Advertorial

Semarakan HUT Ke-729, Pemkot Surabaya Gelar Rangkaian Event Berskala Nasional

Kompas.com - 12/05/2022, 20:37 WIB

KOMPAS.com – Kota Surabaya akan menapaki usia ke-729 pada Selasa (31/5/2022). Untuk menyemarakkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar beragam acara yang lebih meriah ketimbang tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, Pemkot Surabaya akan kembali menggelar festival Rujak Uleg dan parade budaya setelah dua tahun tak digelar akibat pandemi Covid-19.

Festival Rujak Uleg akan digelar di Jalan Kembang Jepun pada Minggu (22/5/2022). Rencananya, event ini akan diikuti oleh sekitar 700 peserta atau 140 grup dengan melibatkan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) rujak cingur serta UMKM lain yang bergerak di bidang makanan dan minuman

Semarak HJKS ke-729 sendiri sudah dimulai sejak awal Mei 2022. Rangkaian perayaan diawali dengan gelaran Surabaya Shopping Festival sebagai event pembuka HJKS 2022. 

Event tersebut digelar Pemkot Surabaya bersama Asosiasi Persatuan Pusat Belanja Indonesia (APPBI) pada 1-31 Mei 2022. Acara ini melibatkan 39 mal di Kota Pahlawan,” ujar Wiwiek dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (12/5/2022).

Wiwiek melanjutkan bahwa Pemkot Surabaya juga memiliki serangkaian event lain. Salah satunya, kejuaraan futsal Piala Wali Kota Surabaya Antar Club U-19 yang terselenggara berkat kerja sama antara Pemkot, Asosiasi Futsal Kota Surabaya, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Surabaya.

Turnamen yang diikuti 32 tim futsal putra se-Surabaya tersebut digelar di Indoor Gelora Bung Tomo pada 11-15 Mei 2022. Kompetisi dibuka secara langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Selanjutnya, Kejuaraan Balap Sepeda Piala Wali Kota Suroboyo Race 2022 yang akan digelar pada Minggu (15/5/2022) di Sirkuit Gelora Bung Tomo. Acara ini terselenggara berkat kerja sama Pemkot bersama Coach J dan Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Surabaya. Event tingkat nasional ini diikuti oleh lebih kurang 500 peserta.

“Pada 17-21 Mei 2022, Pemkot Surabaya juga akan menggelar bakti sosial. Rencananya, acara ini akan digelar di lima titik lokasi yang sudah kami tetapkan,” ujarnya.

Rangkaian acara HJKS 2022 selanjutnya adalah Kejuaraan Nasional Panahan Tradisional. Acara ini digelar di Lapangan Sepak Bola Mulyorejo pada 21–22 Mei 2022.

Event tersebut diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya bersama Persatuan Panahan Tradisional (Perpatri) Kota Surabaya, dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Surabaya. Acara ini akan diikuti oleh sekitar 350 peserta dari seluruh Indonesia.

Pemkot Surabaya juga akan menggelar acara Bromo KOM Challenge 2022 pada Sabtu (21/5/2022). Acara ini terselenggara berkat kerja sama Pemkot Surabaya dengan PT DBL Indonesia dan Bromo KOM Challenge 2022.

Sebanyak 1.000 peserta dari berbagai kota di Indonesia akan mengikuti event berskala nasional ini. Adapun titik mula ajang tersebut berada di kantor Polda Jawa Timur dan berakhir di Gunung Bromo, Pasuruan.

“Pada Minggu (22 Mei 2022), akan ada recovery ride yang start-nya dimulai dari Surabaya Town Square dan akan finish di Taman Surya Balai Kota Surabaya,” kata Wiwiek.

Gelaran event lainnya

Selain itu, Pemkot Surabaya bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surabaya dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Surabaya akan menggelar Surabaya Business Forum di Balai Pemuda Surabaya pada 21-22 Mei 2022.

Sejumlah tokoh nasional, termasuk sejumlah menteri dan kepala daerah, akan mengisi acara tersebut.

Pemkot Surabaya, lanjut Wiwiek, juga memiliki event yang dipastikan akan meriah, yakni Surabaya 729 Game. Event ini menggelar pertandingan pre-session antara Persebaya versus Persis Solo di Stadion Utama Gelora Bung Tomo pada Minggu.

“Pertandingan single match antara Persebaya dan Persis Solo digelar oleh Pemkot bersama PT Persebaya,” ujar Wiwiek.

Wiwiek melanjutkan bahwa Pemkot Surabaya memiliki acara Kejuaraan Basket Piala Wali Kota Surabaya Antar Pelajar SMP dan SMA. Acara ini digelar di Gedung Olahraga (GOR) Pancasila dan Indoor Gelora Bung Tomo pada 23–29 Mei 2022.

Event tersebut terselenggara berkat kerja sama Pemkot Surabaya dan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kota Surabaya. Rencananya, kejuaraan ini akan diikuti oleh 50 tim basket Surabaya kategori pria dan wanita tingkat pada SMP dan SMA.

“Pada Rabu (25/5/2022), Pemkot Surabaya akan menggelar donor darah di Balai Kota Surabaya. Setelah itu, pada 28-29 Mei 2022, Pemkot Surabaya menggelar event Lomba Dayung Perahu Sampan Sprint dan Slalom di Sungai Kalimas sisi Taman Prestasi. Rencananya, acara ini akan diikuti oleh 60 tim dari Kota Surabaya,” tuturnya.

Event lain yang ditunggu masyarakat Surabaya saat HJKS, lanjut Wiwiek, adalah Surabaya Vaganza. Untuk tahun ini, parade budaya dan pawai bunga akan digelar di sepanjang Jalan Tunjungan sampai Alun-alun Surabaya pada Sabtu (28/5/2022) tepat pukul 15.00 WIB sampai selesai.

Acara tersebut akan diikuti oleh sekitar 25 mobil hias serta rangkaian pawai budaya oleh komunitas dan fashion carnival. Acara ini turut melibatkan UMKM di Jalan Genteng Besar dan Tanjung Anom.

Salah satu acara pada HJKS ke-729. DOK. Pemkot Surabaya Salah satu acara pada HJKS ke-729.

“Selanjutnya, pada Minggu (29/5/2022), Pemkot Surabaya akan menggelar istighosah bersama di Tugu Pahlawan. Pemkot Surabaya juga akan menggelar ruwatan dan pagelaran wayang pada Selasa (31/52022). Rencananya, juga ada serangkaian Muhibah Jaluar Rempah pada 29-31 Mei 2022,” ujarnya.

Event lain yang tak kalah seru adalah turnamen sepak bola Piala Wali Kota Surabaya. Turnamen ini digelar di Stadion Utama Gelora Bung Tomo pada 1–11 Juni 2022.

Event yang digelar oleh Pemkot Surabaya bersama Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Jawa Timur ini akan diikuti oleh 4 tim besar Liga 1 Indonesia, yaitu Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persis Solo, dan PSIS Semarang.

Rangkaian acara HJKS 2022 akan ditutup dengan Kejuaraan Nasional Skateboard Piala Wali Kota Surabaya. Event ini akan digelar di parkir timur Delta Surabaya atau Taman Skate & BMX Park pada 4-5 Juni 2022.

Kejuaraan tersebut terselenggara berkat kerja sama Pemkot Surabaya dan Komunitas Induk Skateboard (KIS) Kota Surabaya serta KORMI Kota Surabaya. Acara ini ditargetkan dapat diikuti oleh sekitar 200 peserta.

Tak lupa, Wiwiek mengajak warga Surabaya dan warga luar Surabaya untuk memeriahkan HJKS ke-729.

“Selama mengikuti event jangan lupa menerapkan protokol kesehatan,” ujar Wiwiek.

Mematenkan event HJKS 2022

Pada kesempatan terpisah, Eri Cahyadi mengatakan bahwa Pemkot Surabaya akan mematenkan berbagai event yang digelar pada HJKS 2022. Dengan begitu, masyarakat mengetahui bahwa setiap penyelenggaraan HJKS memiliki rangkaian event tersebut.

“Nanti akan kami patenkan. Dengan demikian, orang akan mengenang kalau ulang tahun Surabaya, pasti ada rangkaian kegiatan tersebut. Hal ini dapat menjadi daya tarik sekaligus tempat wisata baru di Kota Surabaya,” ujar Eri.

Pada HJKS 2022, lanjut Eri, Pemkot Surabaya banyak menggelar event olahraga. Sebab, selama dua tahun terakhir pikiran masyarakat sudah banyak dipenuhi oleh pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Pemkot Surabaya ingin mengajak masyarakat untuk berolahraga guna menyehatkan jiwa sekaligus memicu sikap sportif.

“Insyaallah, dengan berolahraga, masyarakat dapat memiliki tubuh yang sehat sehingga bisa meminimalisasi penyakit,” ujarnya.

Selain itu, banyak event olahraga pada HJKS 2022 juga bertujuan mencari talenta terpendam dari semua bidang olahraga. Pasalnya, diakui atau tidak, Kota Surabaya merupakan penyumbang atlet terbanyak di Indonesia.

“Kami harus mencari dan meningkatkan talenta yang ada supaya dapat menjadi atlet profesional yang dapat membuat bangga Kota Surabaya,” tutur Eri.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.