Advertorial

Bupati Kediri Bolehkan Masyarakat Kabupaten Kediri Lepas Masker di Luar Ruangan

Kompas.com - 18/05/2022, 13:27 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menerapkan pelonggaran kebijakan penggunaan masker bagi masyarakat Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Keputusan ini ia sampaikan melalui video yang diunggah lewat akun Instagram pribadinya, @dhitopramono, Selasa (17/5/2022).

Bupati yang akrab disapa Mas Dhito itu mengatakan bahwa putusan tersebut dibuat menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait kebijakan penggunaan masker bagi masyarakat Indonesia.

“Masyarakat Kabupaten Kediri yang ingin menjalankan aktivitas di luar ruangan sudah diperbolehkan untuk melepas masker,” ujar Mas Dhito dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (18/5/2022).

Meski diperbolehkan melepas masker di luar ruangan, Mas Dhito melanjutkan, masyarakat tetap diimbau untuk menghindari kerumunan. Masyarakat yang beraktivitas di dalam ruangan pun masih harus menggunakan masker.

Kewajiban menggunakan masker juga berlaku bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan menggunakan transportasi publik.

-Dok. Pemkab Kediri -

Kendati demikian, Mas Dhito menyarankan kepada masyarakat yang rentan tertular Covid-19, seperti lansia dan anak-anak yang belum mendapatkan vaksin, untuk terus menjaga protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

“Bagi yang dirasa masih rentan tertular, selalu jaga prokes ketat untuk mengurangi penularan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mas Dhito juga mengapresiasi kinerja seluruh elemen masyarakat yang telah berperan aktif dalam penurunan angka Covid-19 di Kabupaten Kediri selama ini. Dalam hal ini, ia mengapresiasi Tentara Negara Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), tenaga kesehatan (nakes), guru, dan siswa yang berjuang di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, saat ini, kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Kediri membaik dan menunjukkan penurunan angka penularan. Bahkan, tidak ada penambahan angka kasus positif Covid-19 pada dua hari terakhir.

Tak hanya itu, data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri menyatakan tidak menunjukkan adanya kasus aktif Covid-19. Secara keseluruhan, sejak awal pandemi merebak di Indonesia pada Maret 2020, total kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri sebanyak 21.155.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.