Advertorial

Mengenal Acer Aspire Vero, Laptop Rp 10 Jutaan yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 29/04/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Acer menjadi salah satu perusahaan elektronik yang menerapkan desain ramah lingkungan pada produk laptopnya. Terbaru, Acer merilis laptop berukuran 15 inci Acer Aspire Vero yang terbuat dari bahan daur ulang post-consumer recycled (PCR).

Laptop tersebut dapat diandalkan sebagai pengganti desktopberkat keandalan spesifikasi dan performanya. Laptop ini juga memiliki komponen yang dapat di-upgrade, sudah menggunakan Windows 11, serta memiliki desain yang cantik.

  1. Desain

Aspire Vero memiliki komponen yang berbeda dengan laptop berukuran 15 inci lainnya karena penggunaan material ramah lingkungan. Rangka laptop ini terbuat dari 30 persen bahan PCR, sedangkan penutup tombol terbuat dari 50 persen PCR.

Laptop tersebut juga memiliki warna yang membuatnya khas. Beberapa bagian berwarna abu-abu dan berbintik-bintik terang. Bagian ini disebut Volcano Grey. Pewarnaan bagian ini dilakukan secara organik dari material PCR tersebut tanpa cat. Skema warna ini juga banyak digunakan pada perangkat teknologi ramah lingkungan.

  1. Penampilan

Aspire Vero memiliki rangka bebas cat serta komponen ramah lingkungan lain yang bertujuan untuk menurunkan jumlah senyawa organik volatil. Seperti diketahui, senyawa ini memiliki potensi bahaya jika disentuh tangan manusia.

Rangka yang disematkan juga kokoh sehingga Aspire Vero tak hanya terlihat bagus dan mantap saat dipegang, tapi juga aman digunakan.

Pendekatan ramah lingkungan Acer meluas pada bagian kemasan. Sebanyak 85 persen kemasan Acer terbuat dari kertas daur ulang. Tas laptop dan lembar pelindung untuk keyboard pun terbuat dari 100 persen plastik daur ulang. 

Penggunaan komponen tersebut berperan dalam tujuan lingkungan perusahaan untuk menciptakan produk ramah lingkungan pada 2021 dan seterusnya.

  1. Prosesor

Selain tampilan luarnya, Aspire Vero hadir dengan komponen modern dan terkini, yakni prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 generasi ke-11 dan grafis Intel® Iris® Xe. Meskipun memiliki ruang penyimpanan yang relatif kecil, prosesor dan kapasitas random access memory (RAM) yang dimiliki laptop ini lebih dari cukup untuk menjalankan banyak program berat.

Aspire Vero menggunakan sekrup standar untuk menahan komponen di dalamnya. Komponen ini disematkan untuk mendorong pengguna meng-upgrade laptop ketimbang membeli baru dan membuang yang lama.

  1. Keyboard

Aspire Vero memiliki keyboard backlit Aspire Vero dengan baris tombol fungsi di bagian atas. Meskipun tombol angka dan panah terasa agak sempit, bagian tombol keyboard secara keseluruhan terasa nyaman.

Untuk menyampaikan pesan ramah lingkungan, Acer menandai tombol R dan E dengan warna kuning. Tombol ini juga untuk memperkuat pesan 3R, yakni reducereuse, dan recycle.

Selain itu, trackpad-nya yang lapang telah dilengkapi pemindai sidik jari untuk memungkinkan pengguna masuk tanpa mengetik kata sandi melalui Windows Hello. Teknologi ini menjadi yang paling diminati oleh pengguna laptop.

  1. Audio dan port

Acer membekali Aspire Vero dengan speaker di bawah laptop. Speaker ini mampu menghasilkan suara penuh dan jernih pada volume maksimum.

Hal itu berkat teknologi Acer TrueHarmony dan Acer PurifiedVoice yang menggunakan magnet berkualitas tinggi untuk menghasilkan fluks magnet tinggi. Dengan demikian, suara yang dihasilkan lebih realistis dan tidak pecah saat mencapai volume tinggi.

Tak hanya itu, Acer Aspire Vero dilengkapi dengan sejumlah port untuk berbagai aktivitas. Di sisi kanan, pengguna akan menemukan lock notch dari Kensington, port USB 2.0, dan headphone jack.

Sementara pada sisi kiri laptop, pengguna akan mendapati dua port USB 3.2 Type-A, high definition multimedia interface (HDMI), eternet, dan USB 3.2 Type-C.

Keunggulan

Berdasarkan pemaparan spesifikasi di atas, Aspire Vero menawarkan berbagai keunggulan untuk penggunanya. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Laptop ramah lingkungan

Berkat penggunaan material bahan plastik dari daur ulang, Acer Aspire Vero didapuk sebagai laptop yang ramah lingkungan. Adapun tekstur yang solid dan kokoh pada desain permukaannya terasa jelas berkat penggunaan plastik daur ulang.

  1. Desain eco-friendly

Acer Aspire Vero mengusung desain eco-friendly melalui warna bintik-bintik kuning dan abu. Warna abu dan bintik kuning merupakan hasil dari proses daur ulang dan mengurangi penggunaan cat yang mengandung zat volatile.

Selain itu, pengguna juga bisa meng-upgrade laptop dengan membuka sekrup standar yang terpasang pada casing.

  1. Bodi solid dan tangguh

Bahan dasar daur ulang tidak menjadikan Acer Aspire Vero menjadi cepat rusak. Sebaliknya, struktur bodinya jadi solid dan tangguh.

Selain itu, tekstur kokoh dan solid juga membuatnya tahan benturan. Pengguna bisa mendapatkan pengalaman terbaik memakai laptop dengan daya tahan yang awet serta tahan lama. 

  1. Teknologi modern terkini

Acer Aspire Vero hadir dengan spesifikasi terkini, seperti prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 Generasi ke-11, grafis Intel® Iris® Xe, dan Windows 11 yang merupakan sistem operasi terbaru.

Acer juga menyertakan perangkat lunak Acer VeroSense untuk menyempurnakan penggunaan laptop. Selain itu, kapasitas RAM pada Aspire Vero dapat di-upgrade hingga 24 gigabita (GB).

  1. Penampilan cantik

Tak hanya spesifikasi mumpuni, Aspire Vero juga memiliki tampilan yang cantik. Hal ini ini membuat Aspire Vero nyaman untuk dilihat, selain fungsinya menunjang untuk aktivitas sehari-hari.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.