Advertorial

Begini Cara Buka Rekening Bank Syariah yang Secanggih Konvensional

Kompas.com - 13/05/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Seiring dengan perkembangan gaya hidup syariah, keberadaan bank syariah di Indonesia semakin dibutuhkan masyarakat.

Sayangnya, perbankan syariah yang punya fungsi lengkap dan layanan canggih yang mengedepankan teknologi untuk memenuhi kebutuhan, baik untuk transaksi usaha maupun pribadi, masih sulit ditemui. Alhasil, sebagian masyarakat mengakalinya dengan memiliki setidaknya dua rekening, yaitu rekening bank konvensional dan bank syariah.

Adapun rekening bank konvensional biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan transaksi. Sementara, rekening bank syariah yang bebas dari riba, gharar, dan maysir, digunakan untuk menabung.

Selain adanya gap pada sisi kecanggihan teknologi, keberadaan bank syariah di Indonesia juga masih terbatas. Ini lantaran cabang perbankan syariah baru bisa ditemui di kota-kota besar. Padahal, peminatnya cukup besar.

Meski demikian, bukan berarti kamu tidak bisa hijrah dan kehilangan kesempatan untuk menjadi nasabah bank syariah.

Melalui teknologi, masyarakat semakin mudah mengakses layanan bank syariah. Salah satunya, Jago Syariah dari Bank Jago.

Jago Syariah merupakan bank digital berbasis syariah yang diluncurkan PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Berkat kehadiran Jago Syariah, keterbatasan sarana transaksi, seperti kantor cabang, dapat diatasi karena seluruh transaksi yang dibutuhkan nasabah dilakukan secara online.

Dengan menggunakan Jago Syariah, kamu dapat melakukan transaksi keuangan di mana dan kapan saja dengan lebih mudah. Kamu pun bisa membuka rekening secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Sebagai informasi, Jago Syariah dirancang sebagai life-centric finance solution untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ingin mendapatkan produk dan layanan perbankan syariah digital dengan berbagai fitur secanggih perbankan konvensional.

Dengan menggunakan layanan Jago Syariah, kamu bisa menjajal inovasi dan fitur unggulan, seperti Kantong (Pockets) yang telah menerapkan akad wadiah serta terintegrasi dengan ekosistem digital lain, termasuk Gojek, Bibit, dan Stockbit.

Ilustrasi aplikasi Jago Syariah Dok. Bank Jago Syariah Ilustrasi aplikasi Jago Syariah

Penggunaan fitur-fitur pada Jago Syariah pun mudah, inovatif, dan kolaboratif.

Salah satu fitur andalannya adalah Kantong. Kamu bisa menggunakannya sebagai fasilitas mengatur keuangan dan membaginya ke dalam berbagai pos, mulai dari tabungan, pembiayaan, hingga sedekah. 

Penggunaannya juga mudah. Kamu cukup membuat nama dan jumlah kantong secara kustom sesuai dengan tujuan keuangan.

Setelah itu, penghasilan yang kamu terima dapat langsung dipisahkan pada kantong-kantong tersebut agar alokasi keuangannya jelas.

Hal menariknya, kamu juga bisa mempunyai Kantong Bersama. Fitur ini dapat digunakan untuk kamu yang punya target keuangan bersama orang lain.

Misalnya, kamu dan pasangan dapat membuat Kantong Bersama untuk tabungan pernikahan. Kantong yang dibuat bisa diatur secara otomatis dan rutin untuk menarik uang dari kantong utama. Istilahnya, autodebit.

Perlu diketahui, Jago Syariah menerapkan akad wadiah dalam fitur tersebut. Dengan prinsip tersebut, pihak bank diperbolehkan mengelola uang yang dititipkan dengan menerapkan hukum syariat.

Nah, karena akad wadi’ah yad hhamanah bersifat titipan, bank tidak menjanjikan imbalan. Namun, kamu dapat mengambil uangmu kapan saja ketika dibutuhkan.

Kamu juga tak perlu khawatir akan dipungut biaya administrasi. Pasalnya, layanan yang diberikan Jago Syariah menggunakan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Cara praktis bikin akun Jago Syariah

Dengan seluruh keunggulan yang ditawarkan, kamu tak perlu repot untuk menjadi nasabah Jago Syariah.

Secara praktis, pembukaan rekening dapat dilakukan dari rumah hanya dengan menggunakan smartphone dan meluangkan waktu kurang dari 5 menit.

Langkah pertama, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Jago melalui App Store atau Google Play Store.

Kemudian, masuk ke dalam aplikasi, klik “Buat Akun” dan pilih “Jago Syariah”.

Selanjutnya, masukkan email dan nomor handphone yang aktif. Lalu, masukkan enam kode one time password (OTP) yang dikirimkan lewat SMS.

Jika sudah, buat password dan lakukan konfirmasi melalui email.

Langkah selanjutnya, lakukan verifikasi KTP-el dengan menginput nomor induk kependudukan (NIK) dan tanggal lahir dengan benar.

Setelah itu, baca syarat dan ketentuan lalu setujui dengan klik “Lanjut”. Setelah melalui proses itu, kamu hanya tinggal menunggu dihubungi customer service Bank Jago untuk verifikasi data melalui video call

Untuk memudahkan verifikasi, siapkan juga beberapa dokumen penting, yaitu KTP-el dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bila ada.

Pada tahap tersebut, jangan lupa untuk mengaktifkan suara dan kamera pada ponsel. Setelah itu, akun Jago Syariah pun sudah aktif. Kamu juga bisa mengajukan kartu ATM untuk dikirimkan ke tempat tinggalmu, lho.

Kehadiran fasilitas tersebut mematahkan anggapan bahwa layanan perbankan syariah hanya bisa didapatkan pada kota-kota besar. Selain alasan kepraktisan, kamu pun tak akan kesulitan mengiringi tren gaya hidup syariah yang terus berkembang.

Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Jago Syariah untuk menjajal kemudahan serta fitur-fitur perbankan yang andal.

Untuk informasi lebih lanjut seputar layanan dan fitur Jago Syariah, klik tautan berikut dan dapatkan berbagai promo menarik lainnya.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.