Advertorial

Ingin Liburan Singkat? Ini 4 Destinasi Wisata Unik di Padang

Kompas.com - 28/04/2022, 16:18 WIB

KOMPAS.com – Saat mendengar nama Kota Padang, hal yang terbesit dalam benak kebanyakan orang adalah kulinernya yang lezat dan nikmat.

Padahal, selain kaya akan kuliner, ibu kota Sumatera Barat itu juga memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah menarik, lho.

Berada di wilayah barat Pulau Sumatera, Kota Padang kaya akan wisata alam yang beragam.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan memanjakan mata dan perut, Kota Padang sangat direkomendasikan. Berikut destinasi wisata unik di Kota Padang yang bisa Anda datangi.

  1. Pantai Air Manis

Pernah dengar legenda Batu Malin Kundang? Batu yang melegenda ini berada di Pantai Air Manis, Padang.

Selain menjadi asal-usul dari legenda rakyat setempat, Pantai Air Manis juga menawarkan pemandangan Gunung Padang yang memanjakan mata.

Sekitar 500 meter (m) dari pantai, terdapat pula Pulau Pisang Kecil yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena perairan di sekitar pulau relatif dangkal.

  1. Pantai Padang

Dikenal dengan nama taplau atau tapi lauik yang berarti tepi laut, Pantai Padang menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi.

Tak hanya pemandangan yang indah, Pantai Padang juga menyuguhkan sejumlah aktivitas pantai yang seru. Anda juga dapat membeli ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

Selain itu, terdapat pula wisata kuliner tradisional di sepanjang pantai yang tak kalah menarik. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan waktu bersantai sambil mengisi perut, Pantai Padang adalah pilihan yang tepat.

  1. Pulau Pasumpahan

Berada di pesisir Pulau Sumatera, Kota Padang juga memiliki gugusan pulau kecil. Salah satunya, Pulau Pasumpahan yang terletak di seberang Kota Padang.

Pulau Pasumpahan menawarkan pemandangan pantai disertai pasir putih halus yang melengkapi keindahan tempat wisata ini.

Selain itu, pulau tersebut juga memiliki banyak tempat penginapan dan area untuk berkemah di tepi pantai. Tak hanya itu, makanan tradisional yang dijual penduduk setempat pun dapat dibeli dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk sampai ke Pulau Pasumpahan, Anda dapat menempuh perjalanan air dari Pelabuhan Teluk Bungus.

  1. Air Terjun Lubuk Hitam

Selain kaya akan pantai, Kota Padang juga dikelilingi oleh barisan bukit. Di salah satu titik barisan bukit, terdapat wisata air terjun Lubuk Hitam yang berlokasi di Kelurahan Teluk Kabung Utara.

Lubuk Hitam memiliki tiga air terjun dengan jarak yang berdekatan. Untuk mencapai lokasi ketiga air terjun tersebut, wisatawan harus menempuh medan yang menantang. Namun, di sepanjang jalan, wisatawan akan disuguhi pemandangan perbukitan yang asri.

Persiapan sebelum liburan ke Padang

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan telah memikirkan akomodasi dan transportasi secara matang.

Salah satu cara untuk menuju Kota Padang, terutama dari Jakarta, adalah melalui jalur udara. Jadi, Anda bisa memesan tiket pesawat terlebih dahulu.

Agar irit, carilah promo tiket pesawat murah di platform pembelian tiket. Salah satunya, Tokopedia yang menyediakan pembelian tiket pesawat Jakarta-Padang dari berbagai maskapai.

Setelah tiket terpenuhi, tentukanlah akomodasi selama di Padang. Apabila Anda kesusahan memutuskan penginapan, pilihlah tujuan destinasi wisata terlebih dahulu. Lalu, pilihlah penginapan yang dekat dari destinasi wisata pilihan Anda.

Apabila semua persiapan selesai, tentukan destinasi wisata pilihan, atur jadwal kepergian, dan nikmatilah perjalanan Anda selama berada di Kota Padang.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com