Advertorial

Ini Rahasia Mahasiswa Akuntansi UII Kembali Raih Juara Pertama di Tingkat Asia Pasifik

Kompas.com - 28/04/2022, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mencatatkan prestasi di kancah internasional. Terbaru, delegasi tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi UII berhasil mempertahankan gelar Juara 1 ERPSim International Competition Asia Pacific Japan 2022.

Tim mahasiswa UII tersebut terdiri dari Humam Naufal Tsuraya, Javier Erlandaffa Satria Dwikamba, Bayu Aji Faundra Pratama, Saphira Pricilia Estuarine, dan Dyah Ayu Puspaningrum.

Mahasiswa UII yang tergabung dalam tim Antares itu berhasil menyingkirkan 18 tim lawan dari universitas ternama di berbagai negara, seperti Indonesia, Filipina, India, Vietnam, Hong Kong, serta Australia.

Untuk diketahui, ERPSim merupakan kompetisi gim simulasi bisnis yang menggunakan aplikasi enterprise resource planning (ERP), yaitu ERP-SAP dan SAP S/HANA. Aplikasi ini dimainkan oleh lima anggota dalam satu tim.

Pada kompetisi tersebut, setiap tim bersaing untuk menyusun strategi dan menghasilkan kinerja terbaik dalam pengelolaan perusahaan virtual di pasar yang kompetitif.

Direktur Enterprise Resource Planning (ERP) Competence Center UII Isti Rahayu menjelaskan, prestasi tersebut berhasil diraih berkat kerja keras mahasiswa dalam belajar serta berlatih dengan fokus dan semangat yang tinggi.

Prestasi tersebut membuktikan bahwa mahasiswa Akuntansi UII memiliki daya saing di level internasional.

“Prestasi itu sekaligus mempertahankan tradisi UII sebagai juara pada kompetisi ERPSim yang diperoleh hampir setiap tahun sejak 2013,” kata Isti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (21/4/2022).

Isti melanjutkan bahwa pembelajaran aplikasi ERP bukan hal baru bagi UII. Pasalnya, Prodi Akuntansi UII sudah memasukkan mata kuliah SAP-ERP ke dalam kurikulum sejak 2006. Upaya ini merupakan respons atas kebutuhan pembelajaran ERP.

Dengan mata kuliah tersebut, seluruh mahasiswa Prodi Akuntansi mendapatkan bekal pengetahuan dan keterampilan menggunakan aplikasi ERP yang kini diperlukan oleh perusahaan modern di berbagai skala dan sektor bisnis.

“Saat ini, Prodi Akuntansi UII tetap aktif menjadi bagian dari SAP University Alliance,” ujarnya.

Kurikulum baru untuk mencetak #AkuntanMasaKini

Dengan mengusung jargon “#AkuntanMasaKini”, Prodi Akuntansi UII mengembangkan kurikulum baru berbasis i-technopreneur accountant. Kurikulum ini berfokus pada keunggulan di bidang bisnis dan teknologi, lalu mulai diterapkan pada 2021.

Ketua Prodi Akuntansi UII Program Sarjana Dr Mahmudi mengatakan, kurikulum baru itu dapat ditempuh melalui studi di Program Sarjana (S1) Akuntansi UII pada jalur kelas reguler dan international program (IP). Kedua jalur ini sudah mendapatkan akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan sertifikasi dari The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA).

Kurikulum baru tersebut merupakan respons program studi untuk memutakhirkan desain pendidikan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing generasi penerus bangsa yang dilandasi nilai-nilai keislaman serta kompetensi unggul di bidang akuntansi dan bisnis.

Adapun jargon #AkuntanMasaKini, lanjut Dr Mahmudi, merupakan cara Prodi Akuntansi UII dalam membentuk kompetensi mahasiswa yang peka dan adaptif terhadap berbagai tantangan yang hadir.

Prodi Akuntansi UII siap menghadapi kemajuan teknologi dan evolusi peran akuntan dalam lingkungan bisnis dan ekonomi digital.

“Kami yakin, mahasiswa yang memiliki kompetensi unggul sebagai akuntan masa kini akan lebih siap berkontribusi untuk kemajuan bangsa di masa depan,” tutur Dr Mahmudi.

Untuk menyiapkan masa depan, Prodi Akuntansi UII dapat menjadi pertimbangan pilihan jurusan. Informasi lengkap terkait prodi ini bisa didapatkan dengan mengunjungi situs accounting.uii.ac.id atau mendaftar langsung di pmb.uii.ac.id.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.