Advertorial

Sekilas Sama, Ini 4 Perbedaan Pasta, Mie, dan Bihun

Kompas.com - 27/04/2022, 10:17 WIB

KOMPAS.com Pasta, mie, dan bihun, merupakan bahan makanan kaya karbohidrat yang akrab dengan lidah orang Indonesia. Hal ini membuat ketiganya sering dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Ketiga makanan tersebut juga mudah diolah dan cocok disajikan dengan padanan topping yang bermacam-macam.

Walaupun sekilas sama dan merupakan sumber energi bagi tubuh, pasta, mie, dan bihun ternyata memiliki perbedaan yang signifikan.

Lantas, apa saja perbedaan antara pasta, mie, dan bihun? Yuk, simak penjelasan berikut. 

  1. Bahan

Pasta, mie, dan bihun memiliki tekstur kenyal. Meski demikian, ketiga makanan ini dibuat dari bahan yang berbeda. Pasta dibuat dari tepung semolina, yakni tepung gandum yang bertekstur kasar.

Hampir mirip, mie juga dibuat dari gandum. Perbedaannya, mie dibuat dari tepung terigu yang berasal dari biji gandum dengan tekstur yang lebih halus.

Berbeda dengan pasta dan mie, bihun dibuat dari tepung beras. Tepung beras berasal dari beras yang digiling hingga halus.

  1. Warna

Karena pasta dan mie sama-sama berbahan dasar gandum, warna keduanya pun tidak jauh berbeda. Pasta dan mie berwarna kuning kecoklatan, serupa dengan warna tepungnya.

Sementara itu, bihun berwarna putih karena berbahan dasar tepung beras.

  1. Cara memasak

Cara memasak ketiga makanan tersebut berbeda. Hal ini juga dipengaruhi oleh bahan dasarnya. Pasta yang dibuat dari tepung semolina harus direbus sekitar lima sampai dua belas menit tergantung jenisnya.

Sementara itu, mie yang berbahan dasar tepung terigu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk diolah. Cukup rebus dalam waktu tiga menit, mie siap disantap.

Untuk bihun, makanan ini bisa diolah dengan cara direbus selama lima menit atau diseduh dengan air dingin selama lebih kurang 10 menit.

  1. Asal

Pasta, mie, dan bihun berasal dari negara yang berbeda. Pasta berasal dari Eropa, tepatnya Italia. Oleh karena itu, pasta sering disajikan dengan cita rasa gurih asin dari campuran susu dan keju.

Sementara itu, mie dan bihun berasal dari China. Rasa gurih dan asin pada kedua makanan ini berasal dari garam dan kaldu.

Itulah perbedaan antara pasta, mie, dan bihun. Meski berbeda, ketiga makanan ini mengandung karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Jadi, konsumsilah sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Saat ini, pasta, mie, dan bihun sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan. Anda dapat membeli ketiga makanan ini di Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.