa harga komoditas masih fluktuatif, khususnya minyak goreng, kedelai, dan daging ayam. Namun, harga komoditas tersebut kini dinilai telah stabil.

"Hari ini Mas Dhito langsung cek menanyakan ke pedagang," urainya.

Dari hasil pemantauan tersebut, harga daging ayam sudah turun ke harga Rp 33.000 per kilogram (kg), daging sapi Rp 105.000-110.000 per kg, dan kedelai Rp 14.000.

Sementara itu, harga minyak curah masih dipantau secara khusus seiring perubahan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Kabupaten Kediri juga mendapatkan alokasi dari Kementerian Perdagangan. Insyaallah minggu depan terealisasi kurang lebih 20 ton (minyak goreng). Ini akan kami sebar ke pasar-pasar di Kabupaten Kediri," jelas Tutik.

Upaya monitoring dari Mas Dhito dan jajaran pemerintahan di Kabupaten Kediri diharapkan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan, termasuk kestabilan harga.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.