Advertorial

Gandeng Meta, Nestle Indonesia Hadirkan Platform Nestle Secret Recipe Bot untuk Berdayakan UMKM

Kompas.com - 27/04/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com – Nestle Indonesia menghadirkan Nestle Secret Recipe Bot sebagai upaya mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sektor makanan dan minuman di seluruh Indonesia, terutama dalam mengembangkan bisnis secara digital selama Ramadhan.

Adapun platform yang diluncurkan melalui program Nestle Ramadhan bersama UMKM itu merupakan hasil kerja sama Nestle Indonesia dengan Meta Indonesia.

Platform Nestle Secret Bot pada dasarnya adalah chatbot pada aplikasi WhatsApp Nestle Secret Recipe. Melalui fitur ini, pelaku UMKM dapat menemukan berbagai tips seputar promosi produk di media sosial (medsos), seperti pembuatan foto produk yang ideal dan penulisan caption.

Nestle menyediakan template, background, dan font menarik untuk mendukung kreasi sekaligus melengkapi konten medsos pelaku UMKM.

Presiden Direktur Nestle Indonesia Ganesan Ampalavanar mengatakan, Nestle berkomitmen untuk ikut mendukung pergerakan ekonomi. Salah satunya, lewat pemberdayaan UMKM. Ini mengingat sektor tersebut punya peran penting terhadap perekonomian negara.

“(Kerja sama) Nestle Indonesia dengan Meta diharapkan dapat membantu para pelaku usaha dalam membuat konten yang menarik dan meningkatkan usaha mereka selama Ramadhan,” ujar Ganesan dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan sama, Country Director Meta di Indonesia Pieter Lydian mengatakan bahwa ia terinspirasi dengan semangat pelaku UMKM untuk terus bertahan dan bertumbuh.

“Kami sangat senang dapat mendukung inisiatif dari Nestle Indonesia untuk membantu digitalisasi UMKM melalui Nestle Secret Recipe Bot di aplikasi WhatsApp,” ujarnya.

Terkait kerja sama Nestle Indonesia dengan Meta, Ganesan mengatakan bahwa pihaknya bangga dapat melakukan kolaborasi perdananya di Indonesia, terutama untuk mendukung pelaku UMKM dalam memanfaatkan bisnis digital.

“Harapannya, program ini dapat memperkuat eksistensi produk-produk UMKM serta kontribusinya dalam pertumbuhan ekonomi,” kata Ganesan.

Fitur Nestle Secret Recipe Bot

Adapun pelaku UMKM dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mengakses fitur Nestle Secret Recipe Bot.

  1. Tentukan makanan yang akan dipromosikan dengan menggunakan produk Nestle, di antaranya Maggi, Carnation, Kitkat, Nescafe, dan Dark Chocolate dari Nestle Professional.
  2. Akses Bot melalui tautan https://wa.me/+6281211635611
  3. Pilih template yang tersedia dalam Bot.
  4. Pengguna akan diberikan arahan cara mengambil foto atau video yang baik dan benar.
  5. Unggah foto atau video yang telah diambil menggunakan template yang telah dipilih. Pengguna juga dapat memilih background dan menambahkan teks di dalamnya.
  6. Pengguna akan mendapatkan notifikasi bahwa konten foto atau video siap untuk di-download dan dipublikasikan di medsos.

Selain mendapatkan arahan dalam pembuatan konten digital, pelaku UMKM dengan karya promosi terbaik juga akan mendapat keuntungan, yaitu pemasangan ads gratis. Dengan demikian, konten promosi dapat semakin tersebar luas.

Adapun periode penggunaan fitur Nestle Secret Recipe Bot berlangsung sejak Senin (18/4/2022) hingga Rabu (18/5/2022).

Bagi para pelaku UMKM yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait Nestle Secret Recipe Bot, silakan kunjungi akun medsos Facebook Sahabat Nestle.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com