Advertorial

Jalin Sinergi dengan Perusahaan Swasta, Pertamina Raih 2 Penghargaan Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022

Kompas.com - 10/05/2022, 18:37 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 yang diselenggarakan di Ballroom Grha Pertamina, Jakarta, Senin (9/5/2022). Ajang ini digelar sebagai bentuk apresiasi terhadap mitra BUMN.

Pada gelaran tersebut, PT Pertamina (Persero) memperoleh penghargaan terbaik kedua sebagai “National Champion Kreditur dan Buyer” serta terbaik ketiga sebagai “National Champion Kategori Vendor atau Pemasok”.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 merupakan ajang untuk mempererat sinergi antara perusahaan BUMN dan swasta. Dengan begitu, ekosistem perekonomian Indonesia yang memiliki kekuatan yang luar biasa dapat tercipta.

“Inilah yang harus kita sinergikan. Pemerintah mempunyai roadmap besar yang harus disinambungkan. Tidak hanya peran pemerintah, tapi juga sektor swasta sebagai mitra,” ujar Erick dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (10/5/2022).

Melalui Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022, Erick juga memastikan penerima penghargaan tersebut adalah mitra yang bisa diandalkan untuk mencapai visi go global.

“Ini yang saya harapkan. Kami bersama mitra BUMN duduk sejajar saling melayani dengan baik. Sebab, (sekarang) ini (merupakan) sebuah era kolaboratif agar kita menjadi pesaing global,” tambah Erick.

Pada kesempatan tersebut, Erick menyampaikan tiga hal yang dapat dilakukan bersama-sama dengan mitra BUMN.

Pertama, memperbaiki hubungan pekerjaan agar saling menguntungkan kedua belah pihak. Kedua, membangun keberpihakan kepada produk dalam negeri atau tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

“Melalui (capaian) TKDN, Indonesia harus segera bergerak menjadi industrial country,” jelas Erick.

Ketiga, BUMN harus memiliki mitra yang mempunyai visi yang sama. Utamanya, mitra yang transparan dan profesional.

“Kerja sama antara BUMN dan mitra (sektor swasta) menjadi sebuah kunci menuju perekonomian Indonesia yang luar biasa,” ujar Erick.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan bahwa penghargaan tersebut sejalan dengan maksud dan tujuan pendirian BUMN sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2003.

Adapun salah satu amanah pada beleid tersebut adalah BUMN harus bisa menggerakkan perekonomian nasional atau menjadi lokomotif perekonomian nasional. Hal ini juga dilakukan dengan pembinaan serta mengoptimalkan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Dua hal tersebut yang terus kami lakukan. Apalagi, pada saat recovery (pandemi Covid-19) yang kami jalankan secara cepat ini,” ujar Nicke.

Nicke juga mengapresiasi Kementerian BUMN yang menggagas gelaran Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022 dengan memberikan penghargaan kepada mitra BUMN.

“Penghargaan diberikan (Kementerian BUMN) kepada mitra yang kegiatan usahanya memberikan kontribusi terhadap kinerja BUMN pada 2021. Oleh karena itu, perekonomian nasional dan multiplier effect terjadi. Perusahaan BUMN pun terbantu dengan kinerja baik dari para mitranya,” ujar Nicke.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.