Advertorial

Dorong Penguatan Pelaku UMKM, Bupati Resmikan Gerai Rumah Inkubasi Baru

Kompas.com - 19/05/2022, 10:37 WIB

KOMPAS.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana meresmikan Gerai Rumah Inkubasi (Garasi) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Jawa Timur (Jatim), Rabu (18/5/2022).

Garasi UMKM tersebut bertujuan untuk mendorong pemerataan pengembangan sektor UMKM di Kabupaten Kediri.

Pada peresmian tersebut, Mas Dhito, begitu sapaan akrab Bupati Kediri, meminta keberadaan Garasi UMKM agar dapat dimaksimalkan. Sebab, selama ini, rumah inkubasi yang sudah ada terkadang terlihat sepi. Untuk itu, pihaknya meminta supaya rumah inkubasi UMKM terbaru tersebut terus diramaikan tiap hari.

"Cara memaksimalkannya adalah dengan menyediakan lapak-lapak untuk pedagang UMKM di gerai inkubasi yang ada di Kabupaten Kediri. Harus ada UMKM yang berjualan," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Peresmian Garasi UMKM di eks kantor Koordinator Kecamatan (Korcam) Grogol diharapkan dapat menjadi wadah belajar bagi pelaku UMKM, khususnya yang berada di wilayah barat Sungai Brantas. Adapun Garasi UKMM ini melengkapi dua Garasi UMKM di Kecamatan Papar dan Pare yang telah diresmikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Garasi UMKM, kata Mas Dhito, dibangun dalam rangka meningkatkan pembinaan dan pengembangan UMKM di Kabupaten Kediri.

"Sebagai contoh, ibu-ibu yang jualan sabun cuci piring, botolnya enggak pakai botol air mineral. Sudah pakai botol yang diajarkan, mulai dari promosi, pemasaran, sampai bagaimana mengelola pendapatan, hingga akhirnya diputar lagi untuk modal bisnisnya," ujarnya.

-Dok. Pemkab Kediri -

Kabupaten Kediri juga memiliki komoditas-komoditas unggulan. Sebut saja, mangga podang, kopi, nanas, dan teh rosela. Saat bandara baru resmi dibuka, komoditas tersebut diharapkan punya daya tarik dan daya jual bagi orang yang berkunjung ke Kabupaten Kediri. Oleh karena itu, Mas Dhito berkomitmen mengembangkan komoditas andalan itu.

"Makanya, sekarang kami adakan gerai inkubasi di empat titik, yakni di bagian utara, selatan, barat, dan timur. Sekarang, baru ada tiga titik. Harapannya, ada satu titik lagi yang nanti kami buka," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Tim Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) Bank Jatim Dede Sujana mengatakan, keberadaan Garasi UMKM merupakan bentuk sinergi dan kontribusi pihaknya dalam mendukung program pembangunan ekonomi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri.

Dengan pertambahan Garasi UMKM, pihaknya berharap, pelaku UMKM di Kabupaten Kediri dapat meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sehingga bisa naik kelas.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com