Advertorial

Fokus Kembangkan Dunia Pendidikan, Taspen Dukung Kolunas II 2022 di Yogyakarta

Kompas.com - 26/04/2022, 15:23 WIB

KOMPAS.com - PT Taspen (Persero) berkomitmen memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui pengembangan dunia pendidikan.

Komitmen tersebut diwujudkan dalam bidang layanan edukasi karya seni rupa yang dikemas melalui kegiatan Kontes Lukis Anak Nasional (Kolunas) II 2022.

Adapun tema yang dipilih pada lomba tersebut adalah “Akhlak”. Tema ini dipilih sesuai dengan core value Taspen sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Untuk diketahui, kontes tersebut merupakan hasil kerja sama Taspen dengan Tlatah Bocah. Acara ini didukung oleh Kagama Care, Rumah Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), Alpad 88, serta Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Public Relation Department Head Taspen Yoka Krisma Wijaya mengatakan, penyelenggaraan Kolunas II 2022 merupakan bagian dari perwujudan semangat “BUMN untuk Indonesia”.

Selain itu, kegiatan tersebut juga merupakan wujud peran aktif perseroan dalam memberikan kepedulian dan dukungan kepada masyarakat, khususnya di bidang pendidikan.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini agar dapat membentuk insan dan ekosistem seni rupa yang berkarakter. Hal ini juga merupakan salah satu prioritas program tanggung jawab perusahaan untuk pengembangan dunia pendidikan,” kata Yoka dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Sementara itu, Direktur Kontes Lukis Nasional II (Kolunas) 2022 Gunawan Yulianto mengatakan bahwa Kolunas II 2022 diikuti 1.487 siswa sekolah dasar (SD) dan sederajat dari 30 provinsi, mulai dari kelas 1 sampai 6.

Adapun juri dari lomba tersebut adalah dosen Seni Rupa ISI Yogyakarta Joseph Wiyono, perupa Merapi Ismanto, kurator Biennale Yogyakarta dan konseptor Diorama Arsip Jogja Pius Sigit Kuncoro, psikolog sekaligus dosen Sekolah Tinggi Psikologi Yogyakarta (STiPsi) Galuh Setia Winahyu, serta Yoka.

Selanjutnya, juri akan menilai karya peserta dengan mempertimbangkan aspek kesesuaian tema dan estetika.

Panitia dan tim juri Kolunas II 2022 meninjau karya yang masuk. DOK. Taspen Panitia dan tim juri Kolunas II 2022 meninjau karya yang masuk.

“Setiap kategori kelas akan dipilih lima karya terbaik. Pemenang berhak mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah pembinaan,” kata Gunawan.

Kolunus II 2022, lanjut Gunawan, diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pelajar untuk menggali potensi serta mengasah kreativitas, khususnya dalam melukis.

Selain itu, ajang tersebut juga dapat menjadi sarana dan wadah bagi generasi muda dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam dunia seni lukis.

“Ke depan, kami berharap dapat memberikan kesempatan lebih luas kepada generasi muda untuk berkarya,” tuturnya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com