Advertorial

Jadi Peluang Baru Hasilkan Cuan, Ini Cara Mudah Memahami dan Membuat NFT

Kompas.com - 25/04/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com – Melambungnya kepopuleran non-fungible token (NFT) membuat semakin banyak orang penasaran dengan teknologi ini. Mulai dari definisi NFT, manfaat dan cara membuat produk NFT, hingga cara mendulang cuan dari NFT.

Untuk masuk ke dunia NFT, Anda bisa memulai melalui Tokomall.io yang merupakan pasar NFT untuk masyarakat Indonesia. Tokomall.io tidak sekedar pasar NFT, melainkan juga memiliki komunitas dan aktivitas yang memudahkan siapa pun untuk berkelana di dunia NFT.

Sebagai langkah awal untuk mengenal lebih jauh tentang NFT, simak penjelasan singkat berikut ini.

Apa aitu NFT?

NFT menjadi salah satu produk teknologi baru yang viral di Indonesia dan dunia. Produk NFT bahkan disebut sebagai peluang baru menghasilkan uang bagi masyarakat.

Meski sudah menjadi bahan pembicaraan banyak orang, ternyata masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami NFT. Salah satunya kesalahpahaman kalau produk yang bisa ditransaksikan dengan NFT hanya berupa gambar.

Padahal produk NFT tidak selalu dan tidak harus berupa gambar. Ada bentuk lain dari produk NFT yang bisa Anda perjualbelikan, seperti dalam bentuk audio dan tulisan.

Namun, membeli hak atau lisensi suatu produk menggunakan NFT hanya bisa dilakukan melalui layanan blockchain. Hal ini yang menyebabkan NFT hanya bisa dilakukan melalui platform khusus saja.

Selama ini, para penjual maupun pembeli NFT di Indonesia selalu mengandalkan platform dari luar negeri untuk melakukan transaksi. Namun, kali ini sudah ada pasar NFT yang berbasis di Indonesia, yaitu Tokomall.io. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot bertransaksi melalui pasar NFT yang beroperasi di luar negeri.

Registrasi sebagai creator NFT

Sebelum menawarkan NFT, hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja membuat akun di pasar NFT sebagai creator. Setiap penyedia layanan biasanya memiliki beberapa kebijakan yang berbeda.

Namun, secara garis besar, cara registrasi yang dilakukan sama pada semua penyedia layanan transaksi NFT, termasuk platform Tokomall.io.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan login dengan menghubungkan wallet di website Tokomall.io. Lalu pilih opsi role user pada metamask sebagai merchant atau sebagai kolektor. Jika ingin menjadi creator, maka pilih role sebagai merchant.

Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi dan mengirim data diri atau data perusahaan. Beberapa saat setelah data tersebut terkirim akan muncul proses verifikasi. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu notifikasi yang memberitahukan apakah registrasi akun Anda diterima atau ditolak.

Cara mudah membuat NFT di penawaran pasar NFT

Setelah melakukan registrasi di pasar NFT, Anda bisa melakukan penawaran di pasar NFT.

Sebagai informasi, kebanyakan NFT berbentuk artwork atau hasil karya yang membuat banyak orang berpikir bahwa hanya orang berbakat yang bisa menjual NFT. Padahal, hal tersebut tidaklah benar karena ada banyak cara membuat NFT gratis yang bisa dilakukan.

Bahkan, ada juga cara membuat NFT menggunakan smartphone yang lebih mudah untuk dilakukan. Bentuk NFT yang dijual tidak harus artwork, bisa saja berbentuk foto dari karakter langka yang ada di game, foto pemandangan, bahkan foto selfie juga bisa dijual sebagai NFT.

Selain itu, NFT yang dijual tidak harus berupa barang virtual berbentuk gambar. NFT yang dijual bisa berbentuk suara, tulisan, dan lain-lain. Untuk menambahkan nilai suatu karya seni, Anda juga bisa menambah manfaat dari kepemilikan NFT yang ditawarkan.

Contohnya, seperti yang dilakukan oleh AZNverse. Dengan memiliki salah satu koleksi NFT AZNverse, pemilik akan menerima manfaat antara lain tergabung dalam komunitas eksklusif dan mendapat penawaran diskon, serta akses ke coworking space. Anda juga bisa bergabung dengan discord untuk lebih memahami tentang dunia NFT.

Cara menawarkan produk NFT

Perlu diingat bahwa NFT adalah produk dengan teknologi blockchain. Oleh karena itu, para pemiliknya harus mempersiapkan dompet dan mata uang kripto untuk bisa bertransaksi, baik untuk menjual maupun membeli NFT.

Cara menawarkan produk atau karya Anda di pasar NFT sebenarnya cukup mudah. Jika sudah memiliki akun di platform Tokomall.io, Anda hanya perlu memilih menu buat NFT pada bagian profil. Lalu upload karya orisinal Anda yang akan dijadikan produk NFT.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi kolom judul, deskripsi, dan serial atau kuantitas untuk NFT tersebut, lalu klik Submit. Sebagai informasi, jumlah serial yang diisi akan memengaruhi jumlah gas fee.

Jika setuju dengan nilai gas fee yang tertera, maka selanjutnya Anda hanya perlu mengklik opsi konfirmasi. Sistem akan secara otomatis memotong gas fee di wallet, sehingga pastikan wallet Anda tidak kosong.

Kemudian karya atau produk NFT akan masuk ke bagian Launch NFT. Agar dapat dilihat orang lain, Anda harus mengklik opsi Tawarkan. Pada opsi tersebut akan muncul kolom harga NFT yang harus diisi, kemudian klik konfirmasi.

Setelah itu, tampilan wallet akan muncul beserta jumlah fee yang dikenakan pada produk NFT. Jika sudah setuju dengan jumlah fee tersebut, maka Anda hanya perlu mengklik opsi konfirmasi.

Dengan begitu, karya atau produk NFT Anda sudah masuk ke pasar NFT dan ditawarkan kepada para pengguna NFT lainnya.

Apabila ada orang yang tertarik dengan NFT Anda, maka para kolektor akan menukarkan koin kripto mereka untuk mendapatkan NFT milik Anda. Anda bisa menukarkan koin kripto tersebut dengan mata uang Rupiah.

Itulah yang membuat proses transaksi NFT terbilang sangat berbeda dengan cara transaksi online lainnya. Sebab, tidak ada proses transaksi jual beli seperti biasanya, bahkan terkadang para pembuat NFT melakukan lelang untuk produk NFT mereka.

Bisnis NFT mungkin tampak menggiurkan, apalagi sudah banyak kisah orang yang sukses dari NFT. Namun, perlu diingat bahwa proses untuk mencapai kesuksesan tersebut tidak instan. Anda harus meluangkan waktu dan konsisten dalam membuat berbagai NFT menarik.

Itulah ulasan mengenai cara membuat NFT sekaligus cara untuk menjualnya di pasar NFT. NFT bisa menjadi hal yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang sebagai penghasilan pasif (passive income). Siapa pun bisa mulai menjual NFT berbeka kreativitas.

Teaser: Mempelajari mengenai NFT dan bagaimana cara menjualnya di pasar NFT. Berikut ini cara-caranya.

Tags: NFT, pasar NFT, penghasilan pasif, menjual NFT, bisnis NFT, transaksi NFT, jual beli, produk NFT, koin kripto, Tokomall, teknologi blockchain, dompet kripto, NFT AZNverse, barang virtual, foto selfie,

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.