Advertorial

Bangun Ruang Terbuka Publik, Kontribusi Itenas untuk Kota Bandung

Kompas.com - 12/05/2022, 13:32 WIB

KOMPAS.com – Rektor Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung Meilinda Nurbanasari bersama Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan Ruang Terbuka Publik (RTP) Itenas pada Rabu (11/5/2022). Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh kedua pihak. 

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi (YPDS) Iwan Inrawan Wiratmadja beserta jajaran, pimpinan Itenas, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung, serta Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung.

Hadir pula perwakilan dari Dinas Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional DKI Jakarta-Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Meilinda mengatakan bahwa RTP Itenas merupakan salah satu bentuk pengabdian Itenas kepada masyarakat, khususnya warga Bandung.

Sebelumnya, Itenas juga telah melakukan pengabdian masyarakat melalui kegiatan Gebyar 30.000 Vaksin dan pembangunan halte bus Itenas pada 2021.

“RTP Itenas ini bukanlah wujud pengabdian terakhir. Itenas akan terus berkomitmen memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujar Meilinda pada siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Peresmian Ruang Terbuka Publik Itenas, Rabu (11/5/2022) Dok. Itenas Peresmian Ruang Terbuka Publik Itenas, Rabu (11/5/2022)

Untuk diketahui, pembangunan RTP Itenas menghabiskan dana sebesar Rp 1,7 miliar. Sumber dana ini sepenuhnya berasal dari Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Itenas yang telah disetujui oleh YPDS.

Berkat kerja sama dan koordinasi dengan berbagai dinas yang turut mendukung pembangunan RTP Itenas, fasilitas seluas kurang lebih 500 meter persegi (m2) ini akhirnya berhasil rampung. Adapun pembangunan RTP menghabiskan waktu lima bulan dengan perizinan selama lima bulan.

“Walaupun cuaca di Bandung sering mendung, hati tidak boleh murung. Hai wargi Bandung, hayu urang ngajagi fasilitas umum ti Itenas Bandung,” tutur Meilinda sembari mengajak warga memakai fasilitas RTP Itenas.

Pada kesempatan sama, Iwan Inrawan Wiratmadja mengatakan, peresmian RTP Itenas bertepatan dengan rangkaian peringatan penyambutan usia emas Itenas yang ke-50. Karena itu, ia berharap, keberadaan Itenas lebih bisa dirasakan oleh masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa pembangunan RTP tersebut bertujuan memperkuat identitas Itenas. Selain itu, pembangunan ini juga merupakan salah satu upaya Itenas untuk berpartisipasi dalam penyediaan unsur lingkungan perkotaan.

Yana pun mengapresiasi Itenas yang sudah membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam mewujudkan satu RTP yang dapat dinikmati oleh warga Itenas serta masyarakat setempat.

Ia berharap, fasilitas tersebut dapat membantu menaikkan imunitas dan indeks kebahagiaan masyarakat Kota Bandung.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.